Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    Motor5 Alasan Yamaha NMax Kini Semakin Banyak Dipakai Touring

    5 Alasan Yamaha NMax Kini Semakin Banyak Dipakai Touring

    Salah satu kegiatan yang disukai para pecinta sepeda motor yaitu touring. Ya, melakukan perjalanan jarak jauh dengan mengendarai si kuda besi dianggap sebagai sarana penyalur hobi dan juga relaksasi.

    Hanya saja, satu hal perlu dicatat saat ingin touring sendiri maupun bersama-sama, yaitu selain memastikan tubuh prima, pastika juga motor yang digunakan sudah dicek, dan kalau bisa di service sebelum melakukan keberangkatan.

    Pasalnya, saat touring OLXer akan menghadapi beberapa resiko, mulai dari jarak tempuh yang jauh, dipastikan melewati berbagai kondisi jalan, cuaca yang bisa berubah-ubah, hingga barang bawaan yang berat dan banyak.

    Nah, bicara soal touring ternyata dalam beberapa tahun terakhir ada model sepeda motor yang banyak digunakan untuk harian, dan juga perjalanan jarak jauh, dia adalah Yamaha NMax.

    Beberapa catatan terkait pengguna Yamaha NMAX sebagai motor touring dibuktikan oleh Lilik Gunawan bersama putranya Balda. Dimana mereka melakukan perjalanan sejauh 5.000 kilometer antara Jambi – Timor Leste.

    Kemudian ada juga Ketua Komunitas YNCI Yudi Kusuma, melakukan touring dari Jakarta – Sarawak, Malaysia, hingga touring Merdeka Trans Kalimantan sejauh 3.000 kilometer.

    Tidak hanya itu, ada juga seorang pria bernama Andi Sulaiman, yang merupakan anggota Indonesia Max Owner (IMO) melakukan perjalanan sejauh 2.000 kilometer dari Jakarta menuju Medan.

    Semua perjalanan yang dilakukan rata-rata menggunakan Yamaha NMax. Adapun Andi menjabarkan alasan mengapa skuter matik dengan bodi bongsor itu kini banyak digunakan untuk touring, yaitu:

    1. Posisi Berkendara Nyaman

    Yamaha NMAX dianggap memiliki posisi berkendara yang nyaman dan ramah untuk perjalanan jarak jauh. Ruang kaki luas dengan opsi berkendara rileks yang dikombinasikan dengan jok panjang dan lebar mampu membuat badan tidak mudah pegal atau capek saat harus riding selama berjam-jam.

    Selain itu, posisi stang Yamaha NMAX juga dinilai pas bagi postur tubuh kebanyakan orang Indonesia.

    “Saat hari pertama perjalanan, dari Jakarta saya langsung menuju Palembang, itu jaraknya mencapai 500 kilometer lebih dengan waktu tempuh selama 12 jam. Tapi hebatnya badan saya nggak ngerasa capek. Padahal kondisi jalan lintas Sumatera itu banyak yang bergelombang, tapi karena posisi duduk rileks dan joknya juga lebar dan empuk jadi riding itu tetap nyaman aja,” ucap Andi.

    2. Bagasi Besar

    Skutik Yamaha yang satu ini juga dikenal memiliki bagasi lebar, dengan daya tampung besar mencapai 24 liter.

    Cocok untuk berpergian jauh, karena berbagai perlengkapan touring seperti jas hujan, pakaian ganti, tool kit dan lain-lainnya dapat disimpan di dalam bagasi tersebut.

    3. Kelengkapan Fitur Y-Connect

    Yamaha NMax juga memiliki fitur Y-Connect. Fitur ini akan sangat membantu sang rider ketika melakukan perjalanan jauh, karena OLXer bisa memantau kondisi sepeda motor seperti kondisi oli dan aki.

    Selain itu, data berkendara terkait konsumsi bahan bakar juga bisa dilihat.

    “Bahkan jika sewaktu-waktu ada kendala, Y-Connect bisa memberikan notifikasi malfungsi. fitur ini juga saya gunakan sebagai acuan dalam menghitung pengeluaran biaya bensin dengan menghitung rata-rata konsumsi bahan bakar per harinya,” terang Andi.

    4. Fitur Keselamatan

    Yamaha NMax juga sudah dilengkapi fitur keselamatan, seperti Dual Channel ABS yang berfungsi untuk menjaga kedua roda ban tidak terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

    Selain itu, ada juga fitur Traction Control System (TCS) berfungsi menjaga traksi roda tetap optimal saat motor berakselerasi di permukaan jalan yang licin.

    “Saat memasuki daerah Kayu Agung perbatasan Lampung dan Palembang turun hujan deras sekali. Dan kondisi jalan di sana banyak yang sedang diperbaiki jadi banyak batu-batu kecil di permukaan aspal yang belum sempurna. Dan saat sedang mau menyalip mobil dari sisi kanan, ternyata jalurnya berpasir dan sedikit bergelombang, itu ban belakang sempat sedikit kehilangan traksi. Tapi berkat fitur TCS, ban jadi hanya spin sedikit dan motor masih bisa tetap dikendalikan,” jelasnya.

    5. Performa Mesin

    Yamaha NMax banyak digunakan rider karena dianggap memiliki mesin bertenaga dan dapat diandalkan untuk melibas berbagai kondisi jalan.

    Adapun jantung Yamaha NMax ini dibenamkan mesin Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC, Single Cylinder, berkapasitas 155cc, yang mampu menghasilkan daya hingga 15,1 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here