Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips4 Tips Aman Naik Sepeda Motor Kopling Saat Melewati Tanjakan dan Turunan

    4 Tips Aman Naik Sepeda Motor Kopling Saat Melewati Tanjakan dan Turunan

    Ribet, begitulah jika ada yang menyebut ketika menggunakan motor sport yang dilengkapi kopling. Padahal bagi sebagian orang, mengendarai motor kopling dapat memberikan kesan sporty dan macho pada penunggangnya.

    Tidak hanya itu, hingga saat ini pun keberadaan motor kopling tetap jadi pilihan masyarakat. Untuk mengetahui kenapa motor kopling tetap dipilih lihat artikel 6 Alasan Motor Kopling Manual Masih Banyak Peminat.

    Namun yang jadi masalah yaitu naik motor kopling memang tidak semudah mengendarai motor bebek maupun skuter matik. Karena otak kita harus bekerja sama ketika tangan memainkan tuas kopling dan gas.

    Pasalnya, terkadang jika tak ahli menggunakan kopling, maka motor selalu akan mati sebelum melaju. Terlebih ketika kondisi jalan yang hendak dilalui merupakan tanjakan dan turunan, tentu akan lebih mencemaskan.

    Karena itu sebaiknya OLXer tahu cara mengendarai motor kopling sebelum dipacu. Apalagi harus melewati tanjakan dan turunan. Nah, Bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips dari dealer motor Honda Wahana yang bisa OLXer terapkan:

    1. Ajak yang sudah berpengalaman

    Hal pertama yang paling penting adalah berdoa agar selamat sampai tujuan. Kemudian, ajak teman yang sudah berpengalaman, untuk mempelajari cara mengendarai motor kopling, harus tetap diawasi selama perjalanan.

    Cara mengendarai motor kopling sendiri sebenarnya sangat mudah. OLXer hanya harus membiasakan tangan kiri untuk melepas kopling di saat yang benar.

    Nah, kapankah saat yang benar untuk melepas kopling? Akan lebih mudah jika  menggunakan intuisi saat sudah menaiki motor. Dengan melatih intuisi dan feeling, OLXer tidak akan kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual manapun.

    2. Menuju ke tanjakan

    Setelah merasa lancer melaju di jalanan datar, maka saat melaju di tanjakan. Karena jalan raya gak melulu datar, kadang menanjak, menurun dan berkelok. Lakukan hal ini jika kamu mengetahui ada tanjakan di depan:

    • Jaga kecepatan agar tidak turun, modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.

    • Pastikan ada di persneling 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar gak akan kuat untuk mendorong motor dari tanjakan.

    • Ketika kecepatan melambat seiring menanjaknya motor, turunkan persneling di gigi 2. Moto akan sedikit meraung karena di gigi 2 motor akan mendapatkan daya dorong yang lebih optimal daripada gigi persneling sebelumnya.

    • Jika masih dirasa tidak kuat untuk menanjak, segera oper ke gigi satu. Ingat, pastikan di gigi satu jangan sampai salah oper ke gigi netral, bukannya menanjak malah mundur teratur motornya.

    • Setelah sampai di ujung tanjakan, maka bersiaplah untuk menemui tanjakan atau mungkin turunan yang ada di depan nanti.

    3. Jangan menaikkan gigi persneling saat masih menanjak

    Ada beberapa larangan tentang cara mengendarai motor kopling di tanjakan. Salah satunya adalah mengoper persneling ke gigi yang lebih besar.

    Walaupun dalam kecepatan yang tinggi, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Ditakutkan motor akan kehilangan daya dorong, dan membuat pengendara panik sehingga motor mati di tengah perjalanan.

    Selain itu tidak disarankan untuk mendahului pengendara lain pada tanjakan, kecuali pengendara tersebut berjalan sangat pelan dan memang layak untuk disusul.

    4. Tanjakan udah, saatnya turunan

    Motor Kopling
    Ilustrasi mengendarai motor kopling saat melewati jalanan menurun. (Shutterstock)

    Ketika sudah melalui tanjakan, itu artinya kita siap maju selangkah untuk mempelajari motor kopling. Walaupun awalnya sulit, nantinya keahlian ini akan membuatmu nyaman berkendara.

    Nah karena harus tau bagaimana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Ini adalah tips untuk OLXer saat melalui turunan menggunakan motor kopling.

    • Waspada akan adanya gang dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping.

    • Gunakan engine brake untuk membantu pengereman.

    • Gunakan persneling tiga untuk kenyamanan dalam turunan.

    • Jika turunannya benar – benar sepi dan kamu sangat mengenal jalannya, kamu bisa membuat mesin loss dengan cara menarik tuas kopling, sehingga kamu bisa menghemat penggunaan bahan bakar motor.

    Tapi OLXer harus hati – hati, karena dengan menarik tuas kopling motor akan melaju kencang di turunan karena tidak terbebani putaran mesin.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here