Sabtu, Januari 22, 2022
More
    Berita10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

    10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

    Menjual mobil bekas di zaman seperti sekarang ini memang lebih mudah. Apalagi di era serba digital dan jaringan internet lebih mudah dan luas, sehingga sangat memanjakan masyarakat untuk berselancar di dunia maya.

    Ya, dulu sebelum akses internet seperti sekarang, jika harus menjual mobil bekas, salah satu media yang dianggap cara tepat untuk memasarkanya melalui iklan baris di koran. 

    Hanya saja iklan di koran saat ini kurang diminati, lantaran informasi yang ditawarkan dianggap kurang begitu lengkap. Belum lagi ketika penjual dihubungi ternyata jaraknya sangat jauh.

    Belum sampai disitu, iklan baris pada sebuah koran banyak yang beranggap tak memiliki bukti foto secara maksimal. Alhasil, apabila harus melihat rupa mobilnya, maka si calon pembeli mobil wajib mendatangi si pemilik.

    Sementara itu, pada dasarnya ketika menjual mobil bekas bisa saja kita melakukan di dealer mobil bekas atau cuma menitipkannya. Tapi resikonya, hasilnya tidak penuh, karena ada potongan atau komisi untuk pemilik dealer tersebut.

    Nah, kini menjual mobil secara online lebih diminati. Seperti halnya platform jual beli mobil bekas OLX.co.id. Ya, platform ini jadi jembatan untuk jutaan orang khususnya di Indonesia dalam pencarian mobil bekas.

    Menurut data OLX.co.id, setidaknya lebih dari 3,5 sejuta orang Indonesia per bulan mencari mobil bekas melalui mobile atau smartphone dan desktop atau computer. 

    Maka dari itu, menjual mobil bekas secara online kini sudah jadi pilihan masyarakat tak hanya di Indonesia tetapi di dunia.

    Tips Menjual Mobil Bekas 

    Ilustrasi mobil bekas siap dilelang. (shutterstock)

    Di era serba digital, menjual mobil bekas secara online dianggap tergolong lebih mudah dan murah. Namun begitu, ada saja orang belum paham ketika menjual mobil bekas secara online, karena berbagai hal.

    Nah, atas dasar inilah kami akan memberitahukan bagaimana cara menjual mobil bekas secara online agar cepat laku.

    1. Memilih platform digital yang kredibel

    Untuk menjual mobil bekas, sebaiknya lakukan di platform yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas.

    Platform yang dipilih harus memiliki nama besar, identitas, kebijakan, dan tanggung jawab yang jelas, seperti OLX dan OLX Autos. 

    OLX sendiri menghubungkan penjual dan pembeli berbagai jenis barang, termasuk mobil bekas. Di OLX ada jutaan unit mobil bekas yang ditawarkan. 

    Sementara itu, OLX Autos merupakan comprehensive platform  yang menyediakan omnichannel solutions bagi kenyamanan pelanggan dalam setiap produk dan pelayanannya. 

    Melalui platform OLX AUtos, OLXers bisa menjual mobil dengan layanan OLX Autos Jual Mobil Instan, yang prosesnya cepat.

    2. Proses yang transparan

    Meski online, namun platform jual beli online haruslah jelas dan transparan dalam mengungkapkan prosesnya, termasuk menyediakan layanan inspeksi mobil.

    Pasalnya, layanan inspeksi mobil dengan mekanik berpengalaman akan membantu untuk melakukan pengecekan mobil serta memastikan mendapatkan harga yang kompetitif berdasarkan hasil inspeksi.

    Di OLX.co.id, penjual juga dapat mengecek perkiraan harga jual mobil sebagai perbandingan di pasar mobil bekas. 

    3. Bersihkan mobil

    Ketika hendak menjual mobil, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu baik bagian eksterior maupun interior. Jika perlu lakukan juga pada bagian mesin.

    Setidaknya dengan tampilan yang lebih kinclong atau bersih, maka akan menarik hati calon pembeli.

    Perlu diketahui pula, dengan tampilan mobil yang bersih maka memberikan kesan bahwa sang pemilik memberikan perawatan dengan seksama.

    4. Berikan informasi detail

    Ketika menjual mobil bekas secara online, pastikan iklan yang disebutkan memberikan informasi yang dibutuhkan calon konsumen. 

    Ya, sama seperti brosur di mobil baru yang lengkap. Maka, mobil bekas juga perlu diberikan data-data mulai dari eksterior, interior, spesifikasi, fitur, dan teknologinya.

    5. Pasang iklan dengan foto terbaik

    Pasang iklan dengan kualitas foto yang bagus serta memiliki konten informatif. 

    Ini mutlak dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang mengunjungi iklan kalian.

    Hindari penggunaan foto yang diambil pada malam hari. Karena hasilnya akan jadi gelap dan kurang detail. 

    Sebaliknya pasang foto sebanyak-banyaknya dari berbagai angle dan komposisi yang tepat. Apalagi di OLX.co.id kalian bisa mengupload hingga 20 foto dalam satu iklan.

    6. Deskripsi kondisi mobil secara jujur

    Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi mobil sesuai dengan kondisi kendaraan, tidak perlu terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.

