Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDepak VW Group, Toyota Kembali Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia

    Depak VW Group, Toyota Kembali Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia

    News.OLX.co.id – Toyota akhirnya berhasil 'mendepak' Volkswagen Group yang dalam 5 tahun terakhir menduduki pucuk tertinggi daftar merek mobil paling banyak terjual secara global.

    Dari data yang dirilis, Toyota di 2020 berhasil menjual 9,53 juta unit mobil di seluruh dunia, sementara pesaing utamanya, Volkswagen menjual 9,3 juta unit. 

    Meski berhasil mencatatkan dirinya sebagai merek mobil paling laris di dunia, namun secara keseluruhan angka penjualan mobil jenama Jepang tersebut turun hingga 11 persen.

    Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan di sektor otomotif global karena pandemi virus COVID-19 yang mengakibatkan penurunan secara signifikan angka penjualan mobil.

    Di bulan April 2020 penjualan Toyota turun hampir setengahnya jika dibandingkan penjualan April 2019. Tetapi kemudian perusahaan berhasil melakukan recovery penjualan dengan sangat cepat, terutama di China, yang berhasil pulih dari pandemi setelah melakukan lockdown dengan sangat ketat. 

    Kemudian di bulan Desember 2020 penjualan Toyota mencapai 987.700 unit, naik 8,9 persen dari tahun sebelumnya sekaligus menjadi angka penjualan terbesar. Sedangkan untuk pasar Amerika Utara, penjualan Toyota berangsur pulih dengan tajam di bulan Mei berkat popularitas SUV Toyota.

    Di lain pihak, penjualan VW Group yang mencakup merek Audi, Porsche, Volkswagen, tergerus hingga 15 persen.

    Di tahun sebelumnya, VW Group masih menduduki puncak daftar mobil terlaris dunia dengan angka penjualan mencapai 10,97 juta unit mobil. Toyota sendiri berhasil menjual 10,75 juta unit. 

    Toyota tumbuh kuat di pasar Amerika dan Asia sedangkan VW Group memiliki penguasaan yang hebat di pasar Eropa dan beberapa negara lainnya. 

    Untuk sektor produksinya sendiri, di 2020 Toyota memproduksi 9,21 juta unit kendaraan, turun 14,1 persen. Di Jepang, Toyota membuat 2,92 juta mobil, termasuk model Lexus, turun 14,4 persen.

    “Terlepas dari pandemi COVID-19, Toyota dapat melanjutkan aktivitas perusahaan melalui penerapan menyeluruh dari berbagai tindakan pencegahan infeksi, yang bekerja sama dengan mitra termasuk pemasok dan dealer,” tulis Toyota dilansir dari zeenews.india.com (29/1/2021) lalu.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here