Minggu, Juni 26, 2022
More
    Tips6 Alasan Motor Kopling Manual Masih Banyak Peminat

    6 Alasan Motor Kopling Manual Masih Banyak Peminat

    Sepeda motor jenis matik memang menjadi pilihan masyarakat karena simple dan mudah dikendarai. Sebaliknya, motor manual karena menggunakan kopling untuk mengatur percepatan kini semakin ditinggalkan.

    Ehm, bicara soal motor kopling yang dapat memindahkan transmisi secara manual ini, pada dasarnya sangat nyaman digunakan apalagi ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

    Ya, walaupun bagi sejumlah orang, mengendarai motor kopling tergolong ribet dan susah. Namun begitu, seperti dilansir situs dealer Wahana Motor, motor kopling juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis motor lainnya.

    Nah, mau tau apa saja kelebihan motor kopling, berikut ulasannya;

    1. Full control dalam oper gigi

    Perpindahan transmisi motor bisa diatur sesuai keinginan. Jika ingin menggeber gas dengan sangat kencang atau ingin terasa halus, semua bisa dilakukan dengan motor kopling.

    Semua tergantung dari seperti apa keinginan dan bisa sepenuhnya OLXer kendalikan.

    2. Oper gigi bisa halus banget

    Beda dengan motor bebek, kadang kita harus memaksakan kaki untuk mengoper gigi walaupun proses perpindahannya berat. Di motor kopling, proses perpindahan gigi akan bisa dibuat sehalus mungkin karena tidak terpaut dengan putaran dari mesin, sehingga kondisi gear akan selalu terawat dan tahan lama.

    Motor Kopling
    Ilustrasi motor kopling. (Shutterstock)

    3. Engine Brake

    Engine Brake adalah salah satu teknik untuk memperlambat laju motor dengan memanfaatkan mesin motor itu sendiri. Teknik ini bisa diaplikasikan dengan mudah jika menggunakan motor kopling.

    Caranya, OLXer bisa menarik tuas kopling dan melepasnya perlahan hingga motor akan semakin melambat. OLXer juga bisa menurunkan gigi terlebih dahulu sebelum melakukan engine brake, dijamin motor akan melambat tanpa harus menggunakan rem motor.

    Oia, Engine Brake biasa akan sangat berguna jika berkendara melalui jalur tanjakan dan turunan. Engine brake akan meringankan beban rem saat melaju. Karena jika bergantung pada rem saja, temperatur dari kampas rem akan semakin tinggi dan efektifitas pengereman akan turun.

    Selain itu, konsentrasi pada rem pada waktu yang terlalu lama akan mengurangi kewaspadaan dalam berkendara. Maka itu sebaiknya pelajari teknik engine brake.

    4. Biaya Perawatan Murah

    Percaya atau tidak, ternyata perawatan motor kopling ini cukup murah. Hanya dengan servis rutin dan ganti pelumas, kesehatan dari motor kopling akan selalu terjaga.

    Beda halnya dengan motor matik, ada beberapa komponen harus dilakukan pergantian secara berkala seperti CVT, roller, belt, dan lagi ada dua oli yang harus rutin diganti di motor matik.

    5. Perawatan Mudah

    Motor kopling juga perawatannya sangat mudah. Proses untuk ganti oli bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa montir. Selain itu tugas OLXer hanya membawanya servis ke bengkel selama 2 – 3 bulan sekali.

    6. Aman dalam berkendara

    Selain kenyamanan  dan kemudahan yang ditawarkan, aspek keamanan juga menjadi poin lebih untuk motor dengan transmisi manual. Karena seringkali kita melihat motor matik dan bebek yang melaju tak terkendali saat tidak diinginkan.

    Hal ini jarang terjadi pada motor kopling, karena ketika ingin mengendarai motor kopling, pasti tangan kiri sudah siap menggenggam tuas kopling sebagai kontrol dari motor

     

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here