Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matic Saat Melintasi Banjir

    5 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matic Saat Melintasi Banjir

    Curah hujan sangat tinggi dalam beberapa waktu terakhir mengakibatkan sejumlah ruas jalan kini diterjang banjir. Tentu saja, bagi para pemilik mobil, banjir akan menjadi momok yang menakutkan, karena dikhawatirkan terendam dan mengalami kerusakan. 

    Oleh karena itu, jika OLXer melihat kondisi jalan di depan sudah terendam banjir, maka cara yang harus dilakukan adalah waspada. Adapun jika memang mendesak dan mobil harus melewati genangan air atau banjir, jangan langsung memaksakan.

    Oia, jika mobil OLXer menggunakan transmisi matic, kebetulan Daihatsu memberikan beberapa trik agar mobil yang dikendarai aman saat melintasi genangan banjir, antara lain:

    1. Pastikan saluran masuk udara tidak terendam air

    Jika saluran masuk udara (air intake) sampai terendam, maka dapat membuat terjadinya water hammer, kondisi dimana air dapat masuk pada ruang pembakaran. 

    Hal ini bisa menyebabkan mesin mobil menjadi rusak. Pastikan ketinggian genangan air tersebut tidak lebih dari setengah roda. Jangan memaksakan diri melewati jalan yang genangan airnya tinggi.

    2. Gunakan transmisi paling rendah 

    Penggunaan gigi rendah seperti gigi 1 atau L bertujuan agar kecepatan mobil tetap stabil dan putaran mesin pun akan lebih bertahan. Selain itu, gas buang yang ada bisa dikeluarkan dari bagian knalpot sehingga air bisa tertahan dan tidak masuk ke bagian ruang mesin melalui jalur pembuangan.

    3. Melaju secara perlahan dan konstan

    ketika melewati jalanan tergenang, maka cara yang patut dilakukan adalah akan membantu mengantisipasi terjadinya hal-hal yang berpotensi membahayakan, seperti adanya lubang besar di jalan yang tentunya dapat membahayakan kendaraan.

    4. Matikan mesin saat mogok

    Ketika genangan air begitu tinggi hingga melewati setengah roda mobil dan membuat mesin mati atau mogok maka jangan mencoba menghidupkan mesin kembali, karena dapat membuat kerusakan parah pada bagian mesin mobil, sehingga sangat disarankan untuk menghubungi bengkel resmi terdekat.

    5. Keringkan Rem 

    Cara mudah saat mobil melewati banjir yaitu dengan cukup keringkan rem. Saat berkendara dengan kecepatan lambat sekitar 5 km per jam. Setelah itu remlah mobil berkali kali secara perlahan.

    Tujuannya untuk memastikan mobil memang masih dalam kondisi yang baik dan kampas rem kering. Jika dirasa ada yang tidak beres dengan kendaraan maka dapat melakukan pengecekan mobil di bengkel resmi Daihatsu untuk mendapatkan penanganan terbaik.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait