Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips10 Perlengkapan Wajib Ada Dalam Mobil Saat Musim Hujan

    10 Perlengkapan Wajib Ada Dalam Mobil Saat Musim Hujan

    Sedia payung sebelum hujan. Setidaknya peribahasa ini memang sangat tepat digunakan untuk melakukan berbagai persiapan sebelum beraktifitas.

    Namun bagi pengendara mobil ketika masuk musim penghujan, sedia payung sebelum hujan rasanya kurang lengkap. Sebab, harus ada sejumlah persiapan yang wajib dibawa.

    Nah, perlengkapan apa saja yang perlu ada di dalam mobil saat musim hujan, berikut ulasannya:

    1. Payung

    Payung jadi barang yang pasti dibawa. Bahkan ketika musim panas juga payung perlu dibawa. Akan tetapi ketika hujan tiba, payung harus dibawa karena sangat diperlukan saat akan keluar dari kendaraan baik untuk singah ke satu tempat atau mengecek mesin. 

    2. Sandal

    Sandal juga jadi barang yang wajib ada di dalam mobil apalagi saat kondisi hujan. Sebab, jika kaki terkena atau terendam air ketika menggunakan sandal tidak akan terjadi masalah besar. 

    Sebaliknya, apabila memakai sepatu maka kaki jadi lembab dan dingin. Sedangkan jika bertelanjang kaki itu akan lebih berbahaya dan berisiko terkena benda tajam atau lainnya, 

    3. Lap 

    Saat hujan juga perlu membawa lap baik itu Chamois atau microfiber.Pasalnya, lap jenis ini lebih mudah menyerap air. Lap jenis ini akan sangat bermanfaat ketika kaca tiba-tiba berkabut atau air pada kaca depan dari luar yang sulit dijangkau wiper, kemudian kaca spion, serta kaca belakang sehingga mengurangi visibilitas. 

    4. Tali

    Tali juga jadi barang yang perlu dibawa saat hujan. Sebab, kita tidak tahu kapan musibah datang. Termasuk jika terjebak di kubangan banjir yang notabene tidak boleh menyalakan mesin. Solusinya, mobil harus ditarik keluar, kalau tidak didorong yang ditarik menggunakan tali.

    5. Senter

    Ketika berkendara saat hujan tiba tidak menutup kemungkinan terjadi hingga malam hari. Nah, apabila mobil mogok secara mendadak, maka senter jadi alat pertama untuk memberikan penerangan.

    6. Perlengkapan Mobil 

    Sama seperti kondisi hujan atau panas, ada baiknya berbagai perlengkapan mobil harus dibawa mulai dari tool kit, dongkrak, tyre pressure gauge, kunci roda, dan ban cadangan

    Semua perlengkapan ini akan sangat membantu, terlebih jika lokasi jauh dari bengkel 

    7. Charger Ponsel/ Smartphone

    Saat mobil mogok apalagi ketika hujan turun, pasti OLXer akan cemas. Tentu saja salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mencari informasi. Nah, untuk mencari informasi paling mudah adalah melalui Smartphone.

    8. P3k

    Kita tidak tahu musibah akan terjadi, apalagi saat turun hujan, maka dari itu di setiap mobil diharuskan memiliki perlengkapan wajib seperti Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

    Namun ingat, jika terjadi kecelakaan P3K hanya bisa memberikan pertolongan luka ringan, sedangkan jika luka para baiknya langsung menghubungi ambulans.

    9. Makanan dan Minuman

    Saat hujan, biasanya seringkali berimbas pada kondisi jalanan menjadi macet panjang dan sangat lama. Nah, jika hal tersebut terjadi maka biasanya lapar melanda.

    Oleh karena itu ada baiknya di dalam mobil dipersiapkan makanan dan minuman ringan.

    10. Pakaian Ganti

    Jangan berfikir jika hujan OLXer akan selalu kering. Sebaliknya, saat turun hujan semua bisa terjadi atau Anda terpaksa harus keluar dari mobil saat hujan sangat lebat. 

    Karena itu membawa pakaian ganti adalah pilihan yang wajib saat musim hujan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here