Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Service Sepeda Motor

    4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Service Sepeda Motor

    Memiliki sepeda motor sudah pasti wajib melakukan perawatan agar kondisinya selalu prima. Ya, selain merawatnya di rumah, service berkala sesuai perintah dari buku manual juga sangat dianjurkan.

    Namun OLXer harus tahu, jika merawat atau melakukan service di bengkel, sebaiknya mengetahui beberapa hal, agar motor yang diservis dilakukan secara benar.

    Maklum, mekanik yang menangani sepeda motor di bengkel, meski tersertifikasi, namun karena manusia tetap saja hal itu tak akan membuat pengerjaannya 100 persen sempurna. Sebaliknya, beberapa masalah kecil bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

    Oleh karena itu seperti dilansir Wahan Honda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan service sepeda motor, antara lain:

    1. Sebutkan keluhan secara mendetail

    Saat ke bengkel resmi, pemilik motor pasti akan ditanyakan mengenai keluhan–keluhan motor oleh pihak counter, yang berikutnya akan disampaikan kepada mekanik. Namun, tidak ada salahnya jika kita melakukan komunikasi langsung dengan mekanik agar penanganan motor sesuai dengan kebutuhan.

    2. Lakukan komunikasi Bersama mekanik

    Perlu dipahami bahwa setiap mekanik memiliki cara berbeda dalam menangani mesin motor. Jika ingin motor kesayanganmu mendapat penanganan yang tepat, alangkah baiknya untuk memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada mekanik mengenai gaya atau selera dalam berkendara.

    Jika ingin motor kesayanganmu tetap mendapatkan sentuhan yang maksimal, sebaiknya sebelum mekanik memulai pengerjaan, beritahu keluhan atau poin-poin penting yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

    3. Dengarkan pendapat dari mekanik

    Jika OLXer merasa ilmu mesin tidak besar, maka sebaiknya jangan mengabaikan info dari mekanik. Saat mekanik melakukan test drive sudah seharusnya OLXer mendengar masukan dari mekanik.

    Terkadang, kita sebagai rider kurang peka terhadap gejala kerusakan motor. Untuk mencegah kerusakan menjalar, sebaiknya serahkan masalah tersebut kepada mekanik.

    4. Sabar menunggu antrian

    Pada hari-hari tertentu biasanya bengkel selalu ramai. Hal ini wajar karena biasanya para biker melakukan servis motor pada akhir pekan. Antrean yang panjang ini sering kali membuat ingin mekanik sesegera mungkin menyelesaikannya.

    Ingat, saat motor sudah masuk bengkel, Anda berhak mendapatkan pelayanan terbaik sehingga pentingnya kooperatif dengan kinerja mekanik.

    Setelah motor kesayangan diservis, cobalah untuk mengendarainya sehingga Anda tahu apakah kondisinya sudah kembali prima atau belum. Hal ini untuk memastikan bahwa penanganan terhadap motor sudah benar-benar maksimal.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here