Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Cara Membuat Mobil Awet dan Tahan Lama Sampai Ratusan Ribu Kilometer

    5 Cara Membuat Mobil Awet dan Tahan Lama Sampai Ratusan Ribu Kilometer

    Pemilik mobil pasti selalu berharap agar tunggangan yang dimilikinya tak pernah rewel atau mogok di tengah jalan. Tentu saja, jika hal itu terjadi OLXer tak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada pabrikan atau perusahaan asal mobil itu dibuat.

    Sebaliknya, mobil mogok memiliki banyak faktor. Bahkan sejatinya, ada juga mobil yang awet dan tahan lama meski sudah digunakan hingga ratusan ribu kilometer.

    Jika OLXer ingin punya mobil dengan durability yang cukup lama, ternyata caranya cukup mudah yaitu:

    1.  Gunakan suku cadang berkualitas

    Terkadang, pemilik mobil sering kali ingin merawat mobilnya secara maksimal, namun tidak diimbangin dengan penggunaan suku cadang atau aksesori berkualitas.

    Sebaliknya, mereka hanya ingin menggunakan barang murah, yang faktanya justru mengesampingkan kualitas. Pada dasarnya, sebuah perusahaan mobil pasti memiliki suku cadang atau genuine part yang kualitasnya terjamin dan aman digunakan sesuai standar perusahaan.

    2. Melakukan servis rutin

    Perawatan yang sudah pasti dan wajib dilakukan pemilik kendaraan yaitu service rutin dan disarankan di bengkel resmi. Dengan service rutin di bengkel resmi, tentu saja, mobil ditangani oleh mekanik yang terampil dan berpengalaman.

    Selain itu, masalah pada sebuah mobil akan mudah ditemukan, karena perlengkapan di bengkel resmi lebih komplit. Rekam jejak masalah mobil juga bisa dicatat dengan baik.

    Tidak hanya itu, jika service secara rutin, maka sudah pasti sejumlah komponen pada mobil mulai dari mesin, filter udara, filter bahan bakar, radiator, aki dan yang lainnya, akan dicek sehingga mudah dipantau akar masalahnya.

    3. Gunakan bahan bakar yang sesuai

    Bahan bakar juga jadi faktor penting agar mobil jadi lebih awet. Bahkan setiap pabrikan saat ini memiliki standar khusus seberapa kadar kualitas bahan bakar minyak atau BBM yang dipakai.

    Oleh karena itu, sebaiknya OLXer melihat BBM jenis apa yang rekomendasi di buku manual kendaraan.

    4. Jaga kebersihan

    Ketika mendengar menjaga kebersihan mobil, biasanya yang terbayangkan yaitu mencuci body dan bagian kabinnya saja. Padahal, membersihkan mobil tidak hanya sebatas itu, tetapi bisa juga lebih ekstra seperti melakukan waxing agar body mobil lebih kinclong.

    Atau bisa juga memberikan lapisan anti karat pada bagian-bagian mobil agar terhindar dari korosi. Selain itu, bagian kabin juga perlu diberikan perawatan ekstra agar bersih dan wangi.

    Oia, bagian mesin juga perlu dibersihkan dari ceceran oli yang menempel. Jika merasa lebih beresiko, maka bisa membersihkan bagian dalam kap mesin di bengkel. Sebab, dewasa ini sudah banyak jasa membersihkan ruang mesin agar bersih.

    5. Pastikan membeli mobil yang tepat

    Ketika hendak membeli sebuah mobil jangan seperti membeli kacang. Sebab, untuk mendapatkan mobil yang awet dan tahan lama, terkadang dapat dilihat dari seberapa serius si pemegang merek menawarkan produk yang dijual.

    Ya, sudah pasti sejumlah produsen mobil menyebut mobilnya terbaik. Namun begitu, ada bisa juga mencari informasi mengenai mobil apa saja yang tergolong awet dan tahan lama, serta sesuai selera.  Tentu saja agar mempermudah pencarian OLXer bisa mencarinya di internet. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here