Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips3 Alasan Tak Boleh Mengemudi Jika Lelah dan Mengantuk

    3 Alasan Tak Boleh Mengemudi Jika Lelah dan Mengantuk

    Mengemudi mobil dengan niat untuk bepergian atau melakukan aktivitas rutin memang sah-sah saja. Akan tetapi, OLXer harus tau juga batasan waktu tidak mengemudi demi keselamatan.

    Ya, jika kondisi badan kurang fit atau lelah bahkan mengantuk, maka itu adalah tanda agar OLXer tidak melanjutkan perjalanan. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini hawa dingin dan sejuk akan mudah membuat Anda mengantuk.

    Adapun seperti dilansir Youngs Insurance, jika merasa lelah, sebaiknya tidak boleh mengemudi. Sebab, mengemudi tanpa tidur yang cukup adalah mengemudi yang berbahaya.

    Setidaknya ada tiga alasan utama mengapa sangat dilarang mengemudi ketika lelah.

    1. Mengemudi mengantuk berakibat fatal

    Mengemudi saat tubuh sangat lelah dan mengantuk sebenarnya dapat mengganggu cara OLXer mengemudi, seperti halnya pengaruh obat-obatan atau alkohol.

    Bahkan menurut data AAA Foundation 16,5 persen kecelakaan fatal di Amerika Serikat melibatkan pengemudi yang mengantuk.

    Ketika lelah, maka waktu reaksi yang ada pada tubuh melambat dan tingkat kesadaran menurun. Seorang pengemudi yang mengantuk bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mobilnya yang ada di depan akan berhenti. Setiap pengemudi akan menjadi pengemudi yang berbahaya ketika mereka lelah.

    2. Jam biologis tak bisa dibohongi

    Setiap orang memiliki jam biologisnya sendiri untuk memberi tahu mereka kapan harus tidur. Tidur sangat penting untuk kesehatan. Di antara tengah malam hingga pukul enam pagi, dorongan untuk tidur paling kuat. Kelelahan membuat pengemudi lebih mungkin mengalami kecelakaan selama waktu ini. J

    Selain itu, jam biologis juga membuat merasa lelah di sore hari, antara pukul satu hingga lima sore, menjadikan ini waktu berbahaya lainnya.

    3. Mengantuk tak bisa ditahan

    Tahukah OLXer bahwa beberapa orang dapat tertidur hingga empat menit sebelum mereka menyadari bahwa mereka sudah tidur? Artinya, ketika lelah dan mengantuk Anda tak bisa menahannya, dan tidak selalu bisa membuat diri Anda tetap terjaga sepanjang hari.

    Dari penelitian AAA Foundation menemukan, berdasarkan pengakuan korban kecelakaan menyebutkan 85 persen menyatakan mengantuk adalah cara mengemudi yang salah, sedangkan lebih dari 41 persen mengatakan ketika kecelakaan mereka tertidur saat mengemudi. Artinya, tertidur walau hanya beberapa detik bisa berakibat fatal.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here