Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Penyebab Mobil Matik Karena Tak Bisa Distarter

    5 Penyebab Mobil Matik Karena Tak Bisa Distarter

    Mobil tiba-tiba mogok dan tak bisa distarter jadi salah satu hal yang sering dialami para pemiliknya. Apalagi ketika harus buru-buru pergi ke kantor atau ke tempat janjian.

    Nah OLXer yang pernah atau belum mengalami mobil mogok karena tak bisa distarter, maka hal yang harus diingat adalah jangan panik. Karena, hal tersebut adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada sebuah mobil apalagi dengan kondisi bekas dan berumur. 

    Perlu diketahui, ada beberapa penyebab umum yang membuat mobil jadi tak bisa distarter. Berikut ulasannya. 

    Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter yang Paling Umum

    Mau tau apa saja sumber masalah penyebab mobil tak bisa distarter, berikut ulasannya: 

    1. Daya aki mobil yang melemah

    Seiring bertambahnya usia mobil, kondisi aki (accu) pun akan ikut menurun. Bila tidak sering dicek untuk disetrum dan tak dirawat, lama-lama aki jadi kotor. Parahnya, aki yang tak terawat bisa jadi soak.

    Akibatnya, sejumlah perangkat mobil yang membutuhkan tenaga listrik dari aki jadi tidak berjalan maksimal. Nah, salah satu fitur yang turut terimbas dari kondisi aki yang melemah ialah starter mobil. Segera cek aki bila mengalami gejala mobil tidak bisa distarter!

    OLXer yang sudah terbiasa mengurus mobil bisa melakukan pengecekan aki secara mandiri. Cara mengecek kondisi aki mobil adalah sebagai berikut:

    – Mengecek indikator aki di dashboard

    Cara termudah mengetahui kondisi aki yang tidak prima adalah melalui lampu indikator pada dashboard. Pertama, putar kunci kontak dalam keadaan menyala, lalu perhatikan lampu indikator. Bila lampu bergambar kotak aki menyala, dapat dipastikan bahwa baterai mobil dalam kondisi lemah.

    – Membersihkan kutub positif aki

    Lepas kutub positif (+) aki. Setelah itu, bersihkan kutub menggunakan lap kering karena biasanya bagian tersebut mudah berkerak dan kotor. Ini dilakukan agar aliran listrik yang tadinya tersumbat kotoran bisa kembali berjalan normal.

    Aki yang soak bisa diperbaiki dengan cara setrum/jumper. Namun, bila cara ini tak berhasil, lakukanlah penggantian aki yang baru agar masalah kelistrikan mobil tak bertambah parah.

    2. Pengaliran bahan bakar terhambat

    Tak hanya terjadi di pagi hari, mobil tidak bisa distarter kadang juga terjadi saat mesin mobil sedang panas-panasnya. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh mandeknya aliran bahan bakar dari tangki ke mesin.

    Selain itu, ada juga beberapa penyebab mobil gagal starter yang berkaitan dengan bahan bakar lainnya, yaitu akibat bahan bakar bensin yang bercampur dengan udara dan kondisi pompa bahan bakar yang melemah akibat terkena dingin.

    Akibatnya, aliran bahan bakar dari tangki ke karburator jadi tak sempurna. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghentak pompa bahan bakar yang terdapat di dalam ruang mesin.

    3. Fuel pump melemah

    Ada juga beberapa penyebab mobil gagal starter yang berkaitan dengan bahan bakar lainnya, yaitu fuel pump yang melemah. Biasanya hal ini disebabkan oleh udara yang terlalu dingin.

    Fuel pump yang dingin membuat aliran bahan bakar dari tangki ke karburator jadi tak sempurna. Kondisi fuel pump yang bermasalah sendiri dapat dimonitor pada lampu indikator dashboard.

    Cara pertama untuk mengatasinya yaitu dengan menghentak pompa bahan bakar yang terdapat di dalam ruang mesin. Bila tak berhasil, terpaksa, OLXer harus memanggil montir andalan ke rumah.

    4. Busi bermasalah juga sebabkan mobil tidak bisa distarter

    Selain aki, busi juga punya kontribusi dalam proses starter mobil. Jika busi mengalami masalah atau kerusakan, starter mobil jadi terganggu.

    Mengapa busi bisa berpengaruh dalam proses starter mobil? Pasalnya, busi berperan dalam menciptakan percikan bunga api untuk menghidupkan starter. Bila bagiannya berlapis karat atau kotoran, tentu proses tersebut pun jadi terhambat.

    Apabila tidak ada masalah dengan aki, beralihlah untuk mengecek bagian busi. Kondisi busi yang sudah lama atau kotor bisa jadi biang keroknya.

    Cara menangani busi kotor sangatlah mudah. Kamu cukup mengelap bagian yang ternoda dengan kain bersih. Di sisi lain, bila busi sudah rusak, lebih baik diganti saja dengan yang baru.

    5. Kondisi sekring tak lagi optimal

    Periksa aki sudah, busi pun checked. Tidak ada masalah dengan keduanya? Kalau begitu, coba cek bagian sekring mobilmu, deh. Kondisi sekring yang tak optimal juga bisa jadi penyebab mobil sulit untuk distarter.

    Sekring atau kerap disebut sebagai fuse punya andil dalam menjaga arus listrik di dalam mobil agar sesuai kebutuhan. Bila tak berfungsi dengan baik, bukan mobil saja yang jadi sulit distarter. Bahaya terparahnya ialah mobil bisa terkena korsleting bahkan kebakaran. Maka dari itu, berhati-hati, ya!

    Wah, ternyata cukup banyak juga penyebab mobil tidak bisa distarter, ya! Supaya kondisi mobil tetap prima, jangan malas untuk melakukan servis kendaraan secara berkala. Kondisi mobil saat ini bisa jadi penentu harga jualnya di masa depan, lho.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait