Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Tips Jika Ingin Ajukan Kredit Mobil Dengan Cicilan Paling Ringan

    5 Tips Jika Ingin Ajukan Kredit Mobil Dengan Cicilan Paling Ringan

    Membeli mobil dengan cara kredit memang jadi hal lumrah. Bahkan hampir semua perusahaan otomotif lebih dari 65 persen pembelinya melakukan pembiayaan dengan cara kredit atau dicicil.

    Hanya saja, jika OLXer ingin mencicil sebuah mobil tidak bisa asal mengajukan kredit. Sebab, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, ketika membeli mobil dengan cara kredit, OLXer juga harus punya hitungan-hitungan tersendiri, agar keuangan Anda tetap sehat.

    Bahkan seperti dilansir situs Astra Credit Company (ACC), ada berbagai sistem pembayaran yang bisa dilakukan untuk memiliki mobil impian. Salah satunya adalah dengan kredit mobil Rp 1 jutaan. 

    Masih menurut situs ACC, kredit mobil bisa dikatakan sebagai solusi tepat untuk yang memiliki budget terbatas. Kendati sistem kredit jaminan BPKB dinilai mudah, namun ada sejumlah pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum kredit mobil. Berikut ulasannya:

    1.Tentukan Merek Mobil yang Akan Dibeli 

    Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah merek mobil. Ada banyak merek yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Isuzu dan masih banyak lagi.

    Masing-masing merek memiliki berbagai pilihan model dan varian dengan tingkatan harga yang berbeda. Sebab itulah OLXer harus menentukan lebih dulu merek dan model mobil yang akan dibeli untuk mengetahui kisaran dana yang dibutuhkan. Dalam memilihnya pun ada sejumlah pertimbangan yang tidak boleh dilupakan. Salah satunya adalah dari segi kapasitas dan fitur.

    2. Mobil Baru Atau Bekas?

    Pertimbangan kedua sebelum kredit mobil Rp 1 jutaan apakah OLXer akan membeli mobil bekas atau baru. Jika membeli mobil bekas, perlu memastikan kondisinya benar-benar prima. Sehingga nantinya tidak banyak anggaran tambahan yang harus di keluarkan untuk biaya perbaikan. 

    Disamping itu, OLXer perlu mempertimbangkan tahun pembuatan mobil dan masa pemakaiannya. Sebab semakin lama mobil digunakan, maka performanya akan mengalami penurunan.

    3. Besaran DP dan Harga Mobil 

    Selanjutnya harus mempertimbangkan harga mobil yang ditawarkan. Supaya angsuran yang dibayarkan tidak terlalu tinggi, OLXer dapat menyesuaikan DP yang akan dibayarkan dengan harga mobil tersebut. 

    Idealnya semakin besar DP yang dibayarkan, semakin ringan pula angsuran mobil tersebut. Untuk memudahkannya dalam melakukan perhitungan, manfaatkanlah fitur simulasi kredit.

    4. Pilih Penyedia Kredit yang Terpercaya

    Penyedia kredit adalah hal penting yang harus dipikirkan sebelum mengambil kredit mobil. Saat ini ada banyak penyedia kredit yang dapat ditemui. 

    Namun, bagaimana dengan reputasinya? Bagaimana pula sistem kerjanya? Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, Anda perlu memilih penyedia kredit yang terpercaya. Mulai dari sistem kerjanya, layanannya, tata kelola, transparansi, hingga jaringannya.

    5. Lama Angsuran 

    Semakin lama angsuran kredit mobil dengan cicilan rendah, semakin kecil pula yang harus dibayarkan. Namun, besar kecilnya angsuran ini sebenarnya dipengaruhi juga oleh besarnya harga mobil yang dibeli dan DP.

    Walaupun lama angsuran turut menentukan besar kecilnya biaya yang harus dibayar, OLXer perlu mempertimbangkan aspek lain, seperti performa mobil di kemudian hari. Jangan sampai mobil yang Anda beli mengalami penurunan performa setelah masa cicilan habis.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here