Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Cara Mudah Membersihkan Jendela Tanpa Tergores

    5 Cara Mudah Membersihkan Jendela Tanpa Tergores

    Membersihkan kaca jendela mobil mungkin jadi salah satu cara paling mudah dalam perawatan mobil. Namun begitu, ketika membersihkan kaca, tak jarang hal tersebut justru meninggalkan goresan.

    Padahal, jika kaca jendela bersih dan tanpa goresan tentunya tidak hanya sekadar estetika, tetapi juga mampu meningkatkan visibilitas atau jarak pandang.

    Berangkat dari masalah tersebut, dilansir Car From Japan, ada beberapa cara untuk membersihkan kaca jendela mobil tanpa meninggalkan lecet. Nah berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu cuka, alkohol, air, botol semprot, handuk atau lap microfiber.

    Oia, perlu dicatat saat ini banyak bahan pembersih kaca mengandung amonia, yang berbahaya bagi permukaan kaca, karena terbuat dari kulit, karet, dan vinyl. Bahan ini juga menimbulkan risiko kerusakan pada lapisan jendela yang diwarnai.

    Adapun cara untuk membersihkan sebagai berikut:

    Pertama, tuangkan air, alkohol dan cuka ke dalam sebuah mangkuk, kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, cairan tersebut masukan kedalam botol semprot.

    Kedua, handuk dengan daya serap tinggi diperlukan, karena sifatnya yang tidak berbulu membuat permukaan tetap kering. Setelah itu, semprotkan campuran pembersih ke handuk.

    Jangan pernah menyemprotkan pembersih langsung ke kaca karena kontak langsung dapat melukai permukaan.

    Ketiga, seka permukaan jendela dengan handuk basah. Berikan tekanan lembut dengan gerakan menyapu untuk pembersihan yang benar. Mulailah dari atas jendela dan perlahan-lahan menuju ke bawah.

    Keempat, jika kurang puas seka kaca sampai permukaannya bersih. Pindah untuk membersihkan permukaan kaca jendela lalu ke bagian dalam. Sebisa mungkin ganti handuk jika sudah kotor.

    Perlu dicatat pula, selalu gunakan handuk atau lap microfiber yang baru dan bersih. Sebaliknya, menggunakan kain lap bekas apalagi kotor untuk menyeka kaca maka justru partikel kotoran yang menempel dapat mengikis permukaan jendela.

    Kelima, setelah membersihkan satu permukaan, gosok dengan cepat menggunakan handuk microfiber. Melakukannya akan menyerap kelebihan cairan pembersih dan memastikan permukaannya tetap bebas goresan.

    Selain itu, jika ada bintik air, maka harus cepat di lap kering karena apabila didiamkan akan mengganggu dan membuat tanda pada kaca jendela.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here