Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil Bekas4 Cara Merawat Mobil Jika Sering Membawa Hewan Peliharaan

    4 Cara Merawat Mobil Jika Sering Membawa Hewan Peliharaan

    Sebagian pemilik hewan peliharaan, akan membawa binatang kesayangan untuk jalan-jalan adalah hal biasa. Termasuk ketika mengendarai sebuah mobil. Hal ini dilakukan karena mereka menganggap hewan peliharaan sudah menjadi bagian dari anggota keluarga.

    Hanya saja, jika membawa hewan peliharaan ke dalam mobil sudah pasti akan ada beberapa masalah yang muncul. Seperti halnya ketika membawa kucing atau anjing. 

    Ya kedua hewan peliharaan ini meski dikenal sangat jinak, namun ketika di dalam mobil mereka kerap berulah, mulai dari sering menggonggong, mencakar jok, mengeluarkan air liur dan buang air, muntah, bahkan meninggalkan bulu yang jumlahnya banyak.

    Anda tak perlu ragu jika memang masih ingin membawa hewan peliharaan ke dalam mobil. Asalkan, tahu bagaimana cara merawat mobilnya agar tidak bau dan rusak. Nah, berikut tipsnya :

    1. Bersihkan bulu-bulu

    Membawa hewan peliharaan anjing dan kucing harus ekstra hati-hati dan sabar. Bahkan ketika membawa hewan peliharaan ke dalam kabin harus rajin membersihkan jok dan karpet karena mereka akan meninggalkan banyak bulu yang menempel.  

    Pasalnya meski tidak merusak secara langsung, namun bulu-bulu hewan dapat membuat kesehatan Anda pengemudi atau penumpang lain terganggu, termasuk jika yang alergi terhadap bulu.

    Untuk membersihkan bulu-bulu hewan peliharaan di dalam mobil setidaknya ada beberapa cara cara cukup jitu yaitu menggunakan vacum cleaner, Roller Lint, atau memanfaatkan Selotip.

    2. Bersihkan kaca jendela

    Membersihkan bulu yang kasat mata pada bagian jok dan karpet saja tidak cukup. Oleh karena itu ada bagian mobil yang perlu dibersihkan. Ya, itu adalah bagian kaca.

    Seperti diketahui, khusus OLXer yang membawa anjing, biasanya hewan ini kerap kali ingin melihat atau keluar mobil. Nggak heran, hewan paling bersahabat dengan manusia ini kerap kali menempelkan hidung dan mulutnya ke kaca jendela.

    Tentu saja, jika hal ini terjadi, maka kaca jendela akan basah dan menjadi kotor. Oleh karena itu bersihkan kaca jendela dengan kain bersih atau lap microfiber secepatnya.

    3. Hilangkan bau

    Sering membawa hewan peliharaan ke dalam mobil dapat memuat aroma kabin ikut berubah. Terutama ketika membawa anjing yang doyan mengeluarkan baunya, seperti muntah atau pipis sehingga sampai menyerap ke lapisan jok.

    Melansir Car From Japan OLXer bisa menghilangkan baunya dengan cara menggunakan cairan pembersih yang aman untuk jok, kemudian taburkan soda kue di atas karpet, lalu diamkan selama 24 jam. Setelah itu, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan soda kue dari karpet.

    OLXer juga bisa menambahkan pengharum ruang yang baik. Atau bisa juga memberikan pengharum ruangan yang alami seperti kopi, daun pandan, bunga melati, atau sereh.

    4. Panggil jasa profesional

    Cara tepat untuk merawat kabin mobil setelah membawa hewan peliharaan yaitu dengan menggunakan jasa profesional. Kenapa? Karena sudah pasti mereka lebih ahli dan hasilnya bersih.

    Hal ini tentu karena memang mereka profesional yang bekerja di bidangnya dan mengetahui cara membersihkan kabin mobil yang baik. Dengan begitu, OLXer juga tak perlu repot melakukannya sendiri.

    Hanya saja, ketika menggunakan jasa profesional, OLXer harus memiliki budget khusus untuk membayarnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here