Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    Motor3 Ubahan Honda Rebel Terbaru Jadi Tambah Macho dan Modern

    3 Ubahan Honda Rebel Terbaru Jadi Tambah Macho dan Modern

    PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek sepeda motor Honda di Tanah Air meluncurkan Honda Rebel terbaru. Motor bergaya cruiser ini dilakukan penyegaran mulai dari fitur dan juga warna.

    Menurut Marketing Director PT AHM Thomas Wijaya, Honda Rebel ini sengaja dikembangkan untuk membuka imajinasi generasi muda melalui cara yang berbeda dengan sepeda motor cruiser lainnya

    “kata kunci pengembangan dari model ini adalah Simple dan Raw,” ujar Thomas saat peluncurannya di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

    Nah, mau tau apa saja yang berubah dari Honda Rebel teranyar ini, berikut ulasanya.

    1. Lampu LED

    Honda Rebel

    Untuk mendukung sisi tata cahaya sistem penerangan LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein yang berbentuk bulat.

    2. Tampilan panel meter digital

    Honda Rebel

    Ubahan yang terjadi pada panel meter digital membuatnya jadi lebih atraktif dan informatif. Perubahan perpindahan gigi kini terbaca di panel meter yang memiliki tampilan LCD negatif dan backlight biru yang mencolok dan mudah dibaca.

    3. Assist/Slipper Clutch

    Honda Rebel

    Honda Rebel juga semakin nyaman dan aman dengan dilengkapi fitur Assist/Slipper Clutch yang dapat mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi.

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, Honda Rebel hadir dengan tiga warna pilihan yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic dan Matte Jeans Blue Metallic. Sedangkan harga motor ini dipasarkan dengan Rp 169,2 juta, harga OTR (On The Road).

    Sekadar informasi, selain bagian-bagian di atas, sisanya masih sama, seperti desain motor ini disebut tak lekang oleh waktu dan mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet yang rendah dan ramping.

    Tangkinya diposisikan mendongak dengan kapasitas 11,2 liter serta stang kemudi lebar, sehingga pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor.

    Honda Rebel dibenamkan mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R. Motor ini juga sudah dilakukan perubahan settingan PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda dari yang berfokus pada performa rpm tinggi pada CBR menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran.

    Lihat saja, menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW @8.500rpm dan torsi maksimum 43,6Nm @5.500 rpm.

    Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1.

    Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

    Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0 mm dengan diameter katup buang 21,5mm.

    Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian.

     Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

    Untuk mendukung tampilan lowrider, rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara. Panjang trail diset pada 110mm dengan 28° rake; garpu offset suspensi dengan sudut 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490mm, menghasilkan ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

    Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spakbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here