Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    MobilReview12 Fakta Menarik Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

    12 Fakta Menarik Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

    Mitsubishi Pajero Sport pada Februari 2021 lalu telah mengalami penyegaran ringan atau facelift. Meski tidak secara menyeluruh, namun mobil dengan bentuk bongsor ini cukup menarik perhatian.

    Nah, OLXer yang memang berencana memiliki Mitsubishi Pajero Sport atau menyukai mobil tersebut, tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta menarik dari mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV).

    Mau tahu apa saja berikut fakta-fakta Mitsubishi Pajero Sport:

    1. Mitsubishi Pajero Sport pertama kali dibuat Mitsubishi Motors pada tahun 1996 dan dibuat di Jepang. Setahun kemudian atau 1997, mobil ini mulai diekspor ke beberapa negara, mulai dari Amerika, Eropa, hingga Asia Tenggara.

    Nah, di Indonesia sendiri Mitsubishi Pajero Sport baru masuk pada 2009, dan penerimaan akan mobil ini disambut positif. 

    2. Sebelum disebut Pajero Sport, mobil ini sejatinya disebut Mitsubishi Challenger. Uniknya, di beberapa negara penyebutan nama mobil ini berbeda-beda, seperti Nativa untuk pasar Amerika di Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, Montero Sport di Amerika Utara, Amerika Selatan, Filipina, Shogun Sport untuk pasar Inggris, dan G-Wagon di Thailand.

    3. Mitsubishi Pajero Sport khususnya tope Ultimate sempat diproduksi di Indonesia sekitar 2017. Hal ini karena seiring meningkatnya permintaan mobil tersebut di Tanah Air. 

    Pajero Sport Ultimate sendiri jadi varian termahal, karena dibenamkan teknologi modern dan fitur canggih serta lebih lengkap. 

    Namun, pembuatan Pajero Sport di Indonesia tak berlangsung lama, karena Mitsubishi harus berbagi lini produksi dengan Mitsubishi Xpander yang pasarnya masih menggairahkan. 

    4. Sejak hadir pertama kali pada 2009 atau sekitar 12 tahun lalu, Pajero Sport sudah mencatatkan penjualan hingga 164.773 unit.

    Diketahui, pada periode 2015 – 2021, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sudah menjual sebanyak 348.000 unit Mitsubishi Pajero Sport. Hebatnya, Indonesia jadi negara paling banyak menjual mobil tersebut dengan torehan 89.000 unit, kemudian disusul Thailand 80.000 unit, Filipina 66.000 unit, Australia 34.000 unit dan Rusia 26.000 unit. 

    5. Saat ini Mitsubishi Pajero Sport merupakan generasi ketiga yang ditawarkan dengan enam pilihan yaitu Dakar Ultimate (4×4), Dakar Ultimate (4×2) AT, Dakar (4×2) AT, Exceed (4×2) AT, Exceed (4X2) MT, dan GLX (4×4) MT.

    Dengan jumlah enam varian ini, dianggap lebih memberikan pilihan kepada konsumen. Sedangkan di generasi sebelumnya hanya menawarkan empat varian yaitu Exceed 4×2, Exceed 4×4, GLS dan GLX.

    6. Pajero Sport facelift generasi ketiga ini, meski terlihat mirip namun masing-masing tipenya berbeda-beda, seperti Pajero Sport tipe GLX (4×4) MT, Exceed (4×2) MT, dan Exceed (4×2) AT, masih menggunakan lampu-lampu jenis halogen, seperti pada lampu utama, hingga lampu kabut. 

    Sementara tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT  sudah menggunakan lampu jenis LED Lampu-lampu ini juga dibuat tiga tumpuk, seperti lampu sein, LED Active Cornering Lamp, dan LED Foglamp. Selain itu, ada juga beberapa perbedaan lainnya pada bagian eksterior, maupun interior.

    7. Mitsubishi Pajero Sport facelift ini memiliki fitur-fitur keren seperti pada tipe Dakar series dilengkapi Active Cornering Lamp, dimana lampu mobil ini sangat bermanfaat ketika mobil dipacu di malam hari, karena lampu ini akan menerangi jalanan secara otomatis khususnya saat melewati jalur menikung atau berliku.

