Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Penyebab Pintu Mobil Jadi Sulit Tertutup Rapat

    4 Penyebab Pintu Mobil Jadi Sulit Tertutup Rapat

    Mobil dengan usia di atas lima tahun kemungkinan lebih rentan mengalami masalah. Tak hanya mesin atau kaki-kaki saja yang kerap mengalami masalah, tapi pada bagian pintu, seperti sulit tertutup rapat juga sering kali terjadi. 

    Maka tak heran, cara untuk menutup pintu agar rapat biasanya pengemudi atau pengendara membantingnya hingga terdengar suara yang sangat keras. Namun, tak sedikit pintu tetap ngablak dan sulit tertutup rapat. 

    Nah, jika hal tersebut kini sedang dialami OLXer, maka cara yang harus dilakukan adalah lakukan perbaikan secepat mungkin. Pasalnya, jika dibiarkan telah lama, maka besar kemungkinan masalah dapat merembet ke bagian yang lainnya. 

    Sementara itu, seperti dilansir situs resmi Daihatsu, apabila tidak segera diperbaiki, maka rangkaian yang ada di dalamnya juga ikut kendur. Nah, berdampak pula pada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya menjadi bertambah banyak karena proses perbaikan pun semakin sulit.

    Untuk menambah ilmu otomotif dan pengetahuan seputar mobil, sebaiknya  OLXer juga harus apa saja penyebab pintu mobil tak bisa tertutup rapat, yaitu: 

    1. Membanting pintu

    Peranti pengait atau door lock bisa aus karena terlalu sering menutup pintu dengan tenaga yang cukup kuat dan keras, akan ada persoalan dan timbul masalah. Padahal peranti pengait, berfungsi sebagai pengait jangkar dari daun pintu sesaat setelah daun pintu ditutup.

    Masalah pada peranti pengait, tidak hanya bisa terjadi pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Mobil baru juga bisa mengalami hal serupa apabila OLXer sering menutup pintu dengan hentakan yang kuat dan keras. 

    Oleh karena itu untuk mencegah dan mengatasi persoalan tersebut, maka jangan menutup pintu dengan hentakan yang kuat dan keras. 

       2. Kemasukan air

    Saat mobil dicuci dengan tekanan air yang tinggi dari steam dan pintu tidak tertutup rapat, tentu bisa saja menyebabkan air masuk ke peranti tersebut. Akibatnya, peranti pengait atau door lock akan mengering sehingga menjadi seret saat daun pintu ditutup.

    Oleh karena itu, ketika mencuci mobil, pastikan pintu mobil sudah tertutup rapat sehingga tidak ada air yang masuk ke peranti pengait. 

    Agar peranti pengait bekerja dengan maksimal, berikan grease atau cairan pelumas secara rutin.

    3. Pintu terbuka lama

    Masalah pada pintu yang sulit ditutup rapat bisa juga dialami pada mobil-mobil keluaran baru. Hal ini disebabkan pintu mobil sering dibuka dan daun pintu menggantung terlalu lama. Akibatnya posisi engsel pintu bisa mengalami penurunan.

    Nah, penyebab umum engsel pintu mobil menjadi turun juga tak ditampik karena usia mobil yang memang sudah di atas lima tahun. 

    Perlu dicatat, meskipun hanya seperempat atau setengah milimeter, jika daun pintu terlalu lama dibiarkan menggantung, pergeseran dan penurunan engsel akan bertambah.

    Cara mencegah dan mengatasinya sangat mudah. Jangan biarkan daun pintu kerap menggantung terlalu lama saat membukanya. Jika hal itu sudah terjadi, kamu bisa memberikan cairan pelumas ke engsel pintu.

    4. Karet getas

    Pada bagian pintu, biasanya dikelilingi oleh karet untuk meredam suara dan juga pintu tertutup dengan rapat tanpa mengeluarkan suara kencang. 

    Namun, tak jarang karet dapat bergeser atau penggantian karet dengan ketebalan yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab pintu mobil sulit tertutup dengan rapat. 

    Persoalan karet pintu mengeras terjadi seiring dengan usia pakai mobil yang sudah di atas lima tahun. Namun, sebetulnya hal ini bisa saja terjadi pada mobil baru apabila posisi karet bermasalah.

    Cara mencegahnya mudah, yaitu merawat karet pintu dengan baik. Selain itu, bila ingin menggantinya, pilihlah bahan yang tepat dan dengan ketebalan yang tepat juga.

    Kalau menurut OLXer, kira-kira apalagi ya masalah pada pintu mobil sulit tertutup rapat?

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here