Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil Bekas5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Sepanjang 2020, Berapa Harga?

    5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Sepanjang 2020, Berapa Harga?

    Mobil bekas menjadi pilihan alternatif masyarakat di Indonesia. Bahkan di masa pandemi Covid-19, mobil bekas masih banyak diburu, apalagi harga yang ditawarkan jelas lebih rendah dibandingkan mobil baru.

    Nah, sepanjang tahun 2020, setidaknya ada lima mobil yang paling favorit dan juga banyak dicari di situs jual beli OLX.co.id, yaitu duo mobil Toyota yakni Innova dan Avanza, kemudian Honda Jazz, lalu Daihatsu Xenia dan juga Honda Brio.

    Dari kelima model mobil tersebut, lantas berapa harganya di pasar mobil bekas online? Berikut ulasannya:

    1. Toyota Innova

    Nama Toyota Kijang memang cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Maklum, sejatinya mobil ini sudah hadir di Tanah Air sejak era 1977, dimana kala itu sebutan hanya Toyota Kijang.

    Seiring perkembangan zaman, Toyota Kijang semakin berevolusi, dari mobil pick up menjadi mobil penumpang. Hingga akhirnya sempat disebut Kijang Kapsul pada 1997, dan akhirnya pada 2004 sampai saat ini akrab dikenal dengan sebutan Toyota Kijang Innova atau hanya Toyota Innova saja.

    Di situs OLX.co.id, Toyota Kijang Innova bekas memang termasuk yang paling favorit dan banyak dicari. Adapun harga Toyota Innova paling rendah dijual mulai dari Rp 66 juta untuk tahun produksi 2004-2005 sampai Rp 430 juta untuk lansiran 2019.

    2. Toyota Avanza

    Mobil sejuta umat, begitulah sapaan untuk mobil yang masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), Toyota Avanza.

    Sejak kehadirannya pada 2003, Toyota Avanza langsung menarik hati konsumen di Indonesia lantaran daya tampungnya bisa mencapai kapasitas 7-8 penumpang, ditambah pilihan mesin 1.3 liter dan 1.5 liter.

    Nah, di situs OLX.co.id, Toyota Avanza bekas generasi awal sekitar tahun 2003 dibanderol paling murah Rp 53 jutaan dan untuk lansiran 2019 dijual hingga Rp 219 juta.

    3. Honda Jazz

    Mengusung body hatchback, Honda Jazz yang masuk Indonesia pada 2001 langsung mampu menghipnotis kalangan anak muda.

    Mobil Honda Jazz memang dianggap menarik baik secara bentuk, desain, serta mesin 1.5 liter yang dibenamkan. Bahkan Honda Jazz kerap banyak dijumpai dengan bentuk yang sudah banyak gaya modifikasi dan juga di ajang balapan.

    Bicara soal Honda Jazz bekas, di OLX.co.id, untuk tahun produksi awal dijual mulai dari Rp 55 jutaan sampai lansiran 2019 dilepas sekitar Rp 265 juta.

    4. Daihatsu Xenia

    Daihatsu Xenia dengan status bekas juga masuk jajaran mobil yang banyak dicari di situs OLX.co.id. Sejatinya, mobil ini memang kembaran dari Toyota Avanza.

    Meski begitu, Xenia dan Avanza memiliki beberapa perbedaan seperti pada eksterior, interior, serta fitur yang dibenamkan pada mobil ini.

    Nah, untuk Daihatsu Xenia bekas, di situs OLX.co.id, untuk tahun produksi awal dijual Rp 50 jutaan, sedangkan untuk Xenia bekas tahun produksi 2019 dibanderol Rp 190 jutaan.

    5. Honda Brio

    Honda Brio memang kecil-kecil cabe rawit. Meski bentuknya city car, namun Honda Brio sama seperti saudaranya, Honda Jazz jadi incaran anak muda dan juga keluarga muda yang baru pertama kali ingin memiliki mobil.

    Honda Brio sendiri hadir di Indonesia  pada Agustus 2012, di mana mobil ini langsung melejit penjualannya selama enam bulan pertama kemunculannya.

    Honda Brio sendiri ada dua segmen, yaitu Honda Brio dan Brio Satya. Untuk Honda Brio Satya, pada dasarnya dibuat untuk pasar mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

    Secara tampilan, Honda Brio dan Brio Satya memang sama bahkan dimensinya juga dibuat mirip. Namun fitur-fitur yang dibenamkan ternyata berbeda. Secara garis besar, Honda Brio punya varian S M/T, E M/T dan E CVT, kemudian RS M/T dan RS CVT. Yang membedakan Honda Brio dan Brio Satya cukup signifikan, dimana untuk versi LCGC lebih minim fitur.

    Nah, di OLX.co.id untuk mobil bekasnya Honda Brio tahun produksi awal dijual sekitar Rp 70 jutaan dan untuk tahun produksi 2019 dilepas Rp 165 jutaan.

    Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil bekas apapun jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian serta tahun produksinya sama, namun soal urusan harga ternyata berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari mobil bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here