Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Penyebab Knalpot Motor Meledak-Ledak

    5 Penyebab Knalpot Motor Meledak-Ledak

    Knalpot, jadi salah satu komponen yang kini jadi salah satu fokus perhatian petugas kepolisian ketika melakukan razia di jalanan.

    Ya, jenis knalpot racing atau bobokan khususnya memang dianggap mampu mendongkrak performa. Namun hal ini dianggap melanggar beberapa aturan, seperti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 48 ayat 3b, perihal kinerja minimal kendaraan bermotor salah satunya diukur dari kebisingan suara.

    Selain itu, tingkat kebisingan kendaraan bermotor sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009, dimana untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 80 cc memiliki batas kebisingan 77 desibel, kapasitas mesin 80 – 175 cc batas kebisingannya 80 desibel dan kapasitas mesin di atas 175 cc batas kebisingannya 83 desibel.

    Maka dari itu, knalpot racing juga yang mengeluarkan suara sangat berisik disebut-sebut mengganggu pengguna jalan maupun warga sekitar.

    Knalpot
    Petugas polisi merazia knalpot bobokan. (Istimewa)

    Tak heran, jika menggunakan knalpot bising bisa dikenakan sanksi sesuai Pasal 285 Ayat 1 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan hukuman pidana paling lama satu bulan penjara atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

    Oia, bicara soal knalpot, bagian komponen ini ternyata bisa juga menyebabkan sebuah masalah, yaitu suaranya terasa meledak-ledak.

    Nah, jika masalah tersebut muncul maka jalan yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan. Sebab, dilansir Wahana Honda, jika dibiarkan, akan ada efek buruk yang bisa terjadi pasca suara ledakan knalpot di motor.

    Pertama, hal yang mungkin terjadi adalah motor akan kehilangan daya dan energi serta langsung mati. Kedua, jika motor sedang dipacu sangat cepat dan knalpot mengeluarkan suara meledak, maka saat mesin motor mati mendadak, OLXer bisa terpelanting.

    Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan knalpot motor meledak.

    1. Lupa Tutup Choke

    Knalpot motor bisa meledak bisa dikarenakan lupa menutup choke. Ya, penting dilakukan untuk menutup choke supaya bensin yang mengalir sesuai proporsi yang dibutuhkan oleh ruang bakar.

    Ketika ruang bakar kebanjiran bahan bakar, bisa jadi si knalpot meledak di tengah jalan.

    2. Masalah di Busi

    Busi adalah salah satu part penting untuk menyulut api di ruang bakar. Kualitas energi yang dihasilkan ruang bakar sudah jelas tergantung banget pada busi.

    Nah, ketika busi bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan akan kurang maksimal. Disinilah terjadi pembakaran yang kurang sempurna.

    Hal yang demikian akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan pada knalpot. Parahnya, ledakan karena busi ini yang bisa membuat motor langsung mati seketika. Maka dari itu, sebaiknya rajin mengecek dan membersihkan busi motor.

    3. Saluran Udara ke Mesin

    Udara mempunyai peran penting pada pembakaran motor. Tentunya karburator punya sistem yang akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motor.

    Tapi kadang ada aja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar. Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan secara tinggi.

    Jika terjadi ledakan biasanya penyebabnya kurang udara di ruang bakar. Oleh karenanya, bersihkan part-part di karburator dan sekitarnya secara berkala.

    4. Masalah pada Karburator

    Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat bagus. Oleh karenanya, karburator jenis ini banyak digunakan di motor non injeksi.

    Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangat bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, maka komponen ini juga akan mengeras, akhirnya akan aus dengan sendirinya.

    Hal ini yang bikin motor jadi brebet dan bikin knalpot meledak saat tuas gas dibalikin posisi awal.

    5. Knalpot Bocor

    Knalpot kalau bocor ya pasti ada suara-suara berisik. Ini karena pada dasarnya proses pembakaran itu berisik. Nah, kalau bocor bisa jadi meledak-ledak knalpotnya. Terlebih ketika tuas gas ditarik kencang.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here