Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Berita15 Fakta Menarik Honda Jazz di Indonesia

    15 Fakta Menarik Honda Jazz di Indonesia

    Sayonara Honda Jazz. Begitulah mungkin yang bisa kita ucapkan untuk mobil hatchback yang akan pensiun diproduksi di Indonesia. 

    Ya, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia mengumumkan, bahwa Jazz tak lagi diproduksi. Sebagai pengganti, Honda memboyong City Hatchback RS.

    Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, meski tidak menutup kemungkinan untuk kembali memasarkan Honda Jazz, namun untuk saat ini HPM masih menilai karakter City Hatchback dapat memenuhi keinginan target market di segmen hatchback.

    “Sekarang kami tidak produksi (Jazz) lagi, delivery Jazz terakhir itu bulan (Februari 2021) lalu ya. Kalau stok masih 300 unit di dealer kami,” ungkap Billy saat video Conference Rabu (3/3/2021).

    Namun begitu, OLXer yang masih ingin punya Honda Jazz atau memang sudah terlanjur membeli mobil tersebut, tidak perlu khawatir untuk masalah after sales seperti service atau spare part. Sebab, PT HPM akan tetap menyediakannya.

    Sejarah dan Fakta Honda Jazz

    Honda Jazz 2007
    Caption

    Walaupun Honda Jazz sudah tak lagi diproduksi dan dijual secara resmi di Indonesia, namun kehadiran mobil sedan tanpa buntut ini memang menyisakan banyak kenangan.

    1. Honda Jazz sejatinya muncul pertama kali pada 2001 dan hanya dipasarkan di Jepang. Dua tahun kemudian,  mobil ini melebarkan sayapnya hingga masuk Eropa dan juga Australia. Kemudian pada 2003 diperluas sehingga masuk pasar Amerika Selatan, Afrika Selatan hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

    2. Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2003 Honda Jazz langsung menyita perhatian dan langsung disukai kalangan anak muda.

    Honda Jazz
    Honda Jazz 2001

    3. Honda Jazz memiliki body kompak dengan tampang sporty namun untuk urusan bahan bakar mobil ini disebut tergolong irit. Hal inilah membuat Honda Jazz juga cukup andal di lintas balapan.

    4. Karena selera anak muda, Honda Jazz jadi salah satu mobil sering kali diubah atau modifikasi, agar terlihat lebih keren.

    5. Honda Jazz yang diproduksi PT HPM di kawasan Karawang, Jawa Barat sejak 2014 dan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 72 persen. Sebelumnya, saat mobil ini diimpor langsung dari Thailand.

    6. Honda Jazz tidak hanya dijual di Indonesia, melainkan merupakan produk global. Oia, di negara asalnya, Honda Jazz juga disebut Honda Fit.

    7. Saat masuk ke Indonesia Honda Jazz menawarkan dua tipe mesin, yaitu mesin i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan mesin VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) yang merupakan tipe tertinggi dengan mesin 1.5 L. Oia, Honda Jazz generasi pertama dikenal dengan kode body GD3.

    8. Saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, ada yang membuat Honda Jazz menjadi heboh. Ya, hal tersebut karena emblem titik di huruf ‘J’ mobil ini disebut mengandung emas hingga berlian. Alhasil, emblem titik banyak dicuri. Padahal tidak. Namun begitu, kala itu jarang pemilik Honda Jazz memasang emblem titik pada huruf J mobil tersebut.

    Honda Jazz
    Honda Jazz

    9. Honda Jazz untuk pasar Indonesia dibekali mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, Intelligent-Dual Sequential Ignition (iDSI) yang mampu menghasilkan daya hingga 85 Tenaga kuda (Tk) pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.  

    Sedangkan pada generasi kedua, performa mesin ditingkatkan sehingga daya mencapai 120 Tk pada pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada pada 4800 rpm.

    10. Pada 2008, Honda Jazz meluncurkan mesin 1.5L VTEC. Dengan begitu, pilihan mesin pada mobil ini hanya satu jenis dan  menawarkan varian baru berupa, tipe A, S dan RS yang merupakan tipe tertinggi.

    Honda Jazz 2008
    Honda Jazz 2008

    11. Pada 2010, Honda Jazz menghadirkan mesin hybrid 1.3 liter dengan efisiensi bahan bakar sekitar 3.3 liter per 100 km (1:30). Namun sayang, mobil dengan mesin hybrid tersebut tidak dijual di Indonesia. Sebaliknya, Honda Jazz Hybrid dipasarkan negara-negara tertentu, termasuk di negara asalnya, Jepang.

    12. Pada 2013 Honda mengalami penyegaran ringan pada bagian eksterior  dan interior, dimana modelnya jadi lebih sporty dan modern. Hal ini dilihat dari penggunaan sistem projector, lengkap dengan DRL LED. Setahun kemudian, mobil ini masuk Indonesia.

    13. Pada 2014 Honda Jazz generasi ketiga meluncur, dengan menggunakan mesin 1.5 liter 5 liter berkode L15Z1 yang sama seperti Mobilio, yang mampu memuntahkan daya masih sama 120 Tk dengan torsi maksimum 145 Nm.

     

    Varian / Tipe MobilM/TCVTRS M/TRS
    Kapasitas Mesin (cc)1497 cc
    Jumlah Silinder4
    Jumlah Katup16
    Tipe PenggerakRoda Depan
    Maksimal Tenaga (tk) / rpm118.3 Tk / 6.600rpm
    Maksimal Torsi (nm) / rpm145 Nm / 4.600 rpm
    Jenis Bahan BakarBensin
    Kapasitas Bahan Bakar (liter)40 L
    Konfigurasi mesin1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

    14. Maret 2021, PT HPM mengumumkan Honda Jazz tak lagi diproduksi lagi di Indonesia. Niatan Honda untuk menyetop produksi Jazz disebutkan sudah dilakukan studi sejak 2019.

    15.   Setelah Honda Jazz diumumkan tak lagi diproduksi,  PT HPM mengumumkan penggantinya berupa Honda City Hatchback RS. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here