Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Alasan Kendaraan Harus Selalu Isi Bensin Meski Jarang Dipakai

    4 Alasan Kendaraan Harus Selalu Isi Bensin Meski Jarang Dipakai

    Tak sedikit pemilik kendaraan sengaja membiarkan tangki mobil atau sepeda motornya tidak mengisi bahan bakar minyak (BBM) sampai full atau justru membiarkan kosong. Terlebih jika kendaraan tersebut tidak dipakai dalam waktu lama.

    Jika OLXer kerap melakukan hal tersebut, ada baiknya mulai stop. Pasalnya, jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan, maka yang akan terjadi justru akan menyebabkan masalah pada kendaraan Anda. 

    Nah, kali ini kita akan memberitahu ada beberapa masalah akan muncul jika tangki BBM kosong, antara lain:

    1. Muncul Karat

    Pada prinsipnya, tangki yang kosong membuat BBM lebih mudah menguap, apalagi disimpan di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari langsung. Pada akhirnya, uap yang menempel penyebab munculnya karat dan uap tersebut menciptakan munculnya air.

    Nah, timbunan air juga mengakibatkan karat atau korosi di dinding tangki bawah. Apalagi, air dan BBM tak bisa bercampur. Sebaliknya air memiliki massa lebih berat, sehingga akan turun ke bawah dan menempel langsung di tangki.

    Jika sudah muncul banyak karat, bukan tak mungkin tangki akan mudah bocor.

    2. Muncul Endapan

    Karena jarang diisi bensin, maka akan muncul karat dan karat tersebut terkadang rapuh sehingga terciptanya gumpalan kotoran di dalam tangki.

    Nah, jika tangki kotor maka hal tersebut akan terhisap oleh filter tangki, kemudian mempengaruhi sistem kerja fuel pump (mesin injeksi). Karena fuel pump sendiri merupakan alat yang mampu mendistribusikan BBM ke mesin.

    3. Mogok

    Jika fuel pump mengalirkan air mineral dari tangki, maka yang akan terjadi sistem pengapian di ruang bakar justru tak terjadi pembakaran, karena karburator atau injektor jadi bermasalah.

    Jika hal tersebut terjadi, maka motor atau mobil tak bisa dihidupkan. Cara yang harus ditempuh, tentu menguras terlebih dahulu tangki bahan bakar.

    4. Harap-Harap Cemas

    Karena jarang mengisi BBM, maka yang akan terjadi was-was terlebih ketika akan dikendarai. Sebab, OLXer akan merasa cemas jika bahan bakar habis ditambah tak ada tempat pengisian BBM.

    Karena itu, mobil atau motor yang kekurangan BBM berpotensi cepat mogok dan tentunya malas untuk mendorongnya.

    Oia, ada baiknya ketika mengisi BBM menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan pabrikan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here