Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Penyebab Mobil Mengeluarkan Suara Dengung

    4 Penyebab Mobil Mengeluarkan Suara Dengung

    Suara berisik dan tak jelas kerap kali mengganggu konsentrasi saat mengemudi mobil. Tidak hanya berasal dari ramainya kendaraan di jalanan, suara mengganggu bisa saja muncul dari mobil yang kita kendarai. 

    Pada umumnya, penyebab suara dengung banyak sekali faktor. Nah mau tau apa saja sumbernya? Berikut ulasannya:

    1. Ban Benjol atau Bergelombang

    Kondisi ban benjol atau bergelombang biasanya membuat permukaan atau tapak ban menjadi tidak rata. Hal ini pula menimbulkan suara dengung. Biasanya,  suara tersebut akan muncul saat kendaraan melaju di atas kecepatan 60 km/jam. 

    Setelah itu, suara dengung perlahan akan berkurang saat mobil melaju semakin kencang dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Adapun ban menjadi benjol bisa disebabkan kurangnya tekanan udara, dan ban sering menghantam lubang.

    2. Bearing atau Laher As Roda

    Jika pengecekan terhadap ban diketahui tidak terjadi masalah, indikasi suara dengung bisa dikarenakan masalah pada bearing atau laher roda. 

    Biasanya, suara dengung akan timbul saat mobil melaju di atas 40 km/jam. Semakin kendaraan melaju lebih cepat, suara dengung di dalam kendaraan akan terus meningkat.

    3. Joint Kopel

    Komponen yang satu ini umumnya terdapat di mobil berpenggerak roda belakang maupun 4WD. Joint kopel bertugas sebagai penghubung antara tiang kopel dengan gardan. 

    Joint kopel juga berfungsi sebagai peredam hentakan saat tenaga dari mesin disalurkan ke arah penggerak roda. Jika peredam sudah mulai melemah, biasanya akan menimbulkan suara dengung saat mobil melaju di kecepatan 60 km/jam. Tidak hanya itu, getaran akan sangat terasa jika mobil sedang berlari di kecepatan tinggi.

    4. Gigi Nanas

    Salah satu penyebab suara dengung juga bisa timbul dari crown wheel atau ‘gigi nanas’ yang berada di dalam sistem penggerak gardan. 

    Biasanya pemilik kendaraan telat mengganti pelumas gardan sehingga komponen ini mengalami aus. Padahal, pelumas gardan wajib dilakukan pergantian setiap 40 ribu km. 

    Suara dengung akan jelas terdengar saat kendaraan melaju di atas 60 km/jam. Gejala yang terjadi hampir sama dengan kerusakan yang disebabkan oleh bearing/laher. 

    Jika OLXer masih ragu, ada baiknya OLXer langsung mengunjungi bengkel terpercaya untuk mengetahui penyebabnya. (End)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here