Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips3 Penyebab Air Hujan Masuk Melalui Kaca Jendela

    3 Penyebab Air Hujan Masuk Melalui Kaca Jendela

    Salah satu alasan seseorang ingin memiliki sebuah mobil tentu saja agar terhindar dari hujan saat bepergian. Namun, masalah pada mobil bisa saja terjadi ketika hujan, salah satunya bocor.

    Ya, air hujan masuk ke dalam kabin karena bocor akan sangat mengganggu, karena akan muncul bau tak sedap lantaran karpet menjadi basah dan lembab. Selain itu, jika lama-lama didiamkan, bukan tak mungkin akan muncul jamur dan juga karat.

    Nah, jika kasus ini terjadi, usut punya usut salah satu penyebabnya air masuk ke dalam kabin bisa melalui kaca jendela. Nah, berikut ini ada beberapa kemungkinan kenapa kaca jendela bisa membuat air masuk ke dalam kabin. Berikut ulasannya:

    1. Kesalahan instalasi

    Jika OLXer merasa kaca mobil tidak retak atau bolong namun air bisa masuk lewat jendela, bukan tak mungkin penyebab paling mungkin terjadi yaitu akibat penanganan atau pemasangan instalasi yang buruk,

    Terkadang, teknisi yang menangani kendaraan tidak berpengalaman, minimnya keahlian yang dimiliki, atau ketika melakukan penempelan karet kaca dan rangka mobil tidak dilakukan dengan baik.

    Oleh karena itu, kalau OLXer baru mengganti kaca depan, dan menyadari adanya gelembung udara dan kelembaban di sekitarnya, segera bawa mobil kembali ke ahlinya. Pastikan juga memilih ahli kaca mobil yang tepat untuk menangani komponen sepenting kaca depan.

    2. Kondisi cuaca saat pemasangan

    Mengganti kaca mobil saat musim hujan memang tidak disarankan. Sebab, saat hujan udara masih lembab, sehingga kemungkinan besar akan berpengaruh saat hendak pemasangan.

    Sebaliknya, jika dipaksakan maka lem sebagai perekat antara kaca, karet dan rangka mobil jadi tidak tersegel dengan baik. Alhasil, jika terkena air hujan juga dapat merembes ke dalam kabin mobil.

    Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemasangan kaca mobil saat cuaca panas. Jika tidak pastikan tempat pemasangan kaca memiliki tempat yang cukup baik dan mampu menyesuaikan suhu ruangan

    3. Mobil sudah berumur

    Salah satu penyebab kaca jendela mengalami kebocoran yaitu karena mobil sudah tua. Ya, untuk mobil lawas, biasanya menggunakan gasket karet untuk menutup kaca mobil. Nah, gasket karet ini bisa saja getas atau menjadi tidak menjadi melar seiring perjalanan waktu.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here