Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Berita10 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pertama Kali Mengemudi

    10 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pertama Kali Mengemudi

    Jika OLXer sudah lama mengemudi, mungkin berkendara di berbagai kondisi jalan akan terasa biasa saja. Namun berbeda dengan orang yang jarang atau pertama kali mengemudi, mereka pasti cemas dan was-was.

    Ya, setidaknya mereka yang baru belajar mengemudi akan merasa khawatir dan takut, karena begitu banyak mobil, motor, hingga bus serta truk yang melintas.

    Maka dari itu, sebaiknya jika belajar mengemudi maka lakukan di lokasi yang luas dan jauh dari pemukiman. Lain halnya jika sudah mengetahui teknik mengemudi, mungkin bisa diterapkan di jalanan.

    Nah, sebetulnya jika OLXer ingin mengemudi di jalan raya tanpa rasa khawatir, maka ada beberapa yang perlu dilakukan, yaitu:

    1. Memiliki SIM

    Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

    Memiliki SIM adalah wajib dan itu sudah tertuang dalam dasar hukum seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2002 pasal 14 dan 15. Oia, untuk mengemudi mobil harus memiliki golongan SIM A yah.

    2. Percaya diri

    Jika sudah memiliki SIM, maka ketika pertama kali mengemudi di jalan raya yang perlu dilakukan adalah menanamkan rasa percaya diri dan tekad, bahwa OLXer bisa melakukannya.

    Namun perlu dicatat, jangan percaya dirinya jangan kebablasan. Sebab, OLXer juga perlu mengetahui sejumlah aturan lalu lintas dan juga Teknik mengemudi yang baik dan benar.

    3. Pilih waktu yang tepat

    Jika ingin menguji mengemudi di jalan raya, pastikan jalan yang hendak dilalui bukanlah jalanan umum yang padat kendaraan hilir mudik. Maka daripada itu, tentukan waktu yang tepat, dan jangan pilih waktu sibuk.

    Oia, OLXer juga pastikan saat hendak berkendara kondisi cuaca sangat cerah, jangan sampai kondisi hujan atau berkabut.

    4.  Mengemudi di jalur yang benar

    Ketika pertama mengemudi di jalan raya pastikan berada di jalur yang benar. Maksudnya, jika memang hendak menyalip lakukan di kanan jalan.

    Namun begitu, jikapun OLXer berada di jalur sebelah kiri dengan anggapan tidak ngebut, namun sebaiknya jangan sampai menghalangi laju pengguna jalan lainnya.

    5. Jaga jarak

    Saat mobil dipacu, sebaiknya jaga jarak aman dengan mobil yang ada di depan. Sejumlah ahli mengatakan, jarak aman berkendara setidaknya sejauh empat sampai enam detik dari mobil yang berada di depan.

    Hal ini disebutkan agar kita bisa dengan cepat berpikir untuk melakukan manuver jika ada mobil didepan melakukan pengereman atau mengalami masalah.

    6. Manfaatkan kaca spion

    Setiap mobil pasti memiliki kaca spion yang ada di kanan, kiri dan tengah. Nah, jika kita mengemudi di jalan raya, sebaiknya memanfaatkan kaca spion untuk mengetahui kondisi disamping dan juga belakang.

    Termasuk saat hendak menyusul kendaraan yang ada di depan, OLXer perlu melihat kanan kiri agar kita tidak menyenggol kendaraan lain.

    7. Gunakan lampu isyarat

    Selain kaca spion, OLXer yang hendak berbelok sebaiknya terlebih dahulu menggunakan lampu isyarat terlebih dahulu, dalam hal ini lampu sein.

    Kenapa? Dengan menggunakan lampu sein setidaknya pengemudi yang ada di depan dan belakang, akan mudah mengetahui jika OLXer akan berpindah jalur.

    Oia, OLXer juga menyalakan lampu jauh, yang biasanya digunakan sebagai tanda bahwa adanya kehadiran mobil Anda. Selain itu menyalakan lampu jauh juga bisa dilakukan sebagai pengganti membunyikan klakson.

    8. Jarak pandang luas

    Jika OLXer mengemudi, pastikan jarak pandang sudah cukup luas. Pastikan sudut pandang tidak hanya terpacu di depan, tapi juga bisa melihat di beberapa titik blindspot .

    9.  Tetap tenang dan fokus

    Satu hal jika OLXer pertama kali mengemudi di jalan raya adalah yaitu tetap tenang. OLXer tak perlu memikirkan apapun. Sebaliknya cukup konsentrasi mengemudi.

    Selain itu, OLXer juga untuk tetap fokus melihat kondisi jalan raya. Maka dari itu, hindari aktivitas lain saat mengemudi, mulai dari makan, minum, mengirim pesan, merokok, dan lain halnya yang mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

    10. Ajak teman atau orang ahli ada disamping

    Apabila pertama kali belajar mengemudi, tidak ada salahnya didampingi oleh teman yang tahu soal teknik berkendara. Atau, bisa juga ikut kursus mengemudi untuk menambah keterampilan saat berada di jalan raya.

    Setidaknya, jika pertama kali mengemudi mobil di jalanan, OLXer akan mendapatkan asisten yang bisa membaca atau memberikan informasi di sekitar mobil.

    Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui jika pertama kali mengemudi di jalan raya. Kira-kira menurut OLXer apa lagi ya?

    Bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer juga bisa melakukan Booking Di SINI.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here