Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Berita1,1 Juta Unit Mobil LCGC Daihatsu dan Toyota Sudah Beredar di...

    1,1 Juta Unit Mobil LCGC Daihatsu dan Toyota Sudah Beredar di Jalanan

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa perusahaannya telah memproduksi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) sebanyak 1,1 juta unit sejak pertama kali diproduksi pada 2013. Jumlah ini merupakan gabungan LCGC dari merek Daihatsu dan Toyota.

    “Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM dalam keterangan tertulis, Selasa (26/1/2021).

    Menurut Amel, selama delapan tahun mobil-mobil yang dibuat di pabrik Daihatsu tidak hanya untuk memenuhi permintaan di pasar domestik, tetapi juga ekspor dalam bentuk Completely Built Up (CBU).

    Adapun mobil-mobil yang dibuat PT ADM untuk segmen LCGC terbagi dalam dua yaitu hatchback dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Untuk model hatchback yaitu Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang sejak peluncuran perdananya di tahun 2013 hingga 2020 telah mencapai lebih dari 650 ribu unit.

    Ya, sejatinya mobil-mobil kembar kolaborasi Toyota dan Daihatsu, memang diproduksi di pabrik Daihatsu. Termasuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, serta Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Oia, untuk brand Toyota Wigo memang tidak dijual di Indonesia, melainkan pasar ekspor.

    Sedangkan untuk segmen LCGC berjenis MPV, yaitu Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya. Dimana total produksinya sudah mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya pada tahun 2016.

    Dari jumlah total produksi segmen LCGC hatchback dan MPV, setidaknya PT ADM sudah memproduksi lebih dari 1,1 juta unit dan  berkontribusi sekitar 29 persen dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020.

    “Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan LCGC yang diproduksi ADM menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor,” tulis

    Menurut catatan Daihatsu, prestasi satu juta unit produksi mobil-mobil LCGC ini melengkapi sejarah PT ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, kemudian 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here