    Baca juga  Akibat Virus Corona, Tak Ada Denda Bagi yang Telat Perpanjang STNK dan Pajak

    Terkecuali kalau benar-benar kondisi mobil sangat istimewa, perawatannya terjaga, dan tidak pernah terlibat kecelakaan

    Selain itu, berikan juga informasi terkait kondisinya mulus tanpa cacat, mungkin hal-hal tersebut bisa menjadi unique selling point mobil dagangan OLXers.

    Sebaliknya, deskripsi dengan jujur sehingga calon pembeli nantinya tidak akan merasa tertipu dan menimbulkan masalah di kemudian hari.

    7. Sertakan dokumen lengkap

    Selain memberikan informasi kondisi mobil beserta foto-foto dari berbagai sudut, OLXers juga harus menyertakan dengan surat-surat atau dokumen lengkap.

    Surat-surat dan dokumen yang wajib ada yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang berisi surat keterangan kepemilikan kendaraan.

    Baik STNK dan BPKB wajib ada, karena jika tak ada kemungkinan harganya akan merosot. Selain itu, mobil juga bisa dicurigai merupakan bodong.

    Jika perlu, OLXers juga memberikan informasi bahwa status mobil sudah membayar pajak dan tidak ada tunggakan pajak sama sekali. 

    8. Tentukan harga sesuai pasaran

    Salah satu faktor penting agar mobil yang dijual bisa laku dalam waktu yang cepat yaitu tawarkan dengan harga tepat.

    Jangan mematok harga terlalu tinggi dari harga pasaran, sementara kondisi kendaraan yang dijual biasa-biasa saja. 

    Sebaliknya, kalau terlalu murah dan dibawah harga pasaran, calon pembeli juga bakalan curiga dengan kondisi mobil. 

    Setidaknya calon pembeli akan mempertimbangkan, dan berusaha mengkalkulasi biaya perbaikan atau biaya pengurusan surat-suratnya. 

    9. Lakukan tatap muka

    Ketika calon pembeli sudah melakukan tanya jawab lewat online atau via sambungan telepon, maka tidak ada salahnya tahapan selanjutnya adalah bertemu secara tatap muka. 

    Ya, ini perlu kita lakukan apalagi calon pembeli kemungkinan besar adalah orang yang belum kita kenal. 

    Apabila si calon pembeli ingin melakukan test drive, maka Anda bisa ikut masuk ke dalam sembari memberikan informasi soal kelebihan dan kekurangan.

    10. Transaksi Langsung

    Hal penting yang tak boleh disepelekan yaitu bagaimana menentukan urusan transaksi. Nah, paling aman adalah bertransaksi langsung dengan cara ketemuan alias Cash On Delivery (COD) dan jangan mau ditransfer sebagai uang muka alias down payment (DP).

    Perlu dicatat, jika ingin COD jangan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal kalian atau setidaknya pilih tempat yang aman seperti di rumah. Termasuk tempat yang sepi.

    Apabila ingin melakukan transaksi jual-belinya melalui transfer, pastikan mengecek nomor rekening sekaligus nama pemiliknya.

    Selain itu, pastikan juga dana tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam rekening kalian sebelum mobil diserahkan.

    Nah, itulah beberapa tips jitu jika ingin menjual mobil bekas secara online.

    Jual mobil bekas instan

    Inspeksi mobil bekas
    OLX Autos Jual Beli Mobil Bekas

    Untuk urusan jual mobil tanpa ribet dan pusing, saat ini ada cara yang paling instan yaitu melalui layanan OLX Autos. 

    Ya. OLX Autos siap membeli mobil bekas OLXers. Dengan cara yang sangat mudah yaitu cuma 3C atau Cek Harga, Cek Mobil, Cek Rekening yang merupakan jaminan kepuasan pelanggan. 

    Untuk lebih detail maksud dari 3C yaitu:

    Cek Harga

    Pelanggan bisa mendapatkan estimasi harga jual terbaik unit mobil bekasnya dengan cara yang sangat mudah saat masuk ke website OLX Autos.

    Cek Kondisi Mobil

    Setelah mendapatkan perkiraan harga terbaik yang diinginkan, pelanggan bisa menentukan jadwal inspeksi mobil yang akan dijual. OLX Autos memiliki 100 outlet inspection center yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan pelanggan dalam menentukan lokasi pengecekan mobil.

    Selain itu, OLX Autos juga memiliki fasilitas layanan Home Inspection bagi pelanggan yang ingin mobilnya di inspeksi di rumah.

    Dalam melakukan pengecekan unit mobil yang dijual pelanggan, petugas inspeksi mobil OLX Autos akan bekerja secara profesional dan melakukan pengecekan di 300 titik, untuk memastikan kondisi mobil yang dijual sesuai dengan harga yang diajukan pelanggan.

    Cek Rekening

    Terakhir, cek rekening, mobil pelanggan secara instan sudah dibayar OLX Autos sesuai harga yang disepakati. 

    Semudah itu menjual mobil di OLX Autos. Tentunya kemudahan yang ditawarkan OLX Autos akan sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita, atau sebagai solusi keuangan instan di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi.

    Jika OLXer ingin cepat menjual mobil bisa kunjungi di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here