Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips3 Alasan Kenapa Mobil Baru Perlu Diservis Rutin

    3 Alasan Kenapa Mobil Baru Perlu Diservis Rutin

    Tak sedikit pemilik mobil yang sama sekali mengerti soal seluk beluk jeroan mesin, kecanggihan teknologi yang dibenamkan, serta bagaimana fungsi fitur-fitur yang diterapkan digunakan.

    Pemilik mobil baru juga sering kali lupa kapan waktunya mobil yang baru dibeli untuk diservis. Tapi tenang, saat ini dealer-dealer dari berbagai merek sudah responsif, mereka memberi informasi untuk jadwal perawatan berupa servis, baik melalui pesan singkat, whatsapp, email, hingga panggilan langsung lewat sambungan telepon.

    Ya, pada dasarnya memiliki mobil baru berarti harus meluangkan waktu untuk melakukan perawatannya, termasuk ketika servis berkala. Pasalnya, servis adalah langkah yang sangat penting begi perawatan menyeluruh mobil.

    Mumpun lagi di rumah aja, OLXer harus tahu juga nih, kenapa servis pertama untuk mobil baru sangatlah penting. Oleh karena itu, menurut situs Wuling, ketika memiliki mobil baru ada baiknya memperhatikan tiga hal kapan waktunya diservis, antara lain;

    1. Jarak Tempuh

    Untuk mobil baru, disarankan agar mengirimkannya ke bengkel untuk servis reguler setelah mencapai jarak tertentu pada odometernya. Peraturan ini dibuat berdasarkan prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana mesin bekerja dan untuk mendapatkan beberapa informasi dari seluruh sistem yang ingin diambil oleh produsen untuk menghindari kemungkinan anomali pada mobil.

    Di Wuling, setiap mobil disarankan untuk membawa ke bengkel setiap 1.000 km, 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan seterusnya. Menariknya, untuk pemilik mobil Wuling, biaya layanan pemeliharaan gratis hingga mencapai 50.000 km atau 2,5 tahun. Tergantung yang mana dulu tercepat.

    Selain itu, ketika servis rutin, maka hal itu juga harus dilakukan penggantian seperti pada oli diferensial, filter udara, filter AC, dan beberapa hal lainnya. Selalu pastikan apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam garansi.

    2. Suku Cadang

    Ketika mobil masih dalam garansi, tidak disarankan untuk mengerjakan apapun terhadap suku cadang mobil  sendirian, karena ini akan membatalkan garansi. Beberapa diantaranya adalah bagian ban, karet, lampu, dan lain-lain.

    Dengan melakukan servis, maka mekanik akan memeriksa dengan seksama termasuk bagian demi bagian komponen. Tidak termasuk dalam garansi karena umur dalam jangka waktu penggunaan normal, silakan minta perwakilan dealer untuk mendapatkan daftar lengkap atau membacanya dari buku Manual Warranty.

    Namun untuk menjaga kondisi mobil tetap baik termasuk semua bagiannya, khusus mobil Wuling diberikan garansi 1 tahun atau dalam jarak 20.000 km pertama, mana saja yang lebih dulu.

    Hal baik lain tentang memiliki Wuling adalah bahwa setelah masa garansi berakhir, pemilik juga akan mendapatkan suku cadang seharga 20 persen lebih rendah.

    3. Mesin & Transmisi

    Mesin yang dipasang di setiap mobil telah melalui proses produksi dan kontrol kualitas yang saksama, namun setiap konsumen ingin merasakan keamanan total ketika membeli mobil. Karena itu, mesin dan transmisi perlu juga dilakukan pengecekan ketika servis.

    Khusus mobil Wuling, keamanan tersebut bisa didapat pada komponen utama mesin dan transmisi, akan dilindungi garansi 5 tahun atau dalam jarak 100.000 km pertama-mana yang lebih dulu.

    Perlu diingat juga bahwa servis reguler adalah suatu keharusan untuk meningkatkan kenyamanan saat mengemudi. OLXer lagi cari-cari mobil? Coba lihat di sini.

    Ayo bantu perangi COVID-19 dengan melakukan donasi untuk pembelian APD, caranya klik disini.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here