    Untuk Pajero Sport tipe Dakar Ultimate (4×2) dan (4×4) AT sudah menggunakan Power Back Door yang diaktifkan dengan metode 'Kick Sensor', sehingga mempermudah OLXer saat membawa banyak barang namun sulit membuka pintu. Maka dari itu, untuk membuka pintu bagasi belakang, OLXer cukup menggerakan kaki ke bawah bumper, kemudian pintu secara otomatis akan terbuka.

    Tidak hanya itu, untuk tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT, pada bagian lingkar kemudi, tuas transmisi dan jok sudah dibalut kulit. Selain itu, ketiganya sudah dilengkapi fitur Electronic Parking Brake with Auto Hold yang memudahkan pengemudi saat menarik rem parkir hanya dengan sentuhan jari.

    Sementara itu, yang membedakan sistem audio Pajero Sport yaitu GLX (4×4) MT masih menggunakan wide 2DIN, sedangkan Exceed (4×2) MT dan Exceed (4×2) AT sudah dipasang layar sentuh berukuran 7 inch. Sedangkan tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT sudah menerapkan layar sentuh 8 inch ditambah enam unit speakers. 

    Untuk tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT juga sudah dilengkapi dengan kamera mundur. Adapun  untuk tipe Dakar Ultimate (4×4) AT lebih canggih karena dibenamkan Multi Around View Monitor yang mengaplikasikan empat kamera.

    8. Untuk membuka pintu, Pajero Sport facelift khususnya tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT sudah dapat menggunakan Mitsubishi Remote Control, yang didapat dengan cara mengunduh aplikasi pada smartphone. 

    Dengan fitur ini, OLXer dapat membuka dan menutup bagasi secara otomatis hanya menggunakan telepon genggam. Manfaat fitur ini juga bisa mendapatkan informasi seputar kondisi kendaraan, konsumsi bahan bakar, hingga jadwal servis berkala.

    9. Mitsubishi Pajero Sport facelift kini lebih kekinian, hal ini terlihat dari adanya Power Outlet dengan tegangan besar 150 Watt/220 Volt. Dimana fitur ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan kebutuhan daya listrik besar tidak hanya ingin mengisi baterai smartphone. 

    Untuk tipe Dakar  4×2 sudah dilengkapi layar monitor 9 inch di atap pada baris kedua, sedangkan tipe Dakar 4×4 sudah terpasang sunroof, sehingga memberikan kesan mewah, karena mampu memandang indahnya atap langit dari dalam mobil.

    10. Mitsubishi Pajero Sport tak kenal kompromi jika menyangkut fitur keamanan dan keselamatan. Sebab, semua tipe Mitsubishi Pajero Sport sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, serta immobilizer, bahkan dilengkapi dengan airbag. 

    Hanya saja jumlahnya berbeda, seperti tipe GLX (4×4) MT, Exceed (4×2) MT dan Exceed (4×2) AT hanya dua airbag. Sementara Mitsubishi tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT, sudah dilengkapi 7 airbags.

    11. Untuk jantung pacu, mesin Pajero Sport tipe GLX (4×4) MT, Exceed (4×2) MT, Exceed (4×2) AT, masih menggunakan mesin 4D56 Common Rail Turbocharged, berkapasitas 2.5 L, yang menghasilkan tenaga pada 134 Tk pada 4.000 rpm dan torsi 324 Nm pada 2.000 rpm. Semua tenaga ini disalurkan ke penggerak roda dengan transmisi lima percepatan.

    Sedangkan untuk Pajero Sport tipe Dakar (4×2) AT, Dakar Ultimate (4×2) AT, dan Dakar Ultimate (4×4) AT, sudah dijejali mesin 2.4 Liter 4N15 MIVEC Turbocharged, yang mampu menghasilkan daya 178 Tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500. Hasil tenaga yang dikeluarkan, didukung dengan 8 kecepatan.

    12. Karena keenam varian Mitsubishi Pajero Sport masing-masing memiliki perbedaan, maka untuk urusan harga pun demikian, yaitu Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4×2) MT Rp 502,8 juta, GLX (4×4) MT Rp  567, 8 juta, Exceed (4×2) AT Rp 517,8 juta, Dakar (4×2) AT Rp 575,7 juta,  Dakar Ultimate (4×2) AT Rp 624,7 juta, Dakar (4×4) AT Rp 733,7 juta. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here