Sabtu, November 27, 2021
OLX Auto
More
    Tips10 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil SUV

    10 Alasan Kenapa Harus Membeli Mobil SUV

    Sejumlah pabrikan otomotif di dunia, termasuk di Indonesia pasti mempunyai line up mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan di beberapa negara, tak sedikit pengguna mobil beralih dari sedan compact dan hatchback, kini memilih sosok mobil SUV.

    Ya, mobil SUV memang tengah digandrungi banyak orang karena ketangguhannya. Belum lagi saat ini SUV punya banyak model dan bentuknya semakin bervariasi seiring dengan munculnya beberapa kelas SUV, seperti Subcompact SUV, Compact SUV, Midsize SUV dan Large SUV.

    Bahkan bagi sebagian orang memilih mobil SUV agar terlihat keren dan gagah. Maklum mobil ini memang memiliki ukuran bodi yang besar. Selain alasan tersebut, ada juga beberapa alasan lain yang juga penting, sehingga banyak orang beralih membeli sebuah SUV.

    Nah, berikut beberapa alasan SUV menjadi pilihan menurut berbagai sumber:

    1. Sanggup melibas medan offroad

    Banyak yang memilih SUV, karena jenis mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi, ditambah adanya sistem penggerak 4×4 maupun 4×2.

    Jika pun hanya sebatas penggerak 4×2, kemampuan mobil SUV masih tetap tangguh, karena performa mesin baik, yang ditunjang dengan penggunaan kaki-kaki mantap.

    Alhasil, mobil SUV biasanya sanggup melalui medan offroad, yang biasanya dijumpai trek tanah dan bebatuan.

    2. Bisa muat banyak penumpang dan barang

    Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport

    Bagi sebagian orang, SUV jadi kendaraan yang lebih lega dibandingkan sedan dan hatchback, Ya, mobil SUV bisa menampung 7-8 penumpang, sehingga jika bepergian Bersama keluarga lebih pas.

    Sementara itu jika tidak membawa penumpang, mobil SUV juga bisa digunakan sebagai bagasi yang lega, jika tempat duduk dilipat di setiap barisnya.

    3.  Sasis kuat

    Mobil SUV dianggap sangat tangguh dan kuat. Ya, ini karena mobil tersebut rata-rata dibangun menggunakan sasis truk/ pikap sehingga lebih kuat dibandingkan jenis mobil lainnya.

    4.  Lebih stabil dan aman  

    Karena SUV menggunakan sasis truk, maka bobotnya memang lebih berat, namun akan lebih stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

    Secara umum, semakin besar dan berat sebuah mobil, semakin stabil di jalan dan semakin baik rasanya mengemudi. Dengan kata lain, mobil dan truk yang lebih besar memiliki keunggulan dibandingkan mobil yang lebih kecil dalam hal tabrakan.

    Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan Review of Economic Studies memperkirakan untuk setiap 1.000 pon atau 454 kilogram berat mobil, risiko kematian berkurang sebesar 47 persen.

    Bahkan beberapa pabrikan otomotif memiliki fitur Electronic Stability Control, yang dapat membantu mengurangi kecelakaan terguling.

    5. Dapat diandalkan saat hujan

    Sudah bukan rahasia lagi jika di Indonesia kerap kali jika mengemudi saat hujan, maka jalanan akan timbul genangan dan banjir.

    Nah, karena SUV memiliki ground clearance yang tinggi, maka OLXer akan lebih merasa nyaman saat berkendara. Sebaliknya, ketika mengendarai mobil jenis sedan atau hatchback pasti akan merasa was-was saat turun hujan.

    6. Visibilitas lebih luas

    Salah satu keuntungan saat mengendarai mobil SUV yaitu memungkinkan pengemudi maupun penumpang visibilitasnya lebih luas, sehingga dapat melihat pemandangan di luar jauh lebih baik.

    Sebaliknya, jika mengendarai mobil kecil, maka akan sempit daya jangkaunya, sehingga lebih cepat bosa. Ya, ini tak lepas dari ground clearance yang tinggi.

    7. Cocok untuk membawa anak dan juga hewan peliharaan

    Mobil SUV biasanya memiliki jok baris ketiga yang lega. Ini tentu saja bisa membuat anak duduk lebih leluasa. Sedangkan jika dilipat, maka biasa juga untuk digunakan membawa hewan peliharaan termasuk kandangnya.

    8. Jadi mobil penyelamat

    Mobil SUV juga kerap digunakan untuk keperluan menuju wilayah bencana. Belum lagi, mobil SUV juga sering kali digunakan untuk mengangkut barang yang lebih besar dan jumlah banyak, serta menarik sesuatu ketika terjadi masalah.

    9.  Teknologi dan fitur melimpah

    Kendati banyak yang menyebut mobil sedang memiliki teknologi dan fitur melimpah, maka saat ini mobil jenis SUV juga sama. Hal ini lah yang membuat SUV kini diincar mereka yang butuh kenyamanan dan ingin dimanjakan oleh fitur-fitur canggih.

    10.  Hemat bahan bakar

    Seiring perkembangan zaman, pabrikan otomotif berlomba menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Nah, mobil SUV paling terbaru juga kini banyak dikembangkan agar performa mumpuni namun lebih hemat bahan bakar.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here