Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips3 Hal Penting Wajib Tau Pemilik Motor Bebek Supaya Tak Mogok

    3 Hal Penting Wajib Tau Pemilik Motor Bebek Supaya Tak Mogok

    Sepeda motor jenis bebek memang tak lagi sepopuler dulu. Pasalnya, pamor motor bebek seakan bergeser karena keberadaan motor matik.

    Namun begitu, motor bebek juga memiliki kelebihannya, mulai dari dikenal tangguh dan juga irit bahan bakar.

    Hanya saja, agar motor bebek OLXer tetap dalam kondisi prima, maka sebaiknya lakukan dua hal ini agar tetap awet, seperti dianjurkan Wahana Honda, yaitu :

    1. Rajin Cek Oli

    Melakukan pengecekan oli merupakan hal dasar untuk merawat motor. Perlu diketahui oli adalah cairan yang akan membantu kinerja mesin, yaitu membuat mesin menjadi halus dan tidak mudah panas.

    Untuk itu, lakukanlah pergantian secara rutin agar performa mesin tidak loyo. Pergantian secara rutin ini dapat dilakukan ketika jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 km hingga 2.500km.

    Jika di konversikan, pergantian oli bisa dilakukan dalam waktu 2-3 bulan pemakaian rutin. Jangan menunggu oli menjadi kehitaman dan pekat karena hal ini akan menghambat kinerja mesin.

    2. Rajin cek dan kelistrikan

    Pengapian pada sepeda motor yang bermasalah sudah pasti akan membuat motor kesayangan menjadi ngadat dan mogok.

    Nah, pengapian motor bersumber dari busi. Jadi untuk menjaga pengapian tetap baik, lakukanlah pengecekan rutin pada busi.

    Pengecekannya sendiri cukup mudah, karena hanya memastikan busi dalam keadaan kering tanpa jelaga atau hangus dan tetap dalam keadaan kering.

    Jika busi sudah kotor atau lembab, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menghindari motor mati di jalan.

    3. Rajin Mengecek Kelistrikan

    OLXer juga harus lebih detail, dimana pada kelistrikan, motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik sebagai sumber energi tunggal dikarenakan kerja injektor ini terkomputerisasi dengan asupan listrik yang stabil. Untuk memudahkan perawatan, sebaiknya gunakanlah aki kering yang minim perawatan.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here