Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Berita5 Fakta Menarik Mitsubishi Eclipse Cross

    5 Fakta Menarik Mitsubishi Eclipse Cross

    Mitsubishi Eclipse Cross siap dipasarkan di Indonesia. Jika tak ada aral melintang, pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pekan depan (18-28 Juli 2019) di ICE, BSD, Tangerang Selatan, akan jadi saksi peluncurannya mobil bergaya crossover tersebut.

     Namun sebelum resmi meluncur ada baiknya nih OLXer tau apa saja fakta-fakta menarik dari mobil Mitsubishi Eclipse, antara lain;

    1.  Kemunculan Mitsubishi Eclipse Cross Pertama   

    Mitsubishi Eclipse Cross. (guideautoweb.com)

    Mitsubishi Eclipse Cross bukan barang baru di kancah otomotif dunia. Sebab, mobil ini pertama kali diperkenalkan secara global pada ajang Geneva Motor Show, Maret 2017 lalu.

    Sebelum resmi dijual, Eclipse Cross sempat dibuat purwarupa dan dipamerkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2013 dengan sebutan XR PHEV Concept dan kembali dipajang di Geneva Motor Show 2015 yang disebut XR PHEV II.

    2.  Asal Usul Nama Eclipse Cross

    Mitsubishi Eclipse Cross. (MMKSI)

    Nama Eclipse untuk mobil besutan Mitsubishi ini memang tak asing. Pasalnya, Mitsubishi pernah memiliki mobil bernama Eclipse dan itu bukan crossover, melainkan sedan sport compact yang dijual pada 1989 sampai 2011.

    Nah, untuk Eclipse Cross ini diambil sebuah peristiwa astronomi yang kita kenal dengan sebutan gerhana matahari total yang dianggap fenomenal dan terlihat indah.

    Adapun Mitsubishi meyakini, sama seperti peristiwa astronomi gerhana matahari total, SUV Eclipse hadir dengan bentuk yang indah dan dinamis memadukan garis-garis coupe tajam dan stylish, serta membawa sifat mobilitas SUV dengan gaya serta performa khas Mitsubishi.

    Penambahan kata Cross sendiri berasal dari kata crossover, dimana mobil ini masuk dalam segmen crossover.

    3. Mobil Terbaik di Jepang

    Mitsubishi Eclipse Cross tampak samping. (Herdi Muhardi)
    Mitsubishi Eclipse Cross tampak samping. (Herdi Muhardi)

    Mobil yang beredar di jalanan Jepang tak bisa sembarangan. Pemerintah disana menerapkan berbagai regulasi ketat untuk sebuah kendaraan. Tak hanya laiak dipakai, di Jepang sebuah mobil dilengkapi berbagai fitur menarik dan modern, serta memiliki sejumlah perangkat keamanan dan keselamatan.

    Nah, sosok Mitsubishi Eclipse Cross meski baru seumur jagung sudah menyabet Car of The Year di Jepang. Tentu saja untuk mendapatkan penghargaan ini, tak bisa dinilai sembarangan. Melainkan dinilai oleh  sejumlah juri profesional. 

    4.  Bintang 5 ASEAN

    Tampang depan dan belakang Mitsubishi Eclipse. (driveandride.com)

    Mitsubishi Eclipse Cross juga ternyata jadi salah satu mobil aman, karena memiliki skor keamanan 5 Bintang dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Programme) dengan total skor 91,06 poin.

    Poin di atas diraih dari beberapa kategori penting, seperti perlindungan orang dewasa (Adult Occupant Protection) tercatat 48,81 poin, pada kategori perlindungan anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin dan pada kategori Safety Assist Technologies mencapai 20,14 poin.

    5. Harga Kurang dari Rp 500 juta

    Tampang depan Mitsubishi Eclipse (cdn.images.express.co.uk)

    Hadirnya Mitsubishi Eclipse akan menambah sengit kelas mobil crossover yang dihuni Honda CR-V , dan juga beberapa mobil crossover lainnya seperti Suzuki SX4 S-Cross, Mazda CX-3, Toyota C-HR, hingga Chevrolet Trax.

    Untuk soal harga, Mitsubishi Eclipse ini rencananya akan dijual dengan harga di atas Rp 470 juta namun di bawah Rp 500 juta. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here