Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Penyebab Bodi Motor Kusam Jadi Tak Sedap Dipandang Mata

    4 Penyebab Bodi Motor Kusam Jadi Tak Sedap Dipandang Mata

    Sama seperti mobil, para pemilik sepeda motor juga sangat menyukai jika bodi tunggangannya bersih dan kinclong. Sebaliknya, jika kusam akan jadi tak sedap dipandang mata.

    Sebenarnya, jika bodi motor ingin tampak seperti baru, maka yang perlu OLXer lakukan hindari beberapa hal seperti yang disarankan Wahana Honda.

    Nah, mau tahu apa saja yang perlu dihindari, berikut ulasannya.

    Air hujan

    Salah satu resiko menggunakan kendaraan roda dua adalah kehujanan. Maka dari itu para bikers kerap membawa sebuah mantel saat bepergian.

    Oia, efek hujan sendiri ternyata tidak hanya berpengaruh pada pengendara saja. Lebih dari itu, motor juga bisa merasakan dampaknya. Seperti halnya bodi motor jadi kusam.

    Hal ini karena zat asam nitrat (NHO3) yang terbawa pada air hujan bisa merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi zat itu bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis.

    Berkaca dari kondisi tersebut, maka sebaiknya kita membilas motor setelah terkena hujan. Jika terkena air hujan dan membiarkannya mengering tanpa dibilas dan dilap, maka OLXer harus menanggung resikonya.

    Debu

    Debu menjadi sesuatu yang patut diwaspadai jika menempel pada body sepeda motor. Pasalnya debu yang terlalu lama berada di bagian motor bisa menyebabkan daya kilap berkurang. Alhasil, tampilan motormu terlihat kusam layaknya tidak pernah tersentuh air sangat lama.

    Resiko lain dari debu juga bisa menciptakan goresan pada cat motor. Kondisi ini disebabkan oleh partikel debu di body motor bila digosok kerap meninggal bekas.

    Oleh karena itu diperlukan cara khusus untuk membersihkannya. Salah satunya dengan membasuhnya menggunakan air bersih atau mengalir terlebih dahulu sebelum mengelapnya. 

    Salah mencuci motor

    Banyak pengendara roda dua mencuci tunggangannya dengan sabun yang tidak sesuai. Contohnya adalah dengan memandikan motor tercinta menggunakan sabun colek, detergen, dan shampoo rambut.

    Kendati hasilnya tetap bersih dan kinclong, namun bila terlalu sering digunakan bisa mempunyai efek buruk untuk cat motor. Sebab, bahan-bahan pencuci motor tadi mengandung zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor.

    Selain hal tersebut, ketika memandikan motor kalian juga perlu memperhatikan kondisi motor dan tempat melaksanakan hal tersebut. Maksudnya, usahakan kalau mencuci saat mesin dingin dan berada dalam kondisi teduh.

    Terpapar langsung sinar matahari

    Sinar matahari berupa radiasi sinar ultraviolet (UV) mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan warna cat motor kusam, pudar, atau menguning.

    Maka dari itu, usahakan cari tempat parkir yang teduh. Jika terpaksa parkir di tempat terbuka cari sesuatu bisa untuk menutupinya. Ya, mungkin dampaknya tidak akan cepat dirasakannya, namun jadi sebuah hal membahayakan untuk cat motor bila tidak diperhatikan serius.

    Kira-kira menurut OLXer apa lagi ya yang menyebabkan bodi motor cepat kusam?

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik Di SINI

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here