Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    Berita10 Mobil Termahal di Dunia 2021, LaFerrari Tidak Masuk Daftar

    10 Mobil Termahal di Dunia 2021, LaFerrari Tidak Masuk Daftar

     Tahun 2021 menjadi tahun penuh tantangan bagi pabrikan otomotif dunia. Pandemi Covid yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 banyak membuat industri ini mengalami penurunan tajam dalam hal penjualan.

    Namun begitu, di shio kerbau ini tak membuat para pabrikan mobil premium yang terkenal mahal takut akan kehilangan pamornya. Sebaliknya, mereka tetap optimis bahkan masih menawarkan mobil-mobil termahal di dunia.

    Nah, beberapa perusahaan mobil mewah yang sering OLXer dengar dan familiar yaitu Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, McLaren, Aston Martin, Pagani, Rolls-Royce hingga Bugatti. Ya, mereka dikenal kerap mengeluarkan mobil mewah dan mahal berjenis supercar dan hypercar. Soal harga, satu unitnya bisa belasan sampai ratusan miliar.

    Apa kriteria mobil mewah dan mahal

    Ferrari Laferrari
    Ferrari LaFerrari. (Car and Driver)

    Istilah mobil mewah memang identik dengan harga mahal. Tapi menurut beberapa sumber, kategori mobil mewah juga bisa dilihat dari seberapa banyak dan canggih fitur yang dibenamkan serta seberapa hebat teknologi paling baru yang diciptakan.

    Namun begitu, mobil mewah yang dibahas kali ini harus merupakan buatan di atas tahun 2000 yang sudah dijual atau masih dijual, meskipun jumlahnya terbatas. Beberapa mobil dengan kriteria tersebut, antara lain:

    Jika OLXer menyebut Ferrari LaFerrari merupakan mobil mahal, itu benar adanya karena dibanderol sekitar Rp 20,1 miliar. Akan tetapi, mobil yang diproduksi sekitar tahun 2013-2016 di Maranello, Italia ini tidak masuk 10 mobil termahal di dunia.

    Meski begitu, tidak dipungkiri bahwa LaFerrari juga telah menggunakan mesin berperforma tinggi, yaitu  dibenamkan sebonggol mesin hybrid V12 berkapasitas 6,3 liter yang menghasilkan daya mencapai 950 Tenaga kuda (Tk) dan kecepatan tertingginya bisa melesat 354 km per jam.

    Lalu apakah OLXer mengira Lamborghini Aventador sebagai mobil termahal? Bukan juga. Hanya saja, mobil ini bisa digolongkan mobil mahal karena harganya sekitar US$ 450-500 ribu atau Rp 6,4 – 7,2 miliar.

    Diketahui, model Lambo ini sudah mengusung mesin DOHC 48-valve V12, aluminum block and heads, port fuel injection, yang dapat menyemburkan daya 759 Tk dan torsi 531 lb-ft ini.

    Mobil mewah tapi belum jadi termahal di dunia

    Lamborghini Aventador
    Lamborghini Aventador

    Para produsen mobil mewah memang memiliki supercar dan hypercar. Bagi masyarakat biasa, mendapatkan mobil-mobil ini mungkin hanya di alam mimpi, atau sekedar menimkati dilayar televisi, media sosial, atau jalan raya.

    Namun faktanya, mereka yang tajir dan mengerti otomotif, meski masa pandemi seperti ini justru tetap membeli mobil mewah dan mahal sebagai koleksi di garasu rumah.

    Nah, berikut ini ada beberapa mobil yang meski sudah dibanderol selangit bahkan lebih mahal dari Ferrari LaFerrari dan Lamborghini Aventador, akan tetapi masih belum menjadi mobil termahal di dunia. Seperti halnya Pagani Huayra, hypercar ini harganya sama seperti LaFerrari dan Aventador, yaitu dibanderol US$ 1.4 juta dan belum jadi termahal. 

    Selain itu ada juga McLaren Elva, Ferrari Monza dan Bentley Bacalar, ketiganya tidak masuk 10 besar mobil termahal di dunia, padahal harganya kurang lebih US$ 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

    Demikian juga untuk hypercar Pininfarina Battista dan Mercedes-AMG Project One yang sudah dibenamkan mesin bertenaga super, ternyata kedua mobil ini belum jadi termahal, meski harganya dijual tak sampai US$3 juta atau sekitar Rp 43 miliar. Sedangkan beberapa mobil yang dijual dengan harga sekitar US$3 juta diantaranya Koenigsegg Jesko, Gordon Murray T.50, Aston Martin Victor, dan Bugatti Bolide.

    Adapun untuk Aston Martin Valkyrie harganya dibanderol US$3,2 juta (Rp 46 miliar), W Motors Lykan Hypersport dijual US$3,4 juta (Rp 48,9 miliar) dan Pagani Huayra Roadster BC harus punya mahar sekitar US$3,5 juta (Rp 50,3 miliar).

    Jika mobil-mobil yang disebut di atas belum menjadi mobil termahal di dunia, maka berapa harga mobil termahal di dunia saat ini?

    Harga mobil termahal di dunia

    1.  Bugatti Chiron Pur Sport dan Lamborghini Sian

    Bugatti Chiron Pur Sport
    Bugatti Chiron Pur Sport (Bugatti Newsroom)

    Bugatti Chiron Pur Sport dan Lamborghini Sian masuk daftar 10 mobil termahal di dunia karena keduanya sama-sama dijual seharga US$3.6 juta atau sekitar Rp 51,8 juta.

    Untuk Bugatti Chiron Pur Sport, mobil ini dilengkapi mesin W16 quad-turbo 8.0 liter yang menyemburkan daya 1.500 tenaga kuda dan torsi 6.900 rpm. 

    Di atas kertas, mobil yang hanya dijual sebanyak 60 unit ini mampu berakselerasi dari 0-100 km hanya dalam waktu kurang dari tiga detik, dan kecepatan tertinggi bisa tembus 350 km per jam.

    Sementara Lamborghini Sian sendiri mesin V12 berkapasitas 6.5L yang dilengkapi motor listrik 48 Volt dengan teknologi Multi Point Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 819 Tk serta torsi puncak 720 Nm.

    Mobil yang hanya dibuat sebanyak 63 unit ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,8 detik dan kecepatanya sampai 350 km per jam.

    2. Lamborghini Veneno

    Mobil termahal berikutnya adalah Lamborghini Veneno dengan harga US$4.5 juta atau setara Rp 64,7 miliar. Lamborghini Veneno yang memiliki basis seperti Aventador jadi mobil langka, karena saat diproduksi pada tahun 2014-2015  hanya sebanyak 14 unit saja.

    Untuk jantung pacunya, mobil ini disematkan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter yang menghasilkan daya 740 Tk dan torsi 690 Nm. Mesin tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,9 detik.

    3. Koenigsegg CCXR Trevita

    Koenigsegg CCXR Trevita
    Koenigsegg CCXR Trevita. (Istimewa)

    Mobil asal Swedia, Koenigsegg CCXR Trevita masuk dalam daftar 10 mobil termahal di dunia karena harganya mencapai US$4,8 juta atau Rp 69 miliar.

    Diketahui, Koenigsegg CCXR Trevita dilengkapi mesin Twin supercharged DOHC 4-valve V8 berkapasitas 4,8 liter mempunyai daya hingga 1.004 Tk dan torsi 1.080 Nm. Dengan mesin ini mobil tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,9 detik dan dapat melesat dengan kecepatan hingga 400 km per jam.

    4. Bugatti Chiron Super Sport 300+

    Mobil termahal di dunia dengan banderol US$5,7 juta atau sekitar Rp 82 miliar adalah Bugatti Chiron Super Sport 300+ yang diproduksi hanya sebanyak 30 unit.

    Bugatti Chiron Super Sport 300+ ini sudah dibenamkan mesin W16 berkapasitas 8.0L quad-turbo yang menghasilkan tenaga 1.578 hp dan mampu menembus kecepatan 300 mil/jam (482 km/jam). 

    5. Bugatti Divo

    Nama Bugatti Divo masuk juga jadi salah satu mobil termahal di dunia dengan harga US$ 6 juta atau sekitar Rp 86,3 miliar.

    Diketahui mobil yang diproduksi sejak 2019 dan hanya sebanyak 40 unit ini dijejali mesin W16 quad turbocharged berkapasitas 8.0 liter, mampu menghasilkan daya hingga 1.479 Tk dan torsi 1.600 Nm.

    Dengan mesin ini, Bugatti Divo mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,8 detik dan melesat dengan kecepatan sampai 380 km per jam.

