Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Hal yang Perlu Dilakukan Rider Saat Naik Sepeda Motor

    5 Hal yang Perlu Dilakukan Rider Saat Naik Sepeda Motor

    Sepeda motor jadi salah satu alat transportasi favorit untuk menunjang mobilitas yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia, baik di perkotaan maupun di desa.

    Hanya saja, tak sedikit dari pengendara sepeda motor kerap mengabaikan keselamatan ketika berkendara. Padahal, mengendarai sepeda motor memiliki resiko yang cukup tinggi. Apalagi jika terjadi kecelakaan, pengemudi dan sepeda motor bisa terpental berjauhan.  

    Nah, agar berkendara dengan aman dan nyaman, sebaiknya OLXer memperhatikan beberapa hal guna meminimalkan risiko yang tidak diinginkan.

    Seperti dilansir Wahana Honda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara agar selamat sampai tujuan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

    1. Gunakan Perlengkapan Berkendara

    Ingat, sebelum berkendara harus memperhatikan kelengkapan berkendara, seperti :

    • Helm 

    Perlengkapan berkendara yang penting ini memang tidak boleh dilupakan oleh setiap pengendara motor. Pastikan helm memiliki standar SNI yang sudah terjamin kualitasnya ya!

    • Kaca Spion

    Perhatikan juga kaca spion. Jika ingin memodifikasi kaca spion, pastikan ukurannya pas agar tidak kesulitan melihat blind spot.

    • Sarung Tangan

    Jangan lupa memakai sarung tangan untuk melindungi dari paparan sinar matahari saat berkendara di jalan raya.

    • Sepatu dan Jaket

    Kenakan sepatu yang mampu menutupi seluruh permukaan kaki, minimal menutupi mata kaki. Jangan lupa juga mix & match dengan jaket yang tepat saat berkendara ya! Selain melindungi dari paparan sinar UV, jaket juga dapat menghangatkan saat malam hari.

    2.Jangan Berkendara di Trotoar dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

    Sepadat apapun jalan yang dilalui, hindari mengambil jalan pintas dengan berkendara di trotoar. Jika dilakukan, maka mengambil hak pejalan kaki. Ingat, pengendara yang baik selalu mendahulukan pejalan kaki.

    Selain itu, patuhi juga setiap rambu lalu lintas yang ada. Jangan berhenti melebihi garis marka jalan, apalagi sampai melanggar lalu lintas. Tunjukkan pengendara yang sabar dan patuh tehadap peraturan lalu lintas.

    3. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

    Tidak sedikit orang yang menggunakan ponsel saat berkendara, seperti berkomunikasi dengan rekan bisnis, selfie, atau update media sosial. Kebiasaan-kebiasaan ini harus ditahan terlebih dahulu mengingat banyaknya kasus kecelakaan terjadi karena menggunakan ponsel saat berkendara.

    Oleh karena itu, sepenting apapun telepon atau chat, jangan sesekali menggunakan HP saat berkendara. Jika situasinya memaksa, bisa menepi terlebih dahulu. Hindari juga memakai headset saat berkendara karena akan mengurangi konsentrasi.

    4. Hindari Bersikap Arogan di Jalanan

    Jangan karena lagi terburu-buru, lalu bertingkah arogan di jalanan. Sebagai alternatif, OLXer bisa mempersiapkan jadwal sebaik mungkin dan memperhitungkan waktu tempuh yang dibutuhkan.

    Sikap arogan akan mengganggu serta membahayakan pengendara lain di jalan. Ingat, harus selalu menghargai hak pengguna jalan lainnya karena bagaimanapun keselamatan adalah hal yang utama.

    5. Menyiagakan Jempol Jika Akan Bermanuver

    Apa kamu pernah nonton video viral ibu-ibu yang lampu seinnya ke kiri, tapi beloknya ke kanan? Hal ini sangat dilarang untuk ditiru ya karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Menyiagakan jempol saat berkendara akan membuat OLXer selalu siaga dan sigap dalam menyalakan lampu sein dan membunyikan klakson.

    Pada dasarnya, lampu sein berfungsi sebagai penanda kalau kamu akan belok atau bemanuver saat berkendara. Jadi, ingat ya untuk menyalakan lampu sein sesuai dengan ke mana kamu akan belok. Jangan sampai membuat bingung pengendara lain dengan kode lampu sein yang kamu berikan ya!

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here