2 Cara Mudah Agar Mobil Lolos Uji Emisi

0
34

Setiap kendaraan bermotor yang ada di Ibukota dan berasal dari luar Jakarta diwajibkan untuk melakukan uji emisi. Hal ini guna untuk mengetahui ambang batas gas buang sebuah kendaraan demi meningkatkan kualitas udara, serta menekan emisi dari pembakaran kendaraan bermotor di Jakarta.

Sebaliknya, kendaraan bermotor yang tidak memenuhi ambang batas uji emisi maka dapat ditindak penegakan hukum di jalan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan mengacu kepada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286, yaitu ancaman denda maksimal Rp 250.000 untuk sepeda motor dan ancaman denda maksimal Rp 500.000 untuk mobil.

Nah, OLXer juga perlu tahu bahwasanya untuk menekan kadar emisi bisa dilakukan dengan mudah oleh pemilik kendaraan. Bahkan dilansir situs Daihatsu, setidaknya ada dua tips untuk menekan kadar emisi pada mobil.

Nah, OLXer mau tahu apa saja tipsnya? Berikut ulasannya:

1. Lakukan perawatan berkala

Melakukan perawatan secara berkala dapat membuat kondisi mobil tetap prima. Dengan melakukan perawatan berkala, maka dapat mencegah mesin terasa tidak bertenaga dan untuk menekan kadar gas buang pada mobil.

Perawatan yang OLXer dapat lakukan yaitu dengan membersihkan saringan bensin, saringan udara, busi, saringan oli, cek sistem pengapian. Ganti spare part yang fast moving pada mesin jika memang sudah waktunya atau ikuti aturan buku panduan.

2. Cek kompresi

Bila komponen kompresi bermasalah, bisa menyebabkan kadar emisi gas pada mobil bertambah. Keuntungan memperhatikan part yang satu ini juga bisa menjaga agar kompresi pada ruang bakar mesin tetap baik.

Namun jika mobil OLXer sudah bermasalah sebaiknya segeralah membawanya ke bengkel langgananmu. Hal itu menyangkut campuran udara pada bensin, tekanan kompresi, pengapian, kehausan mesin.

Jika hal ini diabaikan, maka bukan tak mungkin menyebabkan mobil jadi tidak lulus uji emisi dan harus ditanggapi dengan cepat untuk menjaga mesin mobil fit kembali.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here