Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Penyebab Kaca Depan Mobil Retak Tiba-tiba

    5 Penyebab Kaca Depan Mobil Retak Tiba-tiba

    Sama seperti pada komponen mobil lainnya, kaca mobil bagian depan bisa saja mengalami masalah seperti retak secara tiba-tiba tanpa alasan. 

    Mungkin OLXer hanya menyadari, jika sebuah kaca depan mobil bisa mengalami pecah atau retak karena kecelakaan lalu lintas, terkena batu, puing, hingga ranting pohon. Namun faktanya, kaca depan mobil bisa saja mengalami keretakan secara tiba-tiba dan tanpa kita sadari. 

    Nah, mau tau apa saja penyebabnya berikut ulasannya. 

    1. Perubahan Suhu

    Ya, perubahan suhu jadi faktor utama mengapa kaca mobil bisa bermasalah, mulai dari mengembang hingga retak atau pecah.

    Seperti diketahui, porsi kaca depan untuk meredakan panas kecepatannya berbeda-beda. Bagian tepi dianggap paling cepat, sedangkan bagian tengah justru sangat lambat. 

    Karena ketidakkonsistenan ini, kaca bisa mengembang dan menyusut pada kecepatan yang berbeda. Sedangkan retakan dapat dipicu dengan mencuci mobil dengan air dingin pada saat panas terik. Atau bisa juga Anda mencoba mencairkan kaca depan yang sedingin es dengan air panas.

    Sementara menggunakan defroster atau pemanas mobil juga tidak mencegah kaca mobil jadi tidak akan retak.

    2. Mengalami Tekanan

    Perubahan tekanan bisa membuat kaca depan mobil retak. Contohnya, jika secara tiba-tiba muncul badai dan angin kencang, atau kaca mobil mendapati adanya beban berat. 

    Jika hal di atas terus menerus terjadi, maka bukan tak mungkin kaca tak kuat menahan, sehingga muncul sebuah retakan mulai muncul di tepi kaca depan Anda, ini mungkin tidak langsung terlihat sehingga retakan mungkin akan mengejutkan beberapa hari kemudian. 

    3. Sinar Matahari

    Paparan sinar matahari memang dapat membuat beberapa material jadi mengembang. Nah, jika terkena matahari, maka dapat muncul retakan. Oleh sebab itu, simpan mobil di tempat yang teduh. 

    4. Cacat Produksi 

    Faktor lain yang membuat kaca depan rusak juga bisa terjadi karena mengalami cacat produksi. Sama seperti komponen mobil lainnya, kaca juga bisa mengalami cacat produksi lantaran terjadi masalah ketika proses pembuatannya. 

    5. Instalasi Buruk

    Kaca mobil retak juga bisa saja karena mengalami masalah ketika melakukan pemasangan yang tidak sempurna. Meskipun kasus ini termasuk jarang terjadi, namun jika terjadi pemasangan yang tidak sempurna biasanya kaca longgar atau muncul getaran, sehingga saat ada tekanan maka menjadi retak.

    Kalau menurut OLXer masih ada lagikah penyebab kaca mobil jadi retak?

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here