Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Tanda Bahwa Kaca Mobil Depan Perlu Diganti

    4 Tanda Bahwa Kaca Mobil Depan Perlu Diganti

    Layaknya bagian body, kaca mobil juga butuh perawatan dan dibersihkan secara rutin. Tentu saja hal ini agar jarak pandang pengemudi maupun penumpang terlihat jelas. 

    Ya, kaca mobil sejatinya memiliki peran sangat penting, karena kaca mobil melindungi pengemudi dan penumpang, dari puing-puing, debu, kerikil yang beterbangan, hujan, angin, dan lainnya.

    Kaca mobil menjadi pelindung, karena jadi lapisan pertama sebelum terjadi benturan keras dan juga dapat menahan ketika terjadi tabrakan.

    Namun OLXer juga harus tau kalau kaca mobil juga bisa saja harus diganti jika terjadi beberapa masalah berikut ini:

    1. Ada retakan atau lubang

    Ketika kaca mobil mengalami retakan atau berlubang, tentu saja hal ini perlu diganti atau bisa juga direparasi. Sebab, ada kemungkinan kaca mobil tidak perlu diganti jika retak masih halus dan sedikit, serta apabila ada lubang itu pun sangat kecil kurang dari tiga centimeter. 

    Dengan adanya retakan, bukan tak mungkin kaca mobil jadi lebih sering memantulkan cahaya sehingga menyebabkan pengemudi jadi tidak fokus mengemudi.

    2. Goresan yang menghalangi pengemudi

    Retakan dan goresan jelas berbeda. Sebab goresan pada kaca bisanya hanya terjadi pada lapisan paling luar saja. Akan tetapi, jika goresannya sangat banyak maka menggantinya jadi cara yang paling tepat.

    Oia, OLXer harus tahu, goresan pada kaca bermacam-macam penyebabnya, bisa karena hapusan wiper, power window, hingga kesalahan ketika membersihkan mobil. 

    Satu yang pasti, goresan pada permukaan kaca depan mobil dapat menghambat jarak pandang secara signifikan. Terutama saat mengemudi pada malam hari.

    3. Terdengar siulan dari kaca

    Ketika OLXer mengemudi dengan kecepatan tinggi dan mendengar suara siulan, maka kemungkinan besar itu berasal dari celah antara kaca depan dan rangka mobil. 

    Apabila peristiwa ini OLXer alami, maka hal tersebut merupakan indikasi adanya kebocoran udara melalui kaca mobil. 

    Ya, kebocoran udara dapat mengganggu kontrol suhu di dalam kabin. Sebab, pengemudi dan penumpang akan terkena imbas dari suhu udara di luar. 

    4. Kualitas kaca rendah

    Kaca mobil juga bisa mengalami pergeseran. Biasanya, tanda kaca bergeser yaitu pemandangan yang biasa terlihat dari kaca depan menjadi kabur. Masalah kaca bergeser bisa juga karena pemasangan yang tidak tepat, atau kualitas kaca rendah.

    Terkadang, kaca berkualitas rendah lebih cepat gelombang dan benjolan di atasnya. Kaca berkualitas rendah juga tidak cukup keras dan mudah pecah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kualitas kaca dan menggantinya dengan benar.

    Kaca yang dipasang secara tidak benar menyebabkan hambatan dalam penyebaran kantung udara, membuat pengemudi dan orang-orang di dalamnya berisiko mengalami cedera serius.

    Semua masalah pada kaca mobil memang bisa saja tidak diganti yang baru, tergantung dari seberapa besar masalah yang terjadi. 

    Namun sebaliknya, apabila kaca mobil bermasalah tidak diganti secara tepat waktu, maka dapat mengakibatkan kaca mobil menjadi lemah, termasuk bisa sangat membahayakan pengemudi dan penumpang.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here