Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    Tips5 Tips Merawat Interior Mobil Menggunakan Peralatan Rumah Tangga

    5 Tips Merawat Interior Mobil Menggunakan Peralatan Rumah Tangga

    Setelah anjuran melakukan kegiatan di rumah, kini pemerintah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona.

    Nah, mumpung lagi di rumah, nggak ada salahnya OLXer memanfaatkan waktu dengan cara merawat mobil, khususnya pada bagian interior.

    Tak sedikit yang menganggap perawatan interior susah, dan sebaiknya dilakukan di salon mobil. Ungkapan ini memang tidak salah, apalagi bagi mereka yang berduit. Namun di tengah pandemi Covid-19, untuk keluar rumah diasara tidak memungkikan, selain itu salon mobil juga banyak yang tidak beroperasi.

    Oleh karena itu kali ini kita akan membahas cara merawat kabin mobil menggunakan alat rumah tangga sehingga tanpa harus pergi ke salon mobil dan tentunya tidak mengeluarkan isi dompet berlebihan.

    Nah, mau tau bagaimana cara membersihkan interior hanya  dengan alat-alat yang Anda miliki di rumah? Berikut ulasannya:

    1. Bersihkan jok mobil. Jok mobil sebenarnya memiliki cara yang berbeda antara jok berbahan kain fabric atau kulit. Untuk jok berbahan kain, apabila OLXer tidak memiliki vacuum cleaner, bisa juga menggunakan sapu lidi dengan memukulnya ke berbagai bagian agar debunya keluar dari sela-sela kain.

    Ingat, tidak perlu terlalu keras dalam melakukan hal ini agar tidak merusak bahan kain jok Anda.

    2. Untuk jok berbahan kulit. Kalau OLXer tidak memiliki cairan pembersih jok, maka cara yang tak kalah ampuh yaitu menggunakan sabun cair cuci piring secukupnya.

    Cara membersihkannya, campurkan sabun cuci ke air lalu semprotkan ke bagian jok kulit menggunakan busa dan kembali dikeringkan menggunakan lap kanebo.

    Sebagai sentuhan akhir, lap jok menggunakan kain halus seperti microfiber. Untuk noda-noda yang sulit dihilangkan, bisa menggunakan sikat gigi halus yang sudah dicelupkan ke campuran air sabun dan sedikit menggosoknya ke bagian yang bernoda.

    3. Karpet mobil adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk membersihkannya, keluarkan karpetnya dari mobil terlebih dahulu. Apabila OLXer menggunakan karpet berbahan bulu, maka bisa membersihkannya dengan sapu lidi dengan memukulnya ke bagian karpet untuk menghilangkan debu.

    Sedangkan jika menggunakan karpet berbahan karet, OLXer dimungkinkan untuk menggunakan sabun serbaguna serta air untuk membersihkannya. Setelah Anda melakukan pembersihan, kemudian jemurlah karpet Anda di bawah sinar matahari untuk mempercepat pengeringan dan menghilangkannya dari berbagai kuman.

    4. Untuk permukaan interior yang keras seperti dashboard dan doortrim, OLXer bisa menggunakan lap atau kain pembersih serbaguna yang lembut agar tidak menimbulkan baret.

    Apabila dirasa terlalu kotor, mungkin sebaiknya bisa menggunakan sedikit air pada lap namun harus Anda peras agar tidak terlalu basah. Untuk sela-sela bagian kecil seperti kisi-kisi AC, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang halus.

    5. Bersihkan kaca di bagian dalam mobil. Cara ini sangat mudah, yaitu cukup menggunakan cairan pembersih kaca. Meski begitu, tidak disarankan untuk menggunakan cairan pembersih apapun karena apabila Anda menggunakan kaca film yang mana ada kemungkinan tidak cocoknya bahan kimia pembersih tersebut dengan kaca film Anda.

    Cara paling mudah adalah cukup menggunakan air bersih serta lap basah kemudian Anda bilas dan diselesaikan dengan menggunakan kain lap microfiber agar tidak menimbulkan baret dan bercak bekas air.

    Nah Gimana OLXer sudah jelas? Selamat mencoba.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here