    6. Mercedes-Maybach Exelero

    Mercedes-Maybach Exelero
    Mercedes-Maybach Exelero. (Mercedes)

    Sebutan mobil mewah, mahal dan memiliki berbagai teknologi canggih di dalamnya pantas disematkan pada Mercedes-Maybach Exelero yang dibanderol US$8 juta atau sekitar Rp 115 miliar.

    Sedan sport ini memiliki performa tinggi berkat mesin V12 Twin Turbo yang menghasilkan daya 690 Tk dan torsi 1.020 Nm. Dengan mesin ini, mobil mampu berakselerasi dari 0-100 km hanya dalam 4,4 detik dan berlari dengan kecepatan 351 km per jam.

    7. Bugatti Centodieci 

    Merek mobil asal Prancis, Bugatti, kembali produknya masuk daftar mobil termahal. Kali ini adalah Centodieci, mobil termahal yang dibanderol sekitar US$ 9 juta atau sekitar Rp 129 miliar.

    Disebutkan, mobil yang dibuat sejak tahun 2020 sebanyak 10 unit ini, sudah mengusung mesin W16 quad turbocharger berkapasitas 8.0 Liter yang dapat memuntahkan daya hingga 1.578 Tk. Dengan mesin ini akselerasi mobilnya dari 0-100 km per jam mampu mencatatkan waktu m2,4 detik dan kecepatan penuhnya bisa 380 km per jam.

    8. Pagani Zonda HP Barchetta

    Pagani Zonda HP Barchetta
    Pagani Zonda HP Barchetta. (Motor1)

    Pagani Zonda HP Barchetta merupakan mobil sangat istimewa dan langka. Hal ini karena pabrikan mobil yang bermarkas di Modena, Italia, hanya memproduksi tiga unit dengan harga saat ini US$17,6 juta atau sekitar Rp 253,2 miliar.

    Hypercar yang satu ini dibekali mesin Mercedes-AMG M120 V12 berkapasitas 7.3 liter yang mampu menyemburkan daya 789 Tk dan torsi 850 Nm. Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,1 detik dan melesat hingga 355 km per jam.

    9. Bugatti La Voiture Noire

    Bugatti La Voiture Noire masuk jajaran dua teratas mobil termahal di dunia karena harganya saat ini mencapai US$18,7 juta atau Rp 269 miliar.

    Mesin W16 quad-turbo berkapasitas 8.0-liter bisa menyemburkan tenaga 1.479 hp dan torsi 1.600 Nm. Dengan mesin ini Bugatti La Voiture Noire mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam 2,5 detik dan kecepatan maksimum tembus 420 km per jam.

    10. Rolls-Royce Boat Tail

    Rolls Royce Boat Tail
    Rolls Royce Boat Tail. (Rolls Royce)

    Nah, mobil termahal di dunia saat ini adalah Rolls-Royce Boat Tail US$ 28 juta atau sekitar Rp 402 miliar. Alasan mobil ini mahal, tak lain karena selain dibuat dengan tangan, mobil yang hanya dibuat tiga unit ini memiliki barang-barang mewah.

    Ya, di dalam mobil ini memiliki barang-barang yang diklaim mahal dan mewah, seperti jam tangan analog pada dashboard, portable picnic dan masih banyak lainnya.

    Disebutkan juga, mobil yang dibutuhkan Rolls-Royce Boat Tail untuk menggarap satu unit mobil ini memakan waktu empat tahun mempersiapkannya. Mobil yang juga didesain mirip kapal pesiar.

    Rolls-Royce Boat Tail
    Rolls-Royce Boat Tail

    Uniknya, sebelum Rolls-Royce Boat Tail muncul, ada salah satu konsumen yang ingin membeli mobil tersebut, mengajukan permintaan untuk Rolls-Royce membuat mobil yang belum pernah dilihatnya. 

    Tentu saja orang yang memesan Rolls-Royce Boat Tail adalah kaya raya, salah satunya disebut-sebut adalah selebritis Jay-Z dan Beyonce.

    Disebutkan, Rolls-Royce Boat Tail 2021 menggunakan mesin sama dengan Rolls-Royce Cullinan, Rolls-Royce Phantom yaitu menggunakan V12 biturbo dengan kapasitas 6,75 liter yang menghasilkan daya 563 Tk.

      

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here