Array ( [USER] => olxnews [HOME] => /home/olxnews [HTTP_HOST] => www.news.olx.co.id [HTTP_REFERER] => https://news.olx.co.id/10-cara-mudah-hindari-mabuk-perjalanan/ [HTTP_USER_AGENT] => Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; +claudebot@anthropic.com) [HTTP_ACCEPT] => */* [REDIRECT_STATUS] => 200 [SERVER_NAME] => www.news.olx.co.id [SERVER_PORT] => 443 [SERVER_ADDR] => 167.172.75.24 [REMOTE_PORT] => 63112 [REMOTE_ADDR] => 3.14.70.203 [SERVER_SOFTWARE] => nginx/1.18.0 [GATEWAY_INTERFACE] => CGI/1.1 [HTTPS] => on [REQUEST_SCHEME] => https [SERVER_PROTOCOL] => HTTP/1.1 [DOCUMENT_ROOT] => /home/olxnews/public_html [DOCUMENT_URI] => /index.php [REQUEST_URI] => /10-cara-mudah-hindari-mabuk-perjalanan/ [SCRIPT_NAME] => /index.php [CONTENT_LENGTH] => [CONTENT_TYPE] => [REQUEST_METHOD] => GET [QUERY_STRING] => [SCRIPT_FILENAME] => /home/olxnews/public_html/index.php [FCGI_ROLE] => RESPONDER [PHP_SELF] => /index.php [REQUEST_TIME_FLOAT] => 1714017778.1508 [REQUEST_TIME] => 1714017778 ) 10 Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan - OLX News
Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori10 Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan

    10 Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan

    Berpelesiran dengan kendaraan pribadi atau umum memang sangat menyenangkan. Apalagi, dengan keluarga tercinta, kerabat dekat hingga teman sepermainan.

    Namun OLXer harus tahu, tidak semua orang akan sangat menikmati perjalanan, meskipun pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah.

    Ya, di antara orang yang kita kenal dalam perjalanan, biasanya ada saja yang kerap merasa mual lantaran kondisi tubuh kurang fit atau memang memiliki riwayat selalu mabuk selama perjalanan.

    Menurut After Sales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara,  mabuk perjalanan tidaklah berbahaya, namun akan membuat yang mengalami merasa tidak nyaman dan mengganggu penumpang lainnya.

    “Oleh karenanya, lakukan langkah pencegahan agar tidak terkena mabuk perjalanan. Termasuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima dengan melakukan servis berkala,” ungkap Imansyah, dalam keterangan tertulis, Minggu (6/6/2021).

    Seperti diketahui, jika OLXer melihat orang yang mabuk perjalanan, sebaiknya lakukan beberapa pencegahan. Karena orang yang mabuk perjalanan biasanya merasa pusing, wajah pucat, peningkatan produksi air liur, tidak nyaman pada bagian perut, lemas, mengeluarkan keringat dingin, serta kehilangan keseimbangan.

    Penyebab Mabuk Perjalanan

    Menurut Auto2000, mabuk perjalanan terjadi akibat otak tidak mampu menerima dengan baik campuran sinyal dari beberapa anggota tubuh dalam perjalanan.

    Ditambah telinga bagian dalam yang berisi cairan untuk mengatur keseimbangan tubuh merasakan guncangan ketika kendaraan melaju. Dalam kondisi tertentu, otak tidak mampu memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda dan membuat kerja otak menjadi kacau sehingga timbul keluhan mabuk perjalanan.

    Adapun faktor yang dapat memicu dan meningkatkan risiko mabuk perjalanan di antaranya adalah kurang istirahat, perubahan hormonal karena kondisi-kondisi tertentu seperti sedang menstruasi, hamil, atau menggunakan pil KB.

    Selain itu, bisa juga karena terlalu lama bermain gadget atau membaca buku di dalam kendaraan, menderita gangguan keseimbangan tubuh seperti migrain, dan memiliki riwayat mabuk perjalanan.

    Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

    Untuk menghindari mabuk perjalanan bisa lakukan beberapa hal ini, yaitu :

    Pertama, hindari mengkonsumsi makanan berat sebelum perjalanan dan utamakan camilan sehingga perut tidak mudah mual saat menerima guncangan di jalan.

    Kedua, pilih posisi duduk yang tepat. Sebisa mungkin posisi duduk di tempat yang dapat membuat mata leluasa memandang lurus searah jalan atau posisi duduk yang minim guncangan.

    Misalnya, duduk di samping sopir dan tidak duduk menghadap ke samping atau belakang.

    Ketiga, beristirahat yang cukup sebelum mulai bepergian. Biasakan ketika mengemudi maka setiap 2 jam pertama menyetir usahakan berhenti dan beristirahat setidaknya 30 menit. Kemudian, ketika jalan kembali, maka dua jam berikutnya beristirahat selama 1 jam dan seterusnya.

    Keempat, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan konsumsilah air putih atau minuman segar, misalnya jus jeruk waktu haus.

    Kelima, jangan membaca buku atau menatap layar gadget saat kendaraan sedang melaju karena otak sulit mencerna semua informasi ketika bergerak.

    Keenam, hindari bau-bauan seperti memasang parfum mobil yang memiliki aroma menyengat dan makanan atau minuman beraroma kuat seperti buah durian.

    Ketujuh, pastikan kabin mobil selalu bersih. Ya, kabin yang kotor biasanya karena sampah, yang akhirnya akan menimbulkan bau  tidak sedap, sehingga membuat penumpang merasa kurang nyaman.

    Kedelapan, pastikan AC mobil dalam kondisi baik. Nah, AC yang baik biasanya terasa sejuk dan bersih sehingga memberikan rasa nyaman bagi penghuni kabin. Pastikan kondisi filter kabin selalu resik supaya tidak ada bau aneh dari udara yang dihembuskan oleh AC mobil.

    Kesembilan, pastikan sistem suspensi dalam performa siap dipakai. Sebab, suspensi yang bermasalah biasanya akan menimbulkan guncangan berlebih pada mobil sehingga memicu mabuk perjalanan.

    Selain itu, suspensi yang  baik biasanya selalu dalam kondisi optimal untuk meredam guncangan mobil dan mencegah penumpang bergerak tidak terkendali.

    Kesepuluh, saat merasa tidak enak badan, pusing, atau mual, usahakan untuk segera membaringkan diri dan memejamkan mata sampai gejala mereda.

    Untuk yang mempunyai riwayat mabuk perjalanan, sebaiknya meminum obat anti mabuk yang banyak dijual sebelum naik mobil.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait