Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Cara Melihat Mobil Bekas Terawat Hanya dari Cat

    5 Cara Melihat Mobil Bekas Terawat Hanya dari Cat

    Membeli mobil bekas memang gampang-gampang susah. Disamping cukup cepat proses transaksinya, namun OLXer jangan sampai tertipu dengan kondisi mobil yang terlihat mulus di luar tapi bobrok di dalamnya.

    Selain itu, OLXer juga harus melakukan pengecekan surat-surat kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraa (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

    Nah, jika memang OLXer ingin membeli mobil bekas, ternyata ada cara mudah melakukan pengecekannya, yaitu hanya melihat dari kondisi cat. Dengan mengecek bagian cat, OLXer akan tau mana mobil terawat atau tidak.

    Pasalnya, seperti dilansir Otospector, mobil bekas dengan cat orisinil akan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Apalagi kalau catnya terlihat terawat rapi, meski usia kendaraan sudah cukup tua.

    Namun sayangn, orang awam kadang masih sulit membedakan mana cat yang masih asli dan mana yang sudah dicat ulang. Sulit, namun bukan berarti tidak bisa. Asalkan tahu, cara-caranya berikut ini bisa dipraktikkan. Berikut ulasannya:

    1. Meraba bagian atas bumper

    Bagi orang yang sudah terbiasa, tentu dapat membedakan apakah permukaannya kasar atau tidak. Lihat catnya belepotan atau tidak. Walau terlihat bersih, tapi pinggiran bodi biasanya tampak kasar, karena bagian tersebut susah diampelas.

    2. Melihat gradasi warna bodi

    Secara kasatmata kita bisa melihat gradasi cat dari bodi luar. Dari situ akan terlihat keaslian cat, karena mobil-mobil sekarang pada umumnya menggunakan material fiber, seperti pada bumper. Bagian tersebut mempunyai serapan cat yang berbeda dibandingkan dengan logam. Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan di tempat yang cukup cahaya.

    3. Cat di atas side skirt

    Untuk melakukan pengecekan pada bagain atas side skirt, kita harus membuka pintu mobil terlebih dulu. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

    4. Dari sisi kaca pintu

    Di dekat karet-karet, tepatnya pada bagian pinggir, ada titik-titik yang bisa kita lihat apakah cat itu orisinil atau tidak.

    Untuk melakukannya kita harus membuka pintu mobil. Sebab posisi ini biasanya tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang. Kita bisa membandingkan cat di daerah sini dengan bagian-bagian bodi lainnya.

    5. Diuji menggunakan alat penguji ketebalan cat

    Alat pengecek ketebalan cat (coating thckness gauge) berfungsi untuk mengukur ketebalan cat di permukaan suatu material atau benda yang akan dicat. Cukup ditempelkan saja di permukaan benda yang dicat, kita bisa tahu apakah ada lapisan cat yang lebih tebal dari biasanya. Jika ada pelapisan, itu artinya, mobil pernah dicat ulang.

    Mobil yang masih memiliki cat orisinil, sedari baru, tentu akan lebih dihargai ketimbang mobil yang sudah dicat ulang. Cat yang masih asli, juga bisa menandakan pemilik sebelumnya cukup rajin dalam perawatan mobil. Hal itu bisa diartikan, bagian-bagian lain juga ikut dirawat.

    Melakukan pengecekan cat mungkin tidak mudah, terutama bagi Anda yang tidak biasa. Jika memang Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya, silakan gunakan jasa inspeksi kendaraan yang profesional dan independen untuk membantu Anda. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait