Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaIni 4 Merek Mobil Dengan Tingkat Kepuasan Penjualan Tertinggi

    Ini 4 Merek Mobil Dengan Tingkat Kepuasan Penjualan Tertinggi

    Jakarta – J.D Power yang merupakan sebuah lembaga studi kepuasan konsumen independen baru saja merilis hasil survei tingkat kepuasan konsumen akan merek kendaraan yang dijual di Indonesia.

    Dari data yang disampaikan, merek mobil Mitsubishi menduduki peringkat pertama tingkat kepuasan penjualan tahun ini, mengungguli Toyota dan beberapa merek mobil ternama lainnya. 

    Sebelumnya, Mitsubishi juga berhasil meraih predikat merek dengan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dalam urusan layanan after sales atau CSI (Customer Satisfaction Index).

    Hasil survei Sales Satisfaction Index (SSI) :

    1. Mitsubishi Motors (skor 835 poin)

    2. Toyota (skor 834 poin)

    3. Suzuki (skor 828 poin)

    4. Honda (skor 828 poin)

    Dalam menghimpun data kepuasan konsumen ini, J.D Power melibatkan sebanyak 2.304 responden pembeli kendaraan baru periode 2018 dan Juni 2019. Dengan periode studi dari Januari hingga Agustus 2019. 

    Beberapa aspek yang menjadi acuan dalam mengukur tingkat kepuasan konsumen diantaranya fasilitas diler, sales, proses pengiriman unit, penyelesaian kesepakatan, serta penyelesaian dokumen.

    Jadwal Pengiriman Unit Meleset dari Janji Sales

    Riset J.D Power juga mengungkapkan bahwa tahun ini terjadi penurunan tingkat kepuasan konsumen dari aspek proses kirim unit mobil baru. 

    “Waktu untuk pengiriman mobil baru ke konsumen banyak yang meleset dari waktu yang dijanjikan pihak diler. Dan angka kepuasannya lebih buruk dari tahun lalu,” jelas Srabani Bandyopadhyay, Country Manager J.D Power untuk Indonesia, Rabu (25/9/2019).

    “Lebih dari sepertiga pembeli menunggu lebih lama dari yang diharapkan untuk pengiriman kendaraan dikarenakan masalah administrasi,” lanjutnya.

    Dari 2.304 responden yang melakukan pembelian mobil baru berbagai merek periode Juli 2018 sampai Juni 2019, 38 persen mengaku terlambat menerima kendaraan barunya. Persentase ini naik 10 persen dibanding hasil studi tahun lalu yang cuma mencapai 28 persen.

    Sementara 22 persen responden mengaku harus kembali lagi ke diler untuk mengurus masalah dokumen. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here