Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori4 Indikasi AC Mobil Kamu Rusak

    4 Indikasi AC Mobil Kamu Rusak

    JAKARTA – Salah satu faktor kenyamanan dari sebuah mobil adalah berkat hadirnya air conditioner (AC). Sebab, AC Mobil tak hanya menyejukan ketika cuaca panas, tetapi juga saat hujan mampu menghilangkan embun di kaca.

    Namun demikian, AC mobil juga bisa mengalami masalah yang penyebabnya berbeda-beda. Karena itu, situs resmi Daihatsu menginformaskan gejala-gejala AC mobil mulai rusak. Berikut ulasannya;

    1. Terdengar Suara Kasar

    Terdengar suara yang agak kasar saat tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC mulai bekerja.

    Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan, terdengar seperti suara kasar. Namun, jika digeser ke tombol off, suara kasar tersebut akan hilang. Ini merupakan tanda bahwa kompresor AC mobil bermasalah.

    2. Tekanan Kompresor Berkurang

    Tekanan pada kompresor berkurang. Hal ini ditandai dengan hembusan udara dari AC mobil yang terasa kurang dingin. Apalagi saat mesin mobil dijalankan dalam kecepatan rendah.

    Namun, ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara dari AC mobil akan mulai terasa dingin

    3. Freon Bocor

    Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis. Akibatnya AC tidak akan terasa dingin.

    Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Jika hal ini sudah terjadi, OLXer harus segera memperbaikinya. Bocornya gas freon akan menimbulkan efek samping yang berbahaya jika dihirup terus-menerus loh, Sahabat.

    4. Masalah Magnetic Clutch

    Permasalahan ini pada umumnya disadari dalam kondisi mobil yang sedang berada di jalanan macet atau saat mobil sedang berjalan merayap.

    Udara yang tadinya dingin, mendadak menjadi tidak dingin sama sekali. Namun, setelah dimatikan sesaat dan dihidupkan kembali, AC kembali berfungsi dan terasa dingin. Biasanya, diiringi rpm mobil yang tinggi, di atas angka 1 atau 1000 rpm.

    Jika hal-hal di atas sudah terjadi pada AC mobil, segeralah dilakukan perbaikan. Jangan dibiarkan terlalu lama apalagi dianggap akan betul dengan sendirinya. Jika itu terjadi bukan tak mungkin justru dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar atau merembet kesemua bagian. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait