Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Cara Mudah Merawat Mobil Saat Musim Hujan

    4 Cara Mudah Merawat Mobil Saat Musim Hujan

    Tak dapat dipungkiri jika awal tahun kondisi cuaca di Indonesia kerap diguyur hujan. Bahkan beberapa wilayah diantaranya menjadi langganan banjir cukup parah.

    Nah saat musim hujan, hal ini kerap dianggap cukup menyebalkan khususnya bagi mereka yang memiliki sebuah kendaraan pribadi seperti halnya mobil.

    Bagaimana tidak, karena hujan hal ini menjadi dilema, apakah mobil tetap dicuci atau tidak. Sebab, jika dicuci maka bukan tak mungkin akan kembali kotor karena terus menerus terkena rintikan hujan.

    Nah, pada dasarnya OLXer tak perlu resah. Sebaliknya, saat musim hujan memang ada baiknya Anda lebih peduli pada agar mobil tetap terawat. Adapun hal yang perlu dilakukan saat musim hujan antara lain:

    1. Jangan membiasakan air hujan mengering

    Jika mobil OLXer terkena air hujan, maka sesudah sampai di tempat tujuan atau kondisi sudah reda ada baiknya langsung dilap hingga kering. Air hujan mengandung garam dan asam, jika tidak dilap bukan tak mungkin nantinya menimbulkan karat.

    Oia, OLXer jangan hanya cuma mengelap, ada baiknya tetap menggunakan sabun dan perlengkapan mencuci lainnya.

    2. Perhatikan bagian kaca dan karet-karet

    Jika masuk musim hujan bagian kaca dan karet-karet mobil perlu dilakukan perawatan secara ekstra. Hal ini karena bagian tersebut rentan getas atau retak dan juga bisa berjamur karena suhu di luar tetap berubah dari hujan ke panas atau sebaliknya.

    Untuk melakukan perawatan pada kaca dan karet-karet ada baiknya gunakan cairan silicon lalu semprotkan pada bagian-bagian yang ditentukan.

    3. Bersihkan segala sisi

    Tak hanya bodi, kebersihan harus tetap dilakukan di berbagai aspek, mulai dari mesin sampai interior. Nah, dari bagian dapur pacu ada baiknya membersihkan mesin dari air agar sejumlah komponen kering.

    Sedangkan pada bagian interior, hal yang tak boleh dilupakan yaitu tetap membersihkan bagian karpet dan jangan sampai basah karena bisa menyebabkan lembab.

    4. Simpan mobil di tempat atau tertutup atau di garasi

    Satu hal yang perlu dilakukan setelah mencuci mobil dan memberikan beragam cairan perawatan yaitu menyimpan mobil di tempat yang tertutup atau garasi.

    Hal ini tentu saja untuk menghindari mobil kembali terkena guyuran air hujan dan mencegah munculnya bercak atau jamur. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here