Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Berita10 City Car Terlaris di Indonesia Selama Pandemi

    10 City Car Terlaris di Indonesia Selama Pandemi

    Penjualan mobil secara nasional selama pandemi mengalami penurunan tajam. Namun menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil Januari-Juni 2021 lebih baik jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

    Dari data Gaikindo disebutkan, setidaknya secara retail di semester pertama 2021 terjual 387.827 unit atau naik 33,5 persen dibandingkan pada Januari-Juni 2020.

    Nah, dari sekian banyak model dan jenis mobil yang terjual, ternyata tak sedikit dari masyarakat memilih mobil berdimensi mungil seperti di segmen city car atau mobil murah ramah lingkungan yang juga disebut Low Cost Green Car (LCGC).

    Di Indonesia, mobil kecil seperti jenis city car ini banyak dimiliki brand Jepang, seperti Honda, Daihatsu, Toyota, Suzuki, dan Mazda. Sisanya, ada yang dari Korea Selatan seperti Hyundai dan KIA, serta beberapa merek mobil Eropa yaitu Renault dan MINI.

    Pengertian City Car

    hatchback
    Ilustrasi bentuk mobil hatchback. (Shutterstock)

    Bagi OLXer yang merasa awam di dunia otomotif mungkin pernah mendengar istilah city car. Sejatinya, tak ada yang menjabarkan secara detail mengenai arti city car.

    Namun yang pasti, mobil jenis ini dimensinya lebih mungil dan didesain sangat cocok  dikendarai di perkotaan karena jalanan padat atau macet.

    Mobil jenis city car juga mampu menampung 4-5 penumpang. Bagaimana dengan hatchback? Pada dasarnya mobil jenis hatchback memang lebih besar dan lapang. Akan tetapi, basis hatchback sendiri merupakan sedan yang tak lagi punya buntut. 

    Selain itu, tak sedikit juga yang menyebutkan kalau hatchback seperti Yaris dan Jazz juga tetap masuk segmen city car.

    Akan untuk mesin city car dijejali mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Mesin ini sengaja dibuat agar bahan bakarnya lebih irit. Sedangkan untuk jenis hatchback biasanya mesinnya lebih besar, yaitu berkapasitas 1.5 liter untuk menghasilkan performa lebih baik.

    City Car LCGC

    Adanya segmen LCGC yang juga masuk kategori mobil kecil. Beberapa modelnya seperti Honda Brio Satya, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla, dan Karimun Wagon R.

    Nah, pada dasarnya tak ada bedanya untuk ukuran dimensi karena sama-sama kecil. Akan tetapi, munculnya segmen LCGC ini usut punya usut  merupakan bagian dari proyek pemerintah yang muncul pada tahun 2013 silam.

    Kehadiran LCGC mirip dengan di Jepang. Di mana pemerintah negeri Sakura punya proyek Kei Car atau K-Car atau keijidosha yaitu salah satu kategori kendaraan kecil di Jepang. Di Jepang, kehadiran Kei Car merupakan sebuah solusi bagi para pemilik mobil di Jepang yang wajib memiliki sertifikat lahan parkir.

    Selain itu, Kei Car dirancang sebagai jawaban terhadap peraturan pajak dan asuransi pemerintah yang mengukur tingkat emisi dari kendaraan. Karena itu kapasitas mesin Kei Car hanya 660 cc. Sedangkan di Indonesia kapasitas mesin LCGC diwajibkan antara 980-1.200 cc.

    Kembali lagi soal LCGC. Jika citycar bisa disebut mobil irit bahan bakar, maka untuk jenis LCGC harus lebih hemat lagi. Karena itu, pemerintah menetapkan konsumsi bahan bakar LCGC minimal 20 km per liter.

    Mobil-mobil LCGC juga diwajibkan dibuat secara lokal, harus memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel.

    Selain itu, yang tak kalah penting pemerintah mewajibkan adanya penggunaan tambahan merek, model, dan logo yang mencerminkan Indonesia. Maka dari itu, muncul nama Satya, Agya, Ayla, dan Karimun.

    Kelebihan dan Kekurangan City Car

    Kelebihan

    Meski bentuknya mungil, city car juga memiliki kelebihan yang tentunya. Sesuai Namanya city car yang diklaim sangat cocok digunakan di perkotaan. Karena kecil, mobil jenis ini mudah meliuk-liuk di tengah padatnya jalanan perkotaan.

    Karena bodi nya kecil pula, city car sangat mudah jika harus melakukan parkir. Selain itu, city car juga masih bisa diandalkan jika harus melakukan perjalanan jarak jauh.  

    Rata-rata pemilik city car biasanya digunakan untuk mobilitas. Oleh karena itu, jenis mobil ini mengusung mesin 1.0 liter atau 1.2 liter, sehingga bahan bakar cenderung lebih irit, rendah emisi, serta perawatannya dianggap lebih mudah dan murah.

    Satu hal yang tak kalah penting, harga mobil kecil ini lebih terjangkau jika dibandingkan mobil-mobil MPV atau SUV.

    Kekurangan

    Kelemahan dari sebuah city car jelas saja bagian kabin dan bagasi terasa sempit. Sehingga tak bisa memuat banyak barang seperti MPV atau SUV.

    City car cenderung lebih kurang maksimal bila di jalanan tak beraspal, jalanan bebatuan dan berlubang, termasuk kondisi menanjak. Jika melihat di depan jalur terasa seperti medan off road, sebaiknya urungkan niat untuk melanjutkan, kemudian putar balik.

    Meski masih bisa diajak ngebut, jangan sampai OLXer memaksakannya. Karena pada dasarnya mobil kecil ini bobotnya cukup ringan sehingga akan terasa oleng saat ngebut.

    Karena harganya tergolong terjangkau, tak jarang teknologi dan fitur yang dibenamkan masih kurang lengkap.

    Daftar City Car Terlaris

    Melihat data Gaikindo, selama pandemic Covid-19, khususnya sepanjang Januari-Juni 2021 ada beberapa model city car yang sangat laris, namun ada juga yang kurang beruntung karena tak banyak dilirik.

    Nah, OLXer mau tahu city car mana saja yang terlaris selama Januari-Juni 2021 di Indonesia, berikut ini daftarnya:

    1. Honda Brio Satya

    City Car LCGC Honda Brio Satya jadi paling laris di Indonesia dengan catatan penjualan ritel tembus di angka 18.723 unit.

    Selain disukai anak muda dan keluarga baru, yang pertama kali membeli mobil anyar, Honda Brio Satya juga dianggap memiliki desain kekinian, sehingga mampu menarik konsumen. Honda Brio Satya juga disegani karena jeroan jantung pacunya.

    Nah, Honda Brio Satya diketahui sudah mengusung mesin 1.2L SOHC, 4 Cylinders In-Line, 16 Valve, i-VTEC + DBW, yang mampu menghasilkan daya hingga 88,7 Tk pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

    Honda Brio Satya, sudah dilengkapi fitur keselamatan Dual Front i-SRS Airbag, Sabuk pengaman 3P ELR di baris pertama, Sabuk pengaman 3P ELR dan 2P ELR, Pretensioner dengan Load Limiter, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD)

    Selain itu untuk fitur keamanan ada Sistem alarm, Auto door lock by speed, Immobilizer, Rear trunk opener, dan Keyless entry.

     2.  Daihatsu Ayla

    Di urutan mobil terlaris ternyata ditempati Daihatsu Ayla dengan perolehan 10.001 unit selama Januari-Juni 2021. Ya, Daihatsu Ayla yang merupakan kembaran Toyota Agya yang tak kalah laris dan disukai masyarakat.

    Diketahui, Daihatsu Ayla yang memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1600 mm dan tinggi 1520 mm, dijejali dua pilihan mesin yaitu 998 cc dan 1.197 cc. Untuk mesin 998 cc dayanya mencapai 65 Tk dan torsi 86 Nm. Sedangkan mesin 1.197 cc, powernya hingga angka 88 Tk dan torsi 108 Nm.

    Beberapa fitur yang dibenamkan pada Daihatsu Ayla, antara Steering Audio Switch, 2 DIN Touchscreen Audio, New Seat Structure and Cover Pattern, Luggage Tray yang lebih luas, Dark Silver Painted Ornament, hingga Air Conditioner.

    Fitur keamanannya terdiri dari dua Airbag yang berada di depan pengemudi dan penumpang, serta ada juga sensor parkir. Selain itu, city car ini juga telah dilengkapi dengan Side Impact Beam, yang dapat melindungi penumpang dari sisi samping jika terjadi kecelakaan.

    3. Toyota Agya

    Tepat di bawah Daihatsu Ayla, ada kembarannya yaitu Toyota Agya dengan penjualan 9.041 unit selama Januari-Juni 2021. Si kembar yang tak serupa ini memang memiliki selera masing-masing. Ada yang menyukai brand Toyota ada juga Daihatsu.

    Secara keseluruhan termasuk mesin pada dasarnya, Toyota Agya sama dengan Daihatsu Ayla. Sedangkan yang membedakannya terlihat eksterior, dimana wajah depan termasuk grille dan bumper sangat berbeda, termasuk beberapa lekukan pada bagian body, serta desain velg. Toyota Agya punya versi TRD, dimana tipe ini memiliki spoiler berkelir sama dengan body.

    Untuk bagian interior, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tak banyak berbeda. Namun keduanya kini memiliki center console dengan desain baru, yang dilengkapi panel AC Digital, head unit layar sentuh berukuran 7-inci.

    Oia, khusus Toyota Agya TRD kini sudah dilengkapi fitur star-stop button. Sedangkan veris termahal Daihatsu Ayla sekalipun belum ada. Sedangkan fitur keselamatan Agya dan Ayla sudah dilengkapi Dual SRS Airbag untuk semua varian. Sementara pengereman ABS + EBD hanya untuk tipe tertinggi.

    4. Honda Brio RS

    City car terlaris berikutnya Brio RS, dimana Januari-Juni 2021 berhasil terjual 8.812 unit. Perlu dicatat, Brio RS dan Brio Satya berbeda.

    Honda Brio RS diklaim lebih sporty dibandingkan Brio Satya. Yang membedakannya ada pada seperti pada grille, dan penggunaan logo RS dengan warna merah. Desain velg berukuran 15 inci dengan warna two tone juga menjadi terlihat lebih elegan.

    Masuk ke interior Brio RS lebih menawan. Seperti halnya dashboard, AC Digital dan head unit layar sentuh 6,2 inci yang bisa terkoneksi dengan Iphone, Ipod, USB Port, serta adanya aksen logo RS.

    Untuk jantung pacunya ternyata sama, yaitu mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris 16 katup i-VTEC dan DBW, yang mampu menghasilkan daya hingga 88,7 Tk pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

    Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Honda Brio RS dan Brio Satya tak ada perbedaan keduanya sama sama.

    5.  Toyota Yaris 

    Toyota Yaris ternyata berada di urutan kelima mobil terlaris sepanjang semester pertama 2021 dengan berhasil menjual 3.496 unit.

    Toyota Yaris sendiri merupakan mobil bermesin Inline 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I, yang mampu menghasilkan daya 105 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 14,3 kgm pada 4.200 rpm. 

    Yang membuat Toyota Yaris masih menarik, seperti desain eksterior lebih sporty dengan ubahan grille dan bumper, serta penggunaan LED reflektor, LED DRL di sisi bawah, dan lampu sein di sisi tengah.

    Interior mobil ini juga cukup modern karena dilengkapi audio layar sentuh 7 inch dengan HD display yang dapat memilih hiburan dari Radio FM/AM, DVD, USB, AUX, dan konektivitas Bluetooth. Selain itu, ada juga fitur tambahan seperti Miracast, Weblink, iPod-ready, konektivitas internet, multitasking window, dan remote apps melalui smartphone, serta bisa dikontrol pula dari lingkar kemudi.

    Mobil ini juga dilengkapi panel instrumen dengan layar TFT MID yang dapat menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan mobil. Untuk Toyota Yaris varian TRD Sportivo ada juga AC auto, smart entry, engine start/stop button, TFT MID, ECO Mode/Sport Mode, dan paddle shift.

    Sementara itu, fitur keamanan mobil ini dibekali pengereman EBD, ABS, serta BA. Sedangkan fitur keselamatan, ada pilihan tiga Airbag dan tujuh Airbag. Selain itu, Toyota Yaris yang memiliki radius putar 5,1 meter sudah dilengkapi dengan VSC (Vehicle Stability Control) dan Hill-Start Assist (HSA) agar kendali mobil tetap terjaga saat menanjak.

    6. Honda City Hatchback RS

    Di posisi berikutnya ada juga Honda City Hatchback RS dengan penjualan 3.088 unit. Mobil ini mungkin masih seumur jagung, namun kehadirannya cukup menyita perhatian.

    Honda City Hatchback secara desain eksterior, menerapkan cutting edge design, full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Fog Light, dan Rear Combi Light with LED light bars. Mobil ini punya warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16 inci Sporty Alloy Wheels.

    Tampilan luarnya cukup sporty dengan adanya Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, dan Front Bumper Lower Mesh Grille.

    Masuk kabin mobil memiliki jok berlapis Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats dengan aksen merah dan menerapkan fungsi Ultra Seat, yang dapat mengatur empat mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

    Interior Honda City Hatchback RS dilengkapi panel instrumen yang didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio, lalu Tersedia Smartphone Connection yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay, kemudian ada juga 8 buah speaker, serta Auto A/C with Red Illumination.

    Fitur lainnya seperti Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan tiga tampilan, Normal View, Wide View, dan Top View.

    Sedangkan fitur kekinian yang dijejali pada mobil ini antara lain Remote Engine Start, AC otomatis sebelum masuk, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch with Voice Recognition, Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, Setir, dan Shift Knob

    Untuk fitur keamanan ada Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System. Sedangkan keselamatan cukup komplit, seperti rangka G-CON + ACE™ dan dilengkapi dengan 6 airbags, sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, hingga Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

    Untuk jantung pacu, Honda Honda City Hatchback RS dibekali mesin 1.5L SOHC, 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW, yang menghasilkan tenaga 198 Tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

    7.  Suzuki Baleno

    Meski pamor Suzuki Baleno tak terdengar gaungnya, namun mobil ini hatchack yang didatangkan dari India ini selama Januari-Juni 2021 berhasil membukukan penjualan 1.575 unit.

    Suzuki Baleno Hatchback sudah mengusung mesin K14B, 4-silinder segaris berkapasitas 1.373 cc, 16 katup, DOHC, VVT, yang sanggup menghasilkan daya 90 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm.

    Suzuki Baleno hatchback secara tampilan mobil ini cukup stylish dan sporty berkat penggunaan headlamp HID projector lengkap dengan adanya fitur DRL atau Daytime Running Light.

    Bagian belakang mobil berdimensi panjang 3.995 mm, lebar 1745 mm, dan tinggi 1510 mm ini memiliki spoiler lengkap dengan fitur High Mount Stop Lamp (HMSL). Pada bagian kaki-kaki, mobil sudah menggunakan velg berukuran 16 inci yang ciamik.

    Bagian interior mobil ini juga tak kalah menarik seperti Sistem audio menggunakan tipe 2 DIN yang dapat digunakan untuk pemutar CD / DVD, USB, Bluetooth, Radio FM/AM, kemudian disajikan dengan keluaran speaker depan dan belakang.

    Suzuki Baleno Hatchback ini juga telah dilengkapi AC Digital dengan pengoperasian bisa memiliki kabin jadi dingin dan panas. Kemudian ada juga power window pada setiap pintu.

    Kelebihan lain dari Suzuki Baleno Hatchback yaitu Dual SRS airbags yang ada pada pengemudi dan penumpang depan, rem ABS dan EBD, ditambah lagi dengan adanya fitur ISOFIX, sebuah fitur yang digunakan menempatkan tempat duduk bayi. 

    8.  Suzuki Ignis

    Tepat di bawah Suzuki Baleno, ternyata mobil terlaris kedelapan adalah Suzuki Ignis dengan raihan penjualan mencapai 1.287 unit sepanjang Januari-Juni 2021.

    Suzuki Ignis mungkin masih tergolong baru karena meluncur pertama kali di Indonesia pada April 2017 lalu. Pada IIMS 2020, Suzuki melakukan penyegaran pada city car ini khususnya pada eksterior dan interior.

    Untuk tampilan luar, Suzuki Ignis hadir dengan desain bumper, grille, fog lamp, bezel dan diffuser. Pada bagian buritan sudah dilengkapi rear reflektor dan diffuser.

    Pada bagian interior, Ignis mendapat seat cover, kemudian tampilan kunci berbentuk baru. Namun begitu, ada juga segudang fitur keren pada mobil ini seperti push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and bluetooth phone connection, AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, hingga sporty look speedometer. 

    Untuk fitur keamanan, mobil ini dilengkapi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, new generation platform Heartect.

    Jantung pacunya menggendong mesin K12M 4 Silinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, dengan tenaga tenaga 81 hp pada 6.000 rpm, dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

    9.  Suzuki Karimun Wagon

    Di urutan selanjutnya ternyata masih keluarga Suzuki, dimana Karimun Wagon R yang juga jenis LCGC berhasil menjual 1.030 unit selama enam bulan pertama di 2021.

    Suzuki Karimun Wagon R jadi city car yang memiliki bentuk boxy. Namun begitu, hal ini membuat headroomnya jadi lebih lega dibandingkan city car lainnya.

    Mobil yang masuk kelas LCGC ini sebenarnya memiliki empat varian yaitu GA, GL, GX dan Dilago. Keempat varian ini memiliki pilihan lampu depan berbeda.

    Secara keseluruhan, penyegaran yang dilakukan meliputi lampu proyektor, grill, fascia depan baru. Kemudian lambang Garuda yang semula di depan pindah ke belakang. Selain itu ada juga logo Suzuki yang ada pada grill depan.

    Fitur yang dimiliki city car ini antara lain dashboard dengan tachometer, kursi baris kedua bisa dilipat, sistem audio single DIN (pemutar kaset/CD/radio), under seat tray, auto Gear Shift (AGS), AC, dan Power Window.

    Karimun kotak dilengkapi mesin K10B berkapasitas 998cc, yang sanggup menghasilkan daya hingga 68 Tk dan torsi 3.500 Nm.

    10.  Honda Jazz

    Nama Honda Jazz cukup mengejutkan berada di posisi sepuluh dan berhasil mengoleksi penjualan hingga 897 unit selama Januari-Juni 2021. 

    Pasalnya, jumlah penjualan Honda Jazz di tersebut hanya diperoleh selama Januari-Februari 2021. Kenapa? Karena PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda sudah tidak lagi menjual Honda Jazz.

    Menyedihkan memang, padahal Honda Jazz merupakan salah satu mobil yang banyak diidamkan anak muda, karena bentuknya yang sporty.

    Honda Jazz ini dibekali mesin 118 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm. Honda Jazz memiliki empat varian yang terdiri Jazz MT, CVT, RS MT dan RS CVT. Masing-masing varian dilengkapi transmisi manual lima percepatan dan CVT dengan Earth Dreams Technology.

    Nah, OLXer sendiri lebih suka yang mana? Jika ingin mencari bekasnya bisa mengunjungi platform jual beli mobil bekas OLX.co.id. 

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here