Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Tips Membeli Mobil Melalui Lelang

    5 Tips Membeli Mobil Melalui Lelang

    Membeli mobil bekas dengan cara lelang? Kenapa tidak. Sebab, membeli mobil bekas dengan cara lelang seperti saat ini jadi alternatif sejumlah orang agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

    Selain itu, lelang juga punya beberapa keunggulan, dimana peserta lelang atau pembeli tak perlu datang ke lokasi. Sebab, beberapa penyelenggara lelang sudah menerapkan sistem online. Alhasil cara ini mungkin paling tepat di tengah kondisi pandemi Covid-19, dimana masyarakat dihimbau untuk menghindari kerumunan.  

    Keuntungan membeli mobil bekas dengan cara lelang juga dianggap lebih transparan, karena penawaran harga yang dilakukan secara lisan atau tertulis langsung diketahui orang banyak.

    Namun begitu, menurut Operation Head PT Balai Lelang Astra Nara Jaya (Auksi), Bady Qadarsyah untuk membeli mobil lelang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

    “Pertama, ketahui unit yang akan dibeli dengan harga pasarannya,” ungkap Bady saat video conference dengan awak media.

    Kata Bady, hal ini perlu diketahui, agar calon pembeli tidak terjebak membeli unit dengan harga di atas pasaran. Tentu saja jika harganya lebih mahal di acara lelang, akan terasa percuma.

    Kedua, lanjut Bady, pilih balai lelang dengan kredibilitas yang baik. Untuk mengetahui balai lelang asli atau tidak, bisa mencari informasi melalui iklan di media cetak dan memiliki kredibilitas tinggi.

    Calon peserta lelang juga bisa memeriksa apakah penyelenggara mempunyai tempat sendiri untuk melihat unit kendaraan secara langsung atau tidak.

    Ketiga, teliti saat melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran. OLXer bisa melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran.

    Keempat, pilih dan lakukan pengecekan kepada beberapa unit jangan fokus terhadap satu unit saja. Jika memang berniat membeli mobil lewat lelang, maka pihak penyelenggara mempersilahkan calon pembeli datang ke balai lelang untuk mengecek fisik dan kondisi kendaraan yang diinginkan secara langsung. Bisa juga dilakukan test drive.

    Kelima, pahami tata cara lelang dan minta penjelasan dari panitia lelang. Ingat, malu bertanya sesat di jalanan. Peribahasa ini juga berlaku jika OLXer ingin mengikuti lelang. Jika memang tidak tahu atau tidak paham, maka bertanyalah secara langsung kepada petugas sebelum membeli mobil melalui lelang. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here