Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Bahan Alami Bisa Buat Kabin Mobil Terasa Segar

    5 Bahan Alami Bisa Buat Kabin Mobil Terasa Segar

    OLXer yang memiliki mobil pasti pernah merasakan kabin terasa bau tak sedap lantaran berbagai macam penyebabnya. Apabila menggunakan pewangi yang dijual di pasaran, ternyata hal tersebut bisa cocok atau tidak.

    Tentu saja bau tidak sedap di dalam kabin ini bisa saja membuat pengemudi maupun penumpang merasa tidak nyaman di dalam mobil. Belum lagi pewangi yang beredar luas dipercaya mengandung berbagai zat kimia, sehingga jika terus menerus terhirup tidak baik untuk tubuh.

    Namun OLXer tau nggak, kalau ternyata ada juga lho penyegar udara di dalam kabin yang nyatanya alami, sehingga tidak memiliki efek samping.  

    Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang tak hanya memberikan kesegaran di dalam kabin, tapi juga dipercaya mampu menghilangkan bau tak sedap, yakni;

    1. Kopi

    Kopi dalam bentuk biji maupun serbuk dipercaya menjadi salah satu yang dapat menghilangkan bau tak sedap dan membuat aroma kabin jadi lebih segar.

    Tapi sebelum menyimpan kopi, ada baiknya membersihkan kotoran yang ada dalam mobil. Setelah itu, kopi bisa disimpan dalam satu tempat atau wadah, atau bisa juga dibungkus dalam kantong kecil dan diberi lubang serta digantung.

    2. Kayu Manis

    Bahan yang satu ini juga sangat alami. Bahkan karena memiliki aroma yang khas kayu manis juga digunakan untuk makanan atau minuman. Dengan keberadaan kayu manis di dalam kabin, maka hal ini dipercaya dapat membuat OLXer untuk fokus berkendara.

    3. Sereh

    Bahan alami berikutnya yaitu serai atau sereh. Tumbuhan yang satu ini tak hanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan saja, tetapi manfaatnya banyak sekali.

    Tak sekadar mengeluarkan aroma wangi, sereh juga dipercaya dapat menghindari kita dari gigitan nyamuk.

    4. Daun Pandan

    Selain sereh, bahan alami yang kerap emak-emak gunakan sebagai bahan masakahan yaitu daun pandan. Tetapi daun pandan dengan bentuk panjang dan lancip ini dipercaya memiliki banyak khasiat, termasuk memberikan aroma sedap jika daunnya diiris tipis.

    5. Baking Soda

    Tak hanya jadi bahan untuk mengembangkan makanan, baking soda dipercaya jadi salah satu cara alami untuk menghilangkan bau tidak sedap di kabin mobil.

    Jika kabin sudah dibersihkan, maka baking soda cukup dipercikan di sumber bau. Bahkan ada juga cara lain yaitu dengan menambahkan beberapa tetes essential oil. Tidak lama maka bau tidak sedap akan hilang.

    Meski alam, OLXer juga perlu menghindari bahan dari tumbuhan seperti melati dan lavender. Sebab, kedua tumbuhan ini mengeluarkan aroma yang cukup nyaman namun membuat ngantuk. Hal ini pula melati dan lavender kerap digunakan untuk metode terapi gangguan tidur.

    Oia OLXer, untuk memberikan rasa segar di dalam kabin dan terhindar dari bau, tentu saja cara yang tak boleh dilupakan adalah melakukan perawatan AC. Sebab, bisa saja ada beberapa masalah pada penyejuk ruangan ini sehingga mengeluarkan bau tak sedap. Nah di OLX juga banyak loh penyegar kabin lihat di sini. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here