Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Tips Mengemudi Offroad Bagi pemula

    5 Tips Mengemudi Offroad Bagi pemula

    Mengemudi di jalur offroad jadi aktivitas yang cukup menantang dan mampu menyalurkan adrenalin. Tak seperti di jalanan perkotaan yang sudah di beton dan aspal, offroad dilakukan wilayah tanpa aspal, bahkan bisa juga menyusuri medan berbatu, berpasir dan berlumpur,

    Bahkan saat ini berkendara di jalur offroad untuk sebagian orang, dianggap jadi sebuah hiburan dan juga menjadi sebuah aktivitas rutin keluarga sembari travelling.

    Namun begitu, menurut penggemar kegiatan offroad Dandi Birdy, untuk melakukan offroad ada baiknya menyiapkan beberapa hal penting yang wajib dan harus diperhatikan demi faktor keselamatan sekaligus menikmati petualangan.

    “Untuk bisa melibas lintasan offroad, semua mobil standar berpenggerak 4×4 menjadi modal bagi Anda yang berniat untuk mulai memacu adrenalin dari kegiatan ini,” jelas Dandi yang kerap menunggangi Chevrolet Colorado untuk menaklukan berbagai rintangan offroad.

    Sedangkan bagi Nubie Offroader, ada beberapa tips yang wajib diingat dan diperhatikan sebelum menaklukkan lintasan offroad yang akan dilewati, antara lain:

    Chevrolet Colorado
    Chevrolet Colorado offroad. (Chevrolet)

    1. Tentukan dan Pahami Jenis Medan Offroad yang Dituju

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan offroad yang akan ditempuh. Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad.

    Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan. Pilihan kendaraan pun menjadi penting untuk menentukan jenis offroad yang akan digeluti. 

     2. Kuasai Teknik Berkendara Offroad

    Ada beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan.

    Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah. Kemudian, tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan.

    Sebagai contoh, saat menyeberangi sebuah lintasan air seperti sungai. Sangat penting mengecek kedalaman air dan mengamati seberapa deras aliran air tersebut sebelum Anda menyeberanginya.

    Disarankan untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu untuk mengetahui kedalaman serta menemukan rintangan yang mungkin dihadapi.

    3. spek Keamanan merupakan kunci nomor satu.

    Selain memahami teknik berkendara offroad yang benar, hal yang harus diutamakan adalah aspek keamanan (safety).

    Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena aktivitas offroad juga memiliki risiko yang terkait dengan keselamatan.

     Saat ini sebuah mobil yang bisa digunakan untuk offroad hadir dengan berbagai fitur krusial untuk menjaga keselamatan saat berkendara, seperti Hill Launch Assist (HLA) yang membantu menahan kendaraan Anda saat berhenti di tanjakan, Hill Descent Control (HDC) yang membantu mengontrol kecepatan pada saat jalanan menurun, dan Electronic Stability Control (ESC) yang mengaktifkan tekanan rem pada saat ban menahan kekuatan mesin dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol saat tergelincir.

     Selain dilengkapi beberapa fitur di atas, Colorado juga dilengkapi dengan airbags pada pengemudi, penumpang dan lutut, untuk melindungi penumpang saat berkendara, rem ABS dan Traction Control (TC) untuk menjaga kestabilan serta kembali mengendalikan kendaraan Anda secara cepat saat traksi hilang karena kondisi jalanan yang buruk atau saat jalanan sedang basah dan berkerikil.

     4. Sediakan Bahan Bakar Cadangan Juga Penting

    Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad di mana jalur yang Anda lalui  biasanya akan sulit menemukan ketersediaan bahan bakar. Karena itulah bahan bakar cadangan sangat penting saat melakukan perjalanan offroad.

     5. Mulai dengan Komunitas-Komunitas Offroad

    Apabila OLXer belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroad lain yang sudah berpengalaman.

     Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya. Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga. Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman. Selain itu, jangan berperilaku arogan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait