Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Bagian Motor Ini Wajib Dicek Saat Musim Panas

    5 Bagian Motor Ini Wajib Dicek Saat Musim Panas

    Pengendara sepeda motor lebih menyukai berkendara ketika masuk musim panas dibandingkan saat hujan turun. Pasalnya, kondisi jalanan saat hujan bisa sangat licin, serta visibilitas terbatas sehingga akan sangat membahayakan.

    Namun OLXer perlu tau juga, ketika musim panas bisa saja terjadi masalah-masalah. Apalagi, kalau terlalu lama terpapar sinar matahari.

    Nah, adapun beberapa hal yang dapat diantisipasi pada pengendara sepeda motor ketika musim panas, berikut ulasannya:

    1. Tekanan Ban

    Suhu panas dapat menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang.

    Menurut, Technical Training Astra Honda Motor (AHM) Reza Rezdie Shahertian, karena tekanan ban dapat berubah-ubah setiap saat, maka  lakukan pengecekan kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara.

    “Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan,” ujar Reza dalam keterangannya.

    2. Ban

    Berikan perhatian lebih pada kondisi ban. Ban motor yang terkena suhu panas yang terus menerus dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat pecah-pecah atau getas.

    Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian ban lama dengan yang baru apabila tekstur ban sudah terlihat retakan besar untuk mendapatkan kenyaman saat berkendara.

    3. Rantai Motor

    Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai bisa mengering dengan lebih cepat sehingga kerja rantai tidak halus.

    Kinerja rantai dapat berkurang, rantai akan cenderung akan mengeluarkan bunyi kasar saat bekerja dan rantai dapat menjadi kaku.

    “Hal ini dapat dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lube yang direkomendasikan, serta atur kekenduran rantai yang tertera pada stiker swing arm motor,” kata Reza.

    4. Bearing Roda

    Saat kondisi panas berkepanjangan, biker juga perlu memeriksa kondisi bearing roda atau yang sering disebut dengan laher. Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut.

    Ciri-cirinya, roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi. Salah satu solusinya adalah mengganti seal pada bearing apabila sudah terlihat getas, serta tambahkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

    5. Bodi

    Sering terpapar motor terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang terus menerus juga dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor.

    Untuk menjaga agar tidak terjadi, cucilah motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor terpercaya yang dijual di pasaran. (Her)

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait