Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Berita5 Finalis Mobil dan Motor Terbaik 2019 di Indonesia, Siapa Jadi Rajanya?

    5 Finalis Mobil dan Motor Terbaik 2019 di Indonesia, Siapa Jadi Rajanya?

    Dalam satu tahun belakangan ini sejumlah sepeda motor dan mobil lahir dan dipasarkan di Indonesia. Nah, keberadaan mobil dan motor terbaru ini turut membuat sejumlah wartawan otomotif yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif menggelar Forwot Motorcycle of the Year (FMY) dan Forwot Car of the Year (FCY).

    Dua agenda tahunan ini sengaja kembali dihelat sebagai bentuk apresiasi Forwot kepada para produsen kendaraan roda-dua dan roda-empat di Tanah Air yang telah menghadirkan produk-produk terbaik berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

    Dengan adanya dan sepeda motor dan mobil terbaik ini, tentu saja hal tersebut dapat menjadi rujukan masyarakat dalam memilih kendaraan.

    Nah, dari sekian banyak sepeda motor dan mobil baru yang meluncur dalam satu tahun belakangan ini ternyata sudah ditentukan masing-masing lima sepeda motor dan lima mobil terbaik.

    lima finalis motorcycle of the year 2019.
    Lima finalis motorcycle of the year 2019.  (Forwot)

    Untuk FMY 2019, berdasarkan abjad, terdapat Honda ADV 150, Kawasaki Ninja 250, Suzuki GSX150 Bandit, Yamaha FreeGo dan Yamaha MT-15. Sedangkan lima finalis CFY 2019 yaitu DFSK Glory 560, Honda Brio,  Mazda 3, Suzuki Jimny dan Wuling Almaz.

    Menurut Ketua Panitia FMY 2019 dan CFY 2019, Jeffry Yanto Sudibyo untuk menentukan para finalis, sejumlah anggota Forwot yang terdiri dari pewarta industri otomotif di Indonesia telah dilibatkan. Mereka, lanjut Jeffry telah melakukan proses seleksi yang dilakukan dalam dua tahap.

    Di tahap awal, seleksi terhadap sepeda motor dan mobil telah dirilis oleh Agen Pemegang Merek (APM) anggota AISI (Asosiasi Sepedamotor Indonesia) dan anggota GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

    “Untuk FORWOT Motorcycle of the Year 2019 adalah motor-motor terbaru yang diluncurkan di Indonesia pada periode September 2018 sampai Agustus 2019, terkumpul sebanyak 15 motor, masuk dalam seleksi. Sementara untuk mobil-mobil yang  yang diluncurkan di Indonesia sepanjang periode Agustus 2018 – Juli 2019, terkumpul 36 model,” jelas Jeffry dalam keterangan tertulis, Senin (7/10/2019).

    Untuk menentukan finalis FMY 2019 dan CFY 2019 dengan suara terbanyak, para anggota Forwot diharuskan memberikan penilaian mulai dari Desain, Kenyamanan, Keamanan, Nilai Ekonomis, Handling, Performa, Fungsional, Keramahan Lingkungan, Pengalaman Berkendara, serta Harga menjadi perhatian penting.

    Forwot Car of the Year (FCY) 2019. (Forwot)

    Nah, untuk tahap kedua, setidaknya 21 juri dari perwakilan sejumlah media yang tergabung di Forwot, melakukan voting di mana setiap Juri akan mendapat modal 25 poin yang bisa dibagikan untuk penilaian terhadap masing-masing finalis.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum FORWOT, Zainal Abidin menyatakan kriteria penilaian diberikan berdasarkan objektivitas para jurnalis yang sudah mengetahui, melihat, dan merasakan secara langsung motor dan mobil tersebut.

    “Masyarakat akan bisa mengetahui motor dan mobil terbaik 2019 di Indonesia versi pewarta otomotif seluruh Indonesia,” ucap Zainal.

    Adapun pengumuman Forwot Motorcycle dan Car of the Year 2019 akan dilakukan pada 15 Oktober 2019 mendatang di Jakarta. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait