Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilReview5 Alasan Mengapa Porsche Macan Jadi Compact SUV Paling Istimewa

    5 Alasan Mengapa Porsche Macan Jadi Compact SUV Paling Istimewa

    Salah satu model compact SUV terbaik yang ada di dunia adalah Porsche Macan, dimana awalnya Porsche sempat menamakan mobil tersebut dengan Cajun, singkatan dari Cayenne Junior. Lalu kemudian resmi berubah menjadi Porsche Macan pada tanggal 16 Februari 2012. 

    Penamaan untuk model ini memang terbilang istimewa, karena diambil dari kosakata bahasa Jawa, ‘Macan’ yang berarti ‘Harimau’, menggambarkan karakter mobil compact SUV lansiran Jerman ini sebagai mobil yang lincah, kuat, istimewa dan dinamis. 

    Untuk pasar Indonesia sendiri, Porsche Macan hadir pertama kali pada Juni 2014 melalui PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek Porsche di Indonesia sampai sekarang. 

    Kemudian model ini berlanjut di 2019, saat Eurokars kembali menghadirkan model terbaru, New Porsche Macan yang ditawarkan dalam dua varian, New Porsche Macan dan New Porsche Macan S.

    Banyak sekali alasan yang menjadikan mengapa mobil jenama Jerman ini begitu istimewa, khususnya di kalangan para pecinta sports car di Tanah Air. Tapi dari semua keunggulannya, setidaknya ada 5 hal yang membuat Porsche Macan menjadi istimewa.

    1. Desain Eksterior dan Interior Paling Paripurna

    • Eksterior

    Tentu bukanlah sebuah hal yang mengherankan di saat semua orang di dunia begitu terpukau dengan bentukan model-model Porsche secara keseluruhan. Siapa sih yang tidak pernah bermimpi untuk bisa memiliki sports car yang dibuat di Stuttgart, Jerman ini?

    Begitu juga dengan Porsche Macan yang didesain untuk memiliki tampilan yang paripurna, lebih ramping dengan sudut-sudut tajam khas mobil eksotis yang tidak pernah lelah memancing semua mata menatap pesonanya. 

    Dibandingkan dengan compact SUV lainnya, desain Porsche Macan menekankan garis-garis yang mulus tidak terputus dengan lekukan-lekukan yang sangat menawan.

    Tampilan depannya dibuat lebih lebar dan lebih rendah dibandingkan dengan model pertamanya yang hadir di tahun 2014. Ini bertujuan untuk meningkatkan aerodinamika mobil. 

    Sementara untuk urusan pencahayaan, jika sebelumnya headlamp depan mengandalkan dua lampu proyektor, sekarang dibuat lebih ringkas menjadi satu proyektor dengan 4 titik LED. 

    Sistem pencahayaan tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Porsche Dynamic Light System (PDLS) yang akan menyesuaikan distribusi cahaya dengan kecepatan mobil. 

    Teknologi Lampu yang dinamis akan mengubah arah penerangan lampu depan utama untuk mengikuti tikungan, tergantung sudut kemudi dan kecepatan mengemudi. Sedangkan lampu sein statis mengaktifkan lampu depan tambahan untuk menerangi tikungan atau belokan sempit. 

    Di bagian belakang desain lampu dibuat lebih modern dengan LED horizontal tiga dimensi terintegrasi. Desain tersebut mengadopsi tampilan pada Cayenne dan Panamera. Sedangkan bahu yang lebar di atas roda pada eksterior belakang mengingatkan kita pada Porsche 911.

    Perpaduan desain-desain terbaik dari model Porsche yang pernah dibuat, dipadu padankan dalam satu kemewahan compact SUV, New Porsche Macan. 

    Menjelajah dari depan ke belakang pada sisi samping body, terdapat tweak kecil yang semakin menegaskan kesan body atletis, ditambah aplikasi desain velg terbaru berukuran 20 dan 21 inch, New Porsche Macan kini terlihat lebih kokoh. 

    • Interior

    Sebagai mobil dengan harga yang ‘wah’, sudah selayaknya Porsche Macan dibekali dengan semua hal yang berbau luxury, termasuk penawaran sisi interior yang mewah, nyaman dan membuat pemiliknya betah berlama-lama di dalamnya. 

    Dari seluruh model yang pernah dibuat Porsche, termasuk Macan lansiran pertama, nilai kemewahan tersebut memang tidak pernah lepas. Bahkan untuk Macan terbaru ini ada peningkatan nilai luxury

    Dasbor Macan kini mendapatkan layar sistem sentuh berukuran besar, 10.9 inci untuk menggantikan layar sentuh sebelumnya yang hanya berukuran 7.0 inci. Kemudian konektivitas antara pengemudi dengan mobil lewat fitur perintah suara menawarkan respons lebih cepat setelah dilakukan upgrade software. 

    Sport seat di baris pertama juga merupakan jaminan pemilik mobil New Porsche Macan untuk betah duduk berkendara jarak jauh, dipeluk kualitas bahan jok yang merupakan terbaik di kelasnya. 

    Sementara fitur sunroof juga tidak ketinggalan menambah keceriaan berkendara bersama Macan. 

    2. Compact SUV dengan Fitur Paling Lengkap

    Menyoal sisi fitur yang ada di dalamnya, New Porsche Macan sudah menyediakan seluruhnya tanpa tertinggal satupun. Tapi elemen kunci dari fitur Porsche Macan terbaru adalah penambahan koneksi Here Cloud, sistem yang memberikan data lalu lintas berbasis keramaian. 

    Kemudian disusul fitur baru lainnya, yakni Offroad Precision App yang berfungsi untuk merekam pengalaman mengemudi mereka di jalur ekstrim. 

    Melalui fitur ini, mengajak New Porsche Macan melewati medan offroad pun bukan lagi masalah karena aplikasi tersebut akan menampilkan tutorial untuk memandu pemilik mobil menjadi terampil mengemudi di medan yang berat. 

    Istimewanya, karena aplikasi ini akan mencatat dan mengevaluasi semua progress yang dicapai, dimana seluruh pencapaian keterampilan pengemudi bisa dibagikan kepada pemilik Macan lainnya.

    Porsche juga meningkatkan fitur keselamatan di model Macan terbaru, termasuk fitur Traffic Jam Assist yang membantu proses akselerasi dan pengereman di kecepatan hingga 65 km/jam. Sistem ini sekaligus menjadikan lingkar kemudi lebih ringan ketika mobil terjebak di kemacetan. 

    3. Mesin Sangat Bertenaga

    New Porsche Macan dijual di Indonesia dalam dua varian, standar dan Macan S yang jika disorot sektor performanya, keduanya memberikan sensasi yang berbeda, namun tetap sama-sama fun to drive

    Porsche New Macan dibekali mesin 2.000 cc dengan kubikasi 1.984 cc, turbocharger 4-silinder yang sudah mendapat penyempurnaan. Tenaga maksimal mesin ini menjanjikan hingga sebesar 252 PS di putaran mesin 5.000 sampai 6.750 rpm dengan torsi maksimum 370 Nm yang dicapai pada 1.600 hingga 4.500 rpm. 

    Sementara untuk varian New Porsche Macan S, menawarkan performa mesin yang jauh lebih tinggi dibandingkan versi standar. Mengusung mesin V6 3.000 cc berkubikasi 2.997 cc, turbocharger, tenaga yang dihasilkan mencapai 354 PS dan torsi 480 Nm di 1360 – 4800 rpm.  

    Kekuatan ini mampu mendorong Porsche Macan S mencapai puncak kecepatan hingga 254 km/jam dan melesat dari posisi diam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 5,4 detik. 

    Tenaga dari kedua mesin Porsche Macan yang berbeda tersebut disalurkan ke transmisi dual clutch 7-percepatan yang bisa dimainkan melalui tuas paddle shift di belakang lingkar kemudi. 

    4. Compact SUV Serba Guna

    Dikategorikan sebagai mobil luxury, New Porsche Macan tidak hanya memberikan kebanggaan bagi pemiliknya, tapi sekaligus menawarkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari maupun kepraktisan ketika diajak berpetualang menelusuri tempat-tempat indah di berbagai tempat.

    Aplikasi roof rail dengan penggunaan material berkualitas hadir sebagai opsional untuk semua varian Macan dengan kemampuan menahan beban hingga 75 kg. 

    Kompartemen bagasi dengan kapasitas 488 liter menawarkan ruang penyimpanan yang cukup lega. Apalagi kursi bagian belakang juga bisa dilipat dengan komposisi 40: 20: 40 mampu menambah kapasitas muat hingga 1.503 liter.

    Memudahkan pemilik Porsche Macan dalam memuat barang, hadir air suspension opsional yang bisa menurunkan body belakang hingga 30 mm dengan cara menekan tombol di kompartemen bagasi.

    Begitu juga dengan bukaan pintu belakang yang bisa disesuaikan sehingga memungkinkan dalam memberikan jarak yang aman dengan atap plafon garasi rumah. 

    Adaptasi sport seats memberikan sebuah kenyamanan ketika berkendara menempuh jarak yang cukup jauh dengan kemampuan adjustment 18-way. Fitur ini secara optimal dapat memenuhi kebutuhan penyesuaian ketinggian tempat duduk, sudut squab dan sandaran, panjang jok kursi, maju/mundur jok serta penyangga pinggang. 

    Menawarkan kepada siapapun yang duduk di belakang lingkar kemudi sebuah posisi yang sangat ideal untuk berkendara santai dan praktis. 

    Begitu juga dengan ketersediaan sound system yang menyediakan standar suara terbaik dari BOSE® Surround Sound-System. Sistem suara yang diadaptasi secara optimal ke model Macan. 

    Dengan jumlah 14 speaker, termasuk subwoofer dan speaker tengah, serta 14 saluran amplifier dengan total output 665 watt, tentu urusan mendengarkan musik kesayangan menjadi hal yang mengesankan.

    Porsche Communication Management (PCM) dengan sistem layar sentuh berukuran 10,9 inci menjadi pusat kendali untuk audio, navigasi, dan komunikasi. Sebagai bagian dari layanan navigasi dan infotainment, navigasi online pada Porsche Macan kini menyediakan informasi lalu-lintas secara real-time, jangan pernah lagi khawatir terjebak dalam kemacetan, karena bersama compact SUV ini, Anda akan selalu berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. 

    Apple CarPlay juga tersedia secara opsional memungkinkan pemilik mobil  dengan mudah terkoneksi ke perangkat iPhone melalui PCM. Dengan mirroring serta fitur pengenalan suara Siri, rutinitas bisa berjalan tanpa harus mengganggu konsentrasi saat berkendara. Sayangnya, ini hanya bisa dilakukan bagi pemilik iPhone saja, untuk Android belum tersedia. 

    Kompartemen smartphone yang sekaligus berfungsi sebagai charger tersedia secara opsional. Dengan memiliki kompartemen tersebut, gawai pemilik akan terintegrasi lebih baik ke dalam kendaraan, dimana sambungan langsung ke antena luar mobil juga memberikan efek konsumsi baterai smartphone yang lebih irit serta kualitas penerimaan telepon yang lebih baik. 

    Dengan seluruh keunggulan yang ditawarkan New Porsche Macan, rutinitas sehari-hari para pemiliknya semakin berwarna. Begitupun saat diajak berpetualang mengunjungi tempat-tempat istimewa, keduanya sama-sama menyenangkan bersama Porsche Macan. 

    5. Peraih Berbagai Penghargaan Internasional

    Panjangnya daftar pencapaian prestasi New Porsche Macan tentu menjadi penambah keyakinan bahwa semua pemilik compact SUV luxury Porsche ini adalah orang yang smart dalam memiliki satu diantara 10 SUV terbaik di jagad raya. 

    Dalam rentang tahun saat pertama kali diluncurkan, Porsche Macan sudah berhasil menerima berbagai penghargaan mobil terbaik. 

    Ajang Kelley Blue Book merupakan salah satu ajang penghargaan yang selalu mendapuk Porsche Macan sebagai compact SUV terbaik. Di tahun 2017, mobil ini masuk dalam daftar 10 SUV paling menyenangkan. Disusul pada tahun 2018, kembali Kelley Blue Book mengganjar Porsche Macan sebagai Best Resale Value di kategori Luxury Compact SUV/Crossover, yang kemudian penghargaan tersebut terus dipertahankan hingga 2020.

    Penghargaan lain yang pernah diterima oleh Porsche melalui model Macan adalah 2020 ALG Residual Value Award: Premium Compact  – 2020 Macan, Car and Driver Editor’s Choice, Car and Driver 10 Best Trucks and SUVs dan Most Popular on Edmunds.com

    Dapatkan Paket Mendebarkan New Porsche Macan di Akhir Tahun

    Menjelang akhir tahun 2020 ini menjadi momen yang tepat bagi para pecinta mobil Porsche untuk mewujudkan keinginannya memiliki New Porsche Macan. 

    PT Eurokars Artha Utama menawarkan paket kepemilikan yang cukup mendebarkan. Dimana dengan budget Rp 1,9 miliar, compact SUV terbaik dunia ini bisa diboyong ke garasi rumah dengan berbagai benefit tambahan berupa Sports Package Porsche Macan.

    Paket tersebut terdiri dari suspensi udara dengan sistem auto levelling, lampu depan LED matrix dengan PDLS, velg 20 inci Macan Turbo berwarna hitam, fungsi Porsche Entry & Drive, serta paket 14-way comfort memory dengan nilai total mencapai Rp 239 juta.

    Benefit ini masih ditambah dengan keuntungan berupa masa warranty selama 4 tahun, free bensin untuk pemakaian 3 tahun dan free perawatan servis 2 tahun.

    Berminat? Langsung klik disini

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here