Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    InformasiKomunitas5 Alasan Kenapa Perlu Gabung Dengan Club atau Komunitas Otomotif

    5 Alasan Kenapa Perlu Gabung Dengan Club atau Komunitas Otomotif

    Klub atau komunitas otomotif khusus sepeda motor maupun mobil kini sudah merajalela. Bahkan, tak jarang setiap jenis model motor atau mobil, itu pasti punya club masing-masing.

    Klub motor atau mobil juga tak hanya berasal dari kalangan model terbaru, sebaliknya motor dan mobil antik atau lawas pun memilikinya.

    Oia, klub atau komunitas ini, tidak sama dengan geng motor atau mobil ya. Jika mengusung kata geng, biasanya mereka merupakan sekumpulan orang yang hobi bersepeda motor atau mengendarai mobil dengan tujuan konvoi maupun touring.

    Hanya saja, makin hari geng motor kerap meresahkan, karena kerap melakukan aksi kejahatan mulai dari pemerasan, hingga pengeroyokan hingga jatuh korban. Tentu ini sangat meresahkan masyarakat.

    Beda dengan klub atau komunitas yang biasanya memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebagai pedoman mengenai aturan bagi anggota organisasi. Mereka juga kerap melakukan berbagai aktivitas positif, seperti kegiatan sosial.

    Nah, bicara soal club atau komunitas motor atau mobil, sering kali masyarakat awam hanya menilai jika mereka yang tergabung hanya sekadar nongkrong atau berkumpul tanpa kejelasan.

    Padahal, menurut Wahana Honda, ada beberapa manfaat jika bergabung dengan klub motor atau mobil. Nah, mau tahu apa saja manfaatnya, bisa lihat ulasannya di bawa ini;

    1.Dapat Ilmu Banyak

    Manfaat pertama jika bergabung dengan sebuah klub motor adalah ilmu yang bisa serap. Selain itu biasanya ada seorang senior yang disegani di sebuah perkumpulan pecinta otomotif. Nah sesepuh seperti ini yang perlu dikorek ilmunya.

    Ilmu apa saja yang perlu dicari? Jadi setiap motor itu kan ada karakteristiknya sendiri-sendiri. Nah, yang perlu dicari adalah mengenali motor lebih baik lagi dengan berbagi pandangan dengan teman-teman di club.

    2. Bantuan Sparepart Saat Urgent

    Di jaman sekarang, club motor sudah sangat terorganisir dan sangat mudah mendapatkan kontaknya, melalui group.

    Bahkan menariknya, jika OLXer yang sudah bergabung dengan klub, jika kendaraan mengalami masalah di jalan, maka biasanya bantuan akan banyak mengalir, seperti halnya sparepart di saat keadaan urgent.

    Biasanya pinjam-meminjam antar rekan se-klub itu hal yang lumrah. Asal kita harus bertanggung jawab, dan tidak hanya muncul ketika butuh saja. Sebaliknya, mereka akan senang hati untuk bantuin teman yang sedang membutuhkan pertolongan

    3. Ajang Silaturahmi

    Komunitas motor Honda
    Sejumlah anggota komunitas sepeda motor Honda melakukan permainan tarik tambang. (Honda)

    Karena klub atau komunitas sering melakukan perkumpulan, maka hal itu bisa merupakan bentuk dari menjaga tali silaturahmi. Dengan sering ngumpul, mereka beranggapan akan semakin banyak saudara-saudara baru.

    Bahkan kadang banyak yang akrab dengan rider dari luar kota. Jadi jika nantinya OLXer melancong ke kota mereka, pasti akan disambut dengan senang hati.

    4. Berbagi Wawasan dan Pengalaman dengan Driver Lain

    Ikut klub atau komunitas juga bisa menambah wawasan berkendara dan pengalaman di jalanan. Ada pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik.

    Oleh karena itu, walaupun OLXer masih amatir dan kurang pengalaman, namun bisa saja belajar dari pengalaman orang lain. Tentunya untuk menjadi pengendara motor yang lebih baik.

    5. Membangun Karakter dan Jiwa Sosial

    Ikut tergabung club atau komunitas memang kerap menimbulkan tingginya jiwa sosial di masyarakat. Ya, club atau komunitas motor dan mobil tidak hanya sekadar touring atau konvoi, mereka juga melakukan bakti sosial dan berbagi dengan mereka yang kurang mampu.

    Hal ini pula yang membuat klub atau komunitas motor kerap hadir membantu langsung di lokasi bencana alam.

    Nah, menurut apakah ada lagi manfaat bergabung dengan klub atau komunitas selain ulasan seperti di atas? 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here