Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Penyebab Lampu Utama Mobil Mati

    5 Penyebab Lampu Utama Mobil Mati

    Semua kendaraan pasti dilengkapi berbagai lampu dengan fungsi berbeda-beda, mulai untuk memberikan penerang jalan dan kabin, lampu mundur, sampai lampu peringatan.

    Nah, dari sekian jenis lampu yang ada di mobil, lampu utama atau lampu penerang jalan tentunya tak kalah penting, karena membantu visibilitas pengemudi ketika di jalanan.

    Namun begitu, bukan tak mungkin lampu utama ini bisa saja bermasalah seperti mati secara tiba-tiba, sehingga akan sangat bermasalah terutama ketika mengemudi di malam hari.

    Karena itu, kali ini kita akan membahas beberapa penyebab lampu utama mobil mati, antara lain:

    1. Lampu Bohlam Putus

    Lampu bohlam putus atau bisa saja terjadi. Untuk mengeceknya bisa dilihat bagian filamen di mana ada kawat dan salah satunya putus, sehingga tak lagi bisa mengeluarkan cahaya.

    2. Sekering Putus

    Biasanya, sekering putus dikarenakan ada kabel yang terkelupas sehingga jeroannya atau bagian tembaga saling sentuh kemudian terjadi arus pendek atau korsleting di rangkaian lampu.  

    3. Kabel Putus

    Mirip dengan sekring putus, tapi kabel putus juga bisa saja terjadi, karena dimakan usia atau memang kualitas kabel kurang mumpuni.

    Hanya saja, untuk mencari kabel putus ini cukup sulit juga dan harus diawali dari bagian soket. Jadi intinya cek secara teliti ya OLXer.

    4. Salah Pemasangan 

    Meski sangat simple, namun ternyata masih banyak pemilik mobil menganggap sepele memasang lampu bohlam dengan cara yang salah.

    Oia, biasanya saat memasang bohlam lampu, kulit jari menyentuh langsung tabung lampu, yang biasanya membuat  kotoran atau minyak menempel. Lambat laun, kotoran tersebut membuat panas tidak merata sehingga bisa membuat bohlam pecah.

    5. Kualitas Lampu

    Lampu cepat putus juga bisa saja terjadi karena kualitasnya rendah. Karena itu jangan tergiur karena harga murah.

    Sebaliknya, saat ini banyak jenis bohlam lampu kendaraan memberikan kualitas. Walaupun harganya bisa lebih mahal ya OLXer